Daftar 9 Tempat Wisata di Palangkaraya Sebagai Calon Ibu Kota Negara yang Wajib Kamu Datangi

Tempat wisata palangkaraya wajib di datangi menjelang liburan panjang – Kota palangkaraya merupakah salah satu destinasi wisata primadona yang diunggulkan oleh Kalimantan Tengah. Wisata tersebut berupa danau tahar, wisata religi, tempat nongkrong, wisata susur sungai kahayan, wisata fantasi beach tak ketinggalan juga wisata kuliner nya dong.

Apapun dan kemana pun piknik anda, dipastikan akan mencari wisata kuliner khas dari setiap daerah tujuan liburan Anda.Palangkaraya merupakan ibu kota provinsi dari Kalimantan Tengah.

Dengan jumlah penduduk yang cukup banyak yakni sekitar 92.067 jiwa menjadikan kota Palangkaraya sebagai salah satu kota terpadat di pulau Kalimantan.Namun dibalik itu semua kota Palangkaraya menyimpan banyak keindahan didalamnya.

Mulai dari wisata, kuliner, hingga adat istiadat yang ada disana. Suku asli dari kota Palangkaraya sendiri adalah Suku Dayak Ngaju. Namun tak hanya Suku Dayak saja yang tinggal disana, terdapat juga suku lainnya seperi Suku Jawa, Madura, Sunda, Batak, Bali dan Banjar.

Palangkaraya sendiri merupakan sebuah kota yang berbatasan langsung dengan kota Banjarmasin. Jarak antar kedua Kota ini sangatlah dekat. Yakni sekitar kurang lebih sekitar 4 jam bila ditempuh menggunakan kendaraan jalur darat, seperti : Bus, Travel(taxi), Mobil dan juga sepeda motor.

Baca Juga : Tujuan Wisata Alam Jogja Bikin Tarik Mata Kamu, Bikin Kangen

Berbicara mengenai Palangkaraya pasti kalian sudah dihebohkan dengan berita yang sempat viral yakni wacana mengenai perpindahan Ibu Kota Negara ke kota Palangkaraya. Namun hal itu belum tahu kapan pastinya akan terjadi.

Lokasi Liburan Asik di Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah

Berhubungan akan hal itu, jika suatu hari nanti kota Palangka Raya akan menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia, maka hal wajib bagi kalian para pencinta travelling untuk datang kesini. Karena Palangkaraya memiliki keindahan tempat wisata alam serta tempat-tempat yang sangat menakjubkan. Penasaran tempat wisata apa sajakah itu? Berikut ulasannya

1. Museum Balanga

Museum Balanga adalah salah satu tempat yang wajib kalian datangi ketika berada di kota Palangka Raya. Museum ini merupakan satu-satunya tempat bersejarah yang ada di Palangka raya.

Didalam museum ini kalian akan belajar mengenai budaya serta adat dan istiadat yang ada di Kalimantan Tengah. Museum ini bisa menjadi salah satu tempat yang wajib kalian datangi. Sebab selain kalian bisa liburan serta jalan-jalan disini, kalian juga bisa sambil belajar mengenal salah satu budaya yang ada di Indonesia ini.

Pengunjung museum ini juga cukup ramai setiap harinya. Tak hanya turis atau pelancong yang datang kesana, namun terkadang terdapat para pelajar atau mahasiswa yang datang kesana guna untuk mempelajari lebih dalam lagi adat dan istiadat yang ada di daerah lokal mereka.

2. Taman Wisata Kum Kum

Selain museum di Palangka Raya juga terdapat kebun binatang lho. Kebun binatang ini bernama Taman Wisata Kum Kum. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang sangat rekomended untuk kalian datangi bersama keluarga.

Di kebun binatang ini terdapat berbagai macam jenis hewan seperti buaya, beruang madu, burung rangkong dan monyet. Di kebun binatang ini juga terdapat gubuk-gubuk sederhana, dimana gubuk ini biasanya digunakan pengunjung sebagai tempat berteduh sembari menikmati indahnya aliran Sungai Kahayan.

Dengan suasana gubuk ala-ala pedesaan, disini kalian juga bisa duduk sembari menyantap makanan dan minuman yang kalian pesan disini. Atau duduk santai sambil update status di sosial media kalian. Tak perlu khawatir dengan masalah jaringan internet. Karena tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas free wifi.

3. Kalawa Waterpark

Tempat selanjutnya yang wajib kalian datangi adalah kolam pemandian Kalawa Waterpark. Dengan harga yang cukup murah meriah yakni sekitar Rp 35.000/orang, kolam pemandian ini sudah menyediakan wahana yang menarik yang sayang untuk kalian lewatkan.

Baca Juga : Saat Berada di Palangkaraya, 5 Hal Ini Wajib Anda Lakukan

Sebenarnya ada beberapa kolam pemandian di Palangka Raya ini, namun untuk hal ini saya lebih merecomendasikan Kalawa Waterpark. Karena selain harganya yang cukup murah, wahana yang ada juga cukup banyak, serta tempat ini juga lumayan luas.

Jadi ketika kalian sedang berlibur atau sedang berada di kota Palangkaraya dan ingin berenang, tempat ini bisa menjadi salah tempat yang cocok untuk kalian datangi bersama keluarga besar.

4. Dermaga Kereng Bengkirai

Dermaga Kereng Bengkirai menjadi salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun luar daerah.

Biasanya banyak sekali anak-anak muda yang datang ke dermaga tersebut. Selain tempatnya yang indah tempat tersebut juga merupakan salah spot foto instagramable yang ada di kota Palangka Raya ini.

5. Tugu Soekarno

Selain Museum Balanga di atas, salah satu peninggalan sejarah yang ada di kota Palangkaraya ini adalah Patung Tugu Soekarno.

Patung ini terletak di Jl. Ahmad Yani Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang setiap harinya selalu ramai. Sebab tempat ini merupakan tempat yang langsung berbatasan langsung dengan hilir Sungai Kahayan.

Tempat ini juga berdekatan dengan 2 tempat yang sangat iconik di Palangka Raya. Tempat tersebut adalah Taman Pasuk Kameloh dan Jembatan Kahayan.

6. Taman Pasuk Kameloh

Taman Pasuk Kameloh merupakan salah satu tempat iconik yang ada di kota Palangkaraya. Tempat ini berada persis bersebelahan dengan Patung Tugu Soekarno. Hampir semua orang yang datang ke Palangka Raya ini tempat tujuan pertama mereka untuk pergi jalan-jalan ada ke taman ini.

Sama halnya dengan Tugu Soekarno, tempat ini akan selalu ramai setiap harinya. Sebab disini merupakan tempat yang exotis untuk menghabiskan waktu di sore hari. Melihat Pemandangan sunsite di taman sembari melihat aliran air dari Sungai Kahayan yang berada dekat Taman Pasuk Kameluh.

Baca Juga : Destinasi Wisata Pacitan Tak Kalah Cantik, Keanggunan Kota 1001 Goa

Tempat ini juga merupakan salah satu tempat favorit bagi para anak-anak muda untuk berfoto ria. Maka tak heran bila tempat ini selalu ramai setiap hari. Tempat ini juga jaraknya tak jauh dari pusat kota yang bundaran Besar Palangkaraya. Kalian hanya tinggal masuk ke Jl. Brigjen Katamso maka Taman Pasuk Kameluh tempat persis berada di depan jalan tersebut.

7. Jembatan Kahayan

Pada saat kalian berada di Taman Pasuk Kameluh atau berada di Patuh Tugu Soekarno, kalian pasti akan melihat sebuah jembatan besar yang membelah Sungai Kahayan.

Yup, benar sekali. Jembatan besar itu adalah Jembatan Kahayan. Jembatan ini merupakan jembatan sebagai lalu lintas kendaraan menghubungkan pusat Kota Palangka Raya dengan Kelurahan Pahandut Seberang dan tembus langsung ke Kabupaten Pulang Pisau, Gunus Mas, Kapuas, Barito Selatan serta Baito Utara.

8. Danau Tahai

Selain wisata dalam kota, Palangkaraya juga memilki tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Danau Tahai.

Danau ini berlokasi di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahan, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangkaraya. Saat kalian berada di danau ini, kalian akan disuguhkan pemandangan yang indah yakni tentang  betapa luasnya danau tersebut dengan ciri khas air danau yang berwarna merah.

Baca Juga : Banyak DIburu Wisatawan, Tempat Wisata di Indonesia Ini Masih Ramai Pengunjung

Warna air tersebut menjadi keistimewaan bagi danau tersebut. Sebab kebanyakan danau pada umumnya memilii air berwarna biru atau hijau toska. Namun tidak demikian dengan Danau Tahai. Air tersebut bisa berwana merah lantaran diakibatkan berasal dari air tanah gambut dan akar-akar pohon di sebuah lahan gambut dekat danau tersebut. Bagaimana cukup menarik bukan?

9. Bukit Tangkiling

Selain Danau Tahai yang memiliki keunikan warna air yang berwarna merah, wisata alam selanjutnya yang menjadi favorit para turis, wisatawan lokal ataupun luar daerah adalah Bukit Tangkiling.

Bukit Tangkiling merupakan salah satu spot yang banyak di kunjungi para wisatawan. Tempatnya juga tidak cukup jauh dari pusat kota. Butuh waktu sekitar kurang lebih 30 menit menit untuk ke lokasi tersebut.

Waktu 30 menit disini hanya lamanya perjalanan menuju ke Bukit Tangkilin. Sedangkan waktu yang ditempuh untuk mencapai puncak bukit perlu waktu beberapa menit lagi. Jadi total saja waktunya kurang lebih 1-2 jam.

Tapi tenang saja, saat kalian mendaki Bukit Tangkling dan berada di puncak bukit tersebut, kalian akan melihat betapa indahnya pemandangan hutan tropis Kalimantan. Hutan yang masih rimbun dengan banyak pepohonan yang berwarna hijau.

Lokasi ini biasanya digunakan para wisatawan sebagai tempat untuk camping. Banyak para mahasiswa pecinta alam yang biasanya berdatangan kesini untuk melakukan aktivitas tersebut. Tujuan mereka hanya satu, yakni melihat sunrise di pagi hari dari atas bukit. Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke kota Palangkaraya

Demikian ulasan artikel mengenai Daftar 9 Tempat Wisata di Palangkaraya Sebagai Calon Ibu Kota Negara Yang Wajib Kamu Datangi. Terima kasih sudah membaca artikel saya tentang tempat wisata terbaik di Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah, Sudah pernah berkunjung kesini belum?.

Tinggalkan komentar