Tujuan Wisata di Jogja

Hendak merencanakan liburan ke Kota Wisata, Jogja, namun belum tahu spot manakah yang hendak dijadikan destinasi? Jogja memang tak pernah bosan memanjakan setiap orang dari seluruh penjuru kota hingga negara yang menyinggahinya sebagai pelarian atau rumah kedua.

Pemandangan alam yang indah, pantai berdindingkan tebing, dan sentra industri kerajinan dimiliki olehnya. Barangkali kamu ingin datang ke salah satunya, tapi belum memutuskan lokasi mana yang hendak dijamah karena setiap tempat menawarkan pesona dan pengalaman yang berbeda-beda. Karena itu, kami telah mengumpulkan tujuh tempat wisata di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Daftar berikut bisa kamu jadikan referensi!

Titik Nol KM

titk nol

Titik Nol KM akan cocok sebagai tempat menenangkan diri sembari berbaur dengan budaya dan masyarakat sekitar. Spot satu ini mungkin tidak memberimu tampilan panorama yang memukau atau deburan ombak yang cantik. Akan tetapi, saat berkunjung ke Titik Nol KM, kamu akan merasa disambut hangat oleh suasana yang seolah tak ingin singgah dari lokasi ini.

Di tempat ini, kamu bisa duduk bersantai. Ada banyak bangku taman yang berjejeran. Ditemani gemerlap lampu pada tiang-tiang yang saling beradu pandang, kamu akan terlupa dengan segala tugas kantor atau kampus yang menumpuk. Terkadang, di tempat ini juga diadakan pentas seni oleh komunitas atau program rutin pemerintah jika bertepatan dengan hari raya.

Glamping Delano

Glamping Delano

Glamping merupakan singkatan dari glamor camping. Sementara DeLano adalah nama lain yang disematkan untuk mempermudah orang mengenal tempat ini. Glamping DeLano kini tengah menjadi buah bibir banyak orang, terutama dari kaum milenial yang gemar hunting spot wisata yang unik dan belum dijamah banyak orang.

Baca Juga : Berlibur ke Desa Wisata di Yogyakarta

Berlokasi di Perbukitan Manoreh, Glamping DeLano menjadi lokasi ideal untuk menghabiskan hari ditemani suara kicauan burung yang bertengger pepohonan pinus yang bersusun rapi. Perpaduan indahnya alam dan kearifan lokal dapat kamu temui saat berada di tempat ini. Bukan cuma itu, mata pun ikut termanjakan dengan panorama area perbukitan hijau yang mengelilingi kawasan wisata ini.

Saat senja tiba, gemerlap lampu yang dipasang menyusuri beberapa titik siap menambah kesan romantis. Selain menyajikan spot foto yang kaya, Glamping Delano juga menyediakan fasilitas umum seperti toilet, lahan parkir, restoran alam, hingga live music. Untuk kaum milenial yang ingin memanjakan diri di tempat rekreasi yang unik dan berbasiskan alam, Glamping DeLano pilihannya.

Merapi Park

merapi park

Merapi Park atau The World Landmark meruakan destinasi wisata baru di Yogyakarta yang namanya terus mencuat di kalangan masyarakat Indonesia. Terletak di Hargobinangun, Pakem, Sleman, kamu yang berkunjung bisa menikmati pemandangan pegunungan yang begitu eksotis. Berbagai bangunan unik yang dididirikan di tempat ini menyerupai landmark terkenal di negara-negara lain.

Beberapa landmark yang selalu dijadikan sudut terbaik untuk berfoto ria adalah Menara Pisa. Selain Menara Pisa, Merapi Park juga menawarkan sensasi berfoto di bangunan khas yang menjadi landmark sejumlah negara, misalnya menara Eiffel, Big Ben, kincir anginMolen De Gooyer, dan masih banyak lagi.

Bukan cuma mendirikan landmark sebagai spot keren untuk berfoto, di Merapi Park juga terdapat taman bunga cantik yang bakal memanjakan mata setiap pelancong yang berkunjung. Udara yang segar dengan pepohona yang rindang takkan membuat kamu kepanasan saat bertandang ke tempat ini meski di siang hari.

Kebun Bunga Asri

kebun bunga asri

Jika kamu tertarik dengan objek wisata berupa taman yang dipenuhi dengan bunga-bunga cantik yang sedang bermekaran, kamu wajib melipir ke Kebun Bunga Asri. Dengan areal seluas kurang lebih 600 m2, kamu akan diperlihatkan dengan hamparan bunga celosia dan bunga matahari yang bermekaran. Kombinasi warna merah dan kuning dari bunga-bunga ini akan cocok dijadikan latar belakang foto untuk foto bebas ataupun foto pre-wedding.

Baca Juga : Tempat Wisata Terbaik di Indonesia

Pihak pengelola juga telah menyediakan aneka properti untuk berfoto, seperti payung dengan motif cantik, caping petani warna-warni, dan beberapa properti foto lainnya yang semuanya disediakan secara cuma-cuma. Kamu pun tak perlu bayar mahal untuk bisa masuk ke tempat ini. Cukup mengeluarkan uang sekitar Rp5.000 – Rp10.000 per orang, kamu sudah bisa memenuhi slot memori penyimpanan dengan foto-foto cantik di tengah hamparan bunga celosia dan matahari yang mempesona.

Gamplong Studio Alam

Gamplong Studio Alam

Sesuai namanya, Gamplong Studio Alam merupakan lokasi wisata yang terletak di desa Gamplong. Dikenal sebagai desa wisata, tak heran tempat ini kemudian ramai disinggahi pelancong dari luar kota, pulau, hingga negara. Di Gamplong, pengunjung bisa mengenal lebih dekat dengan hasil kerajinan tenun dari para pengrajin yang sangat terampil menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

Produk tenun yang biasa dihasilkan oleh tangan pengrajin di desa wisata ini antara lain stagen dan tenun lurik Selain kerajinan tenun, di Gamplong Studio Alam juga banyak ditemui hasil kerajinan dari bahan enceng gondok, lidi, akar wangi, mendong, dan sebagainya. Di tempat ini juga terdapat situs bernama Studio Alam yang pada Julli 2018 lalu diresmikan langsung oleh presiden Joko Widodo.

Jadi, Gamplong Studio Alam merupakan replika dari Keraton Mataram yang mempunyai ciri khas bangunan dari kayu dan lantainya dari batu. Untuk menambah detail, replika keraton ini juga dibangun jembatan kayu, benteng VOC, dan kampung-kampung yang ada di masa lampau menjadikannya semakin menarik perhatian wisatawan.

Ingin berwisata di jogja namun tidak memiliki akses kendaraan?. Anda bisa kok melihat ada jasa rental mobil, misalnya anda melihat sewa mobile jogja ini.