Tips Promosi di Facebook

Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah saat ini memberikan kontribusi sekitar 60 persen dari perekonomian Indonesia.

Jumlah yang lumayan besar dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Namun sangat disayangkan hanya sekitar 5% dari UKM Indonesia yang sudah go online, atau dengan kata lain 95% lainnya bahkan tidak mempunyai online presence; baik itu website, blog, atau media sosial.

Padahal dijaman digital ini, sudah semakin banyak calon konsumen yang menggunakan internet untuk mencari informasi, riset sebelum melakukan transaksi pembelian.

facebook marketing

Dimana biasanya pembeli berada saat online? Tentunya ada di platform seperti google, facebook (yang mana keduanya adalah raksasa internet dunia). Google lewat mesin pencari, youtube dan facebook lewat sosial medianya facebook, dan instagram.

Terkhusus di artikel ini, saya akan memberikan 3 tips pemasaran secara online untuk usaha UKM di Facebook.

Pertama-tama, Kenapa sih menggunakan facebook untuk promosi online ?

  1. Facebook punya jaringan pengguna yang sangat luas di Indonesia. Jadi sangat cocok untuk dijadikan media promosi. Whatsapp dan instagram juga platform milik facebook loh.
  2. Beriklan di Facebook sangat mudah.
  3. Bisa beriklan dengan gambar, video
  4. Iklan bisa disegmen berdasarkan: Usia, Jenis kelamin, Interest Targeting, dll.
  5. Ada fitur RE-targeting
  6. Mayoritas penduduk Indonesia punya akun Facebook, dan juga sangat aktif di akun facebook mereka. Mau itu upload foto, video, narsis, selfie, upload berita, curhat, nulis opini, dll. Jadi Facebook memang layak digunakan ya untuk jadi sarana pemasaran jaman digital ini.

Oke ini dia 3 cara promosi bisnis UKM lewat Facebook

1. Gunakan Iklan Facebook

Ini akan menjadi rekomendasi pertama saya. Gunakanlah iklan di facebook.

cara promosi di facebook yang efektif

Saat ini harga memasang iklan di facebook masih tergolong murah di Indonesia, apalagi untuk bisnis lokal yang daerahnya belum terlalu banyak pengiklan. Harga bid masih rendah dan sangat cocok untuk menjagkau pemirsa dengan skala besar di daerah bisnis anda.

Enaknya lagi di facebook kamu bisa melalukan targeting customer berdasarkan interest mereka; seperti orang yang suka kuliner, olahraga, makeup, dll.

Contohnya kalau bisnis kamu adalah restoran, kamu bisa mempromosikan bisnis kamu dengan menargetkan berdasarkan orang usia 20-50 yang suka kuliner di daerah jakarta. Sangat tertarget bukan.

Ditambah lagi iklan ini biasanya lebih efektif dan murah dibandingkan cara tradisional beriklan dengan membagikan kertas flyer, brosur, buat spanduk, dll.

Sebisa mungkin buat iklan yang menarik, mau itu video ataupun gambar. Karena semakin menarik dan banyak engagement iklan kita, maka skor iklan kita jadi tinggi, dan hasilnya harga iklan di facebook yang Kamu bayar akan semakin murah.

Disamping itu, kita juga bisa melakukan retargeting terhadap pelanggan yang berinteraksi dengan iklan kita. Karena biasanya kan customer tidak langsung beli atau melakukan transaksi saat pertama kali lihat iklan.

Jadi kita dapat melakukan iklan ulang dengan harga yang lebih murah kepada pemirsa yang sebelumnya sudah berinteraksi dengan iklan kita. Fitur yang keren bukan.

2. Gunakan Juga Blog atau website

Saya sarankan untuk membuat blog atau website untuk bisnis kamu sebelum melakukan iklan di facebook. Hal ini dikarenakan kita nanti akan butuh halaman landing page untuk aktivitas iklan facebook kita tadi. Untuk membuat blog atau website sangatlah gampang ya.

Cukup beli domain, hosting lalu instal menggunakan CMS wordpress. Tapi kalau misalkan, budget kamu masih terbatas silahkan buat blog gratisan saja dulu di wordpress atau blogspot agar bisa dijadikan landing page iklan kamu.

Misalkan kamu punya toko jualan jilbab, kamu bisa membuat toko online lalu promosiin lewat facebook. Tinggal instal woocommerce wordpress atau lapak instan. Maka toko online kamu sudah jadi.

Tapi menurut saran saya, untuk membuat toko online gunakan theme lapak instan saja karena sudah banyak fitur gratis yang kamu dapatkan saat membeli licensenya. Seperti: notifikasi SMS otomatis, layout responsive, tampilan profesional, management produk otomatis, cek ongkir otomatis, dll.

Selanjutnya pada blog/website tersebut, kamu bisa memberikan informasi tambahan seputar bisnis kamu, produk yang kamu jual apa, harga tiap produk, alamat toko, jam buka toko, testimonial customer, diskon terbaru, update terbaru, dll.

Bagusnya lagi nanti saat ada customer yang mengakses website/blog kita, kita bisa men-target ulang mereka dengan fitur retargeting yang dimiliki facebook tadi. Hehe..bagus bukan.

3. Upload Foto, Video Seputar Bisnis Kamu

Facebook itu adalah media sosial, dimana orang saling berinteraksi.

uploud konten

Jadi akan sangat baik jika kamu mengupload konten berupa foto atau video seputar bisnis kamu agar tercipta trust/rasa percaya dari customer yang selalu melihat update feed facebook mereka.

Misalkan kamu punya restoran, kamu bisa mengupload foto makanan, behind the scene, video memasak didapur, atau hal menarik lainnya. Konten yang kamu bisa yang ringan-ringan saja, tidak perlu terlalu promosional karena biasanya pengunjung tidak suka kena hard sell.

Video yang kamu rekam bisa lewat smartphone saja, tidak perlu pakai kamera DSLR profesional, lalu lakukan editing menggunakan aplikasi gratisan yang tersedia di Playstore, Appstore, atau di PC.

Nantinya postingan foto/video yang kamu upload tadi bisa juga digunakan sebagai materi iklan. Terlebih kalau jumlah like, love, dan engagement lainnya tinggi maka biasanya calon customer akan lebih percaya dengan bisnis kamu, atau produk yang kamu tawarkan.

Demikian tips singkat cara promosi bisnis usaha kecil menengah di Facebook. Yang terpenting, dalam prinsip pemasaran adalah bisnis kita harus ada dimana calon pembeli berada. Di jaman digital ini, facebook merupakan media yang cukup populer.

Jadi akan sangat disarankan kalau bisnis kita juga berada di facebook dan beriklan disana agar mendapatkan pemirsa yang jumlahnya lebih luas. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar