5 Tempat Wisata di Yogyakarta Dekat Malioboro

Masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di pulau Jawa tentu sudah tak asing dengan nama Malioboro. Apakah kamu termasuk salah satunya? Malioboro merupakan salah satu ikon kota Jogja selain Tugu Jogja. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati jajanan pasar hingga pakaian khas berupa batik atau kaos tanpa jahitan yang Jogja banget.

Selain terdapat pedagang kaki lima yang menjajakan aneka macam dagangan, di dekat Malioboro juga dapat ditemui spot wisata sebagai tempat nongkrong dengan teman atau pasangan. Kamu ingin tahu apa saja tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang wajib didatangi? Berikut ini daftarnya!

1. Tugu Jogja

tugu jogja

Yang pertama ada Tugu Jogja. Salah satu landmark kota Jogja ini berada sekitar 1 kilometer sebelah utara Malioboro. Tugu yang tak asing juga dengan sebutan tugu pal putih ini merupakan ikon kota Jogja yang sangat terkenal. Bahkan, tak sedikit yang mengatakan kalau belum ke Jogja namanya jika belum menginjakkan kaki ke Tugu Jogja.

Tugu ini terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo. Sebenarnya tidak ada istimewa jika melihat fisik dari tugu ini. Namun, tugu ini adalah simbol dari garis lurus menghubungkan keraton Jogja, gunung Merapi, dan laut selatan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Jogja yang Lagi Booming

Jika berminat untuk bertandang ke tempat ini, kamu perlu menyiapkan beberapa rupiah uang untuk menikmati santapan ringan seperti kopi hingga kue-kue hangat yang banyak dijajakan pedagang di sekitaran tugu.

2. Pasar Beringharjo

pasar beringharjo

Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional yang sudah berdiri lama di Jogja. Sejak masa berdirinya Keraton Yogyakarta, pasar tertua inilah yang menjadi pusat perekonomian warga Yogyakarta dan sekitarnya. Hingga sekarang, Pasar Beringharjo masih eksis dan bahkan menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan luar Jogja saat singgah ke Kota Gudeg.

Pasar Beringharjo berlokasi di Jalan Margo Mulyo No.16 atau tepatnya berada di setelah jalan Malioboro. Tidak perlu mengakses moda transportasi lokal untuk bisa sampai ke pasar ini semisal kamu sedang berada di Malioboro. Cukup menyusuri jalan sembari melihat-lihat, kamu akan sampai ke pasar tradisional ini. Di dalam Pasar Beringharjo, kamu bisa berburu barang-barang dan makanan atau minuman, mulai dari batik, pakaian, jajanan pasar, barang antik, hingga makanan khas Jogja.

3. Benteng Vredeburg

Tidak jauh dari Pasar Beringharjo, atau sekitar 180 meter dari pasar, berdiri kokoh Benteng Vredeburg. Benteng ini dahulu dijadikan benteng oleh penjajah Belanda untuk mengontrol segala perkembangan yang terjadi di Keraton Yogyakarta. Namun, setelah Indonesia merdeka, Benteng Vredeburg dialihfungsikan menjadi sebuah museum.

Sebagaimana museum pada umumnya, kamu bisa menemukan banyak peninggalan bersejarah, baik itu dalam bentuk benda-benda hingga diorama atau miniatur. Tidak cuma itu, di dalam museum Benteng Vredeburg terdapat pula media interaktif dan ruang audiovisual sebagai media edukasi untuk setiap orang yang berkunjung. Untuk bisa masuk ke Benteng Vredeburg, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp2.000 – Rp10.000.

4. Titik Nol Kilometer Jogja

Titik Nol Kilometer Jogja

Melipir sekitar 130 meter dari Benteng Vredeburg ke arah selatan, kamu akan disuguhkan oleh suasana ramai dan tentram dari Titik Nol Kilometer Jogja. Lokasi Titik Nol Kilometer Jogja menjadi salah satu pusat bersantai oleh warga sekitar ataupun wisatawan.

Di tempat ini, kamu bisa bercengkerama dengan warga sekitar sembari duduk di bangku yang telah disediakan pihak pengelola.
Tempat duduk yang dirancang dan ditempatkan sedemikian rupa bisa dipakai oleh semua orang. Di beberapa titik terdapat taman yang ditumbuhi bunga-bunga hingga tanaman rambat yang menambah perasaan damai saat berada di tempat ini.

Baca Juga : Tempat Wisata Jogja untuk Melihat Golden Sunset

Di sekitaran Titik Nol Kilometer Jogja kamu juga akan mendapati bangunan-bangunan megah seperti Gedung BNI 46, Gedung Agung, Kantor Pos, hingga Monumen Serangan Umum Satu Maret untuk memperingati insiden serangan tentara Indonesia terhadap bangsa Belanda pada 1 Maret 1949.

5. Taman Pintar

taman pintar

Sekitar setengah kilometer dari Titik Nol Kilometer Jogja, kamu akan menemukan wahana wisata edukasi dan pusat rekreasi bernama Taman Pintar Yogyakarta. Kawasan ini selalu ramai didatangi oleh wisatawan atau penduduk lokal yang telah berkeluarga. Anak-anak akan senang saat datang ke tempat ini karena adanya berbagai zona edukasi seperti gedung memorabilia, planetarium, taman bermain, gedung PAUD, dan gedung Oval – Kotak.

Di Taman Pintar, kamu juga bisa mengajak anak untuk hunting buku-buku baru ataupun bekas. Ada beberapa kios buku yang berjajar di mana masing-masing menawarkan buku dengan kisaran harga yang relatif terjangkau. Buat kamu yang ingin mengajak keluar ke tempat ini, untuk masuk ke Taman Pintar pihak pengurus mematok tiket masuk yang variatif sesuai dengan zona dan wahana yang ingin dikunjungi.

Itu dia ke-5 tempat wisata di Yogyakarta yang berada dekat Malioboro. Selain kelima lokasi tersebut, ada lagi yang sangat ikonik dan mengandung nilai historis, yaitu Keraton Yogyakarta. keraton ini merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang bangunannya masih dijaga dan dirawat hingga kini.

Keraton Yogyakarta masih difungsikan sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangganya. Di tempat ini pula masih banyak dijalankan tradisi kesultanan sehingga warisan leluhur tetap eksis sampai sekarang. Untuk kamu yang tertarik datang ke Keraton Yogyakarta, pintu keraton dibuka setiap hari mulai pukul 09:00 – 14:00 WIB. Sedangkan di hari Jumat, pintu keraton akan tutup pada pukul 11:00 WIB.

Kami menyediakan paket wisata jogja untuk liburan anda waktu mengunjak kaki kan ke wilayah yogyakarta. Mungkin pemaparan diatas mengenai destinasi wisata menarik dan seru.