Raka Mungkin menjadi seorang penulis adalah passion saya yang perlu saya tingkatkan demi kebutuhan orang banyak

Teknik Copywriting

belajar copywriting

Mengenal Teknik Copywriting – Bisnis digital yang cukup mudah dan efektif membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Mulai dari membuat website hingga memasarkan produk lewat media sosial menjadi salah satu cara terbaik promosi bagi mereka yang menggeluti dunia bisnis digital.

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis digital ialah menggunakan strategi konten marketing. Selain harus bisa membuat konten yang menarik dan informatif, sebaiknya anda yang bergelut di bidang bisnis ini juga harus mengetahui beberapa teknik copywriting.

Copywriting sendiri ialah kegiatan menulis dengan menggunakan bahasa iklan yang menarik agar produk atau layanan yang ditawarkan bisa menarik lebih banyak pelanggan. Menggunakan copywriting sangat diperlukan bagi orang-orang yang bekerja di bidang periklanan.

Namun saat ini copywriting juga harus diketahui bagi para pebisnis digital agar kedepan lebih mudah dalam membuatnya sendiri. .

Nah jika anda salah satunya, maka ketahui dulu beberapa manfaat menggunakan copywriting untuk memajukan bisnis berikut ini.

Manfaat Copywriting

Sebelum mencari tahu mengenai apa saja teknik copywriting yang tepat agar bisa membuat bisnis semakin maju, sebaiknya ketahui dulu beberapa manfaatnya di bawah ini.

Meyakinkan Pelanggan

Kegiatan promosi dalam bentuk bisnis apapun sangatah diperlukan agar bisa menarik dan meyakinkan pelanggan. Akan tetapi saat melakukan bisnis, untuk meyakinkan pelanggan tentu saja cukup sulit karena tidak bisa berhadapan langsung dengan mereka.

Untuk itulah diperlukan strategi yang benar untuk memasarkan produknya.

Salah satu cara agar bisa meyakinkan pelanggan untuk mencoba produk yang ditawarkan ialah dengan konten iklan. Membuat narasi copywriting yang persuasif dan mudah dipahami dijamin bisa menghilangkan keraguan pelanggan dan meyakinkan mereka untuk mencoba produk yang anda tawarkan.

Mengenalkan Produk

Copywriting juga bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan produk yang anda tawarkan dengan lebih menarik.

Jika biasanya anda mempromosikan produk di media sosial dengan tulisan yang asal-asalan saja, tentu hal itu tidak akan menarik bagi pelanggan. Pasalnya agar pelanggan terpikat membutuhkan tulisan yang menarik dan meyakinkan.

Saat menerapkan penulisan copywriting yang benar, tentu hasilnya akan berbeda. Produk yang kita tawarkan bisa lebih dikenal dan bahkan pelanggan juga bisa menjadi yakin untuk mencobanya.

Teknik Copywriting yang Mengesankan

Menulis sebuah karya yang menarik memang memerlukan banyak latihan. Itu juga berlaku bagi pembuatan copywriter (pembuat naskah iklan).

Meskipun awalnya agak susah, tapi dengan niatan mau belajar memahami teknik copywriting yang benar tentu nanti bisa membuahkan hasil yang lebih baik pula. Jika ternyata ini cukup sulit, menggunakan jasa copywriting yang kompeten juga bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin proses lebih simple.

Dan berikut beberapa teknik membuat copy iklan yang mengesankan:

Teknik Copywriting Headline Harus Menarik

Sebelum pelanggan membaca isi konten, mereka pasti akan membaca headline terlebih dahulu. Jadi bisa disimpulkan bahwa headline sangatlah penting bagi konten anda. Dengan membuat headline yang unik biasanya pelanggan akan membaca isi konten sampai selesai dan bahkan tertarik dengan hal yang ditawarkan.

Salah satu hal yang dibutuhkan dalam membuat headline yaitu dengan diberikannya informasi berupa data dan angka. Selain itu, informasi berupa tips dan trik hingga fakta unik juga masih tetap bisa membuat pelanggan merasa penasaran.

Bahasa yang Sesuai Target Pelanggan

Pemilihan gaya bahasa juga sangat berpengaruh pada copywriting yang dibuat. Jadi sebelum membuat sebuah konten marketing sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan target pelanggan anda.

Jika memang targetnya adalah anak-anak muda maka sebaiknya hindari penggunaan gaya bahasa yang terlalu kaku dan formal.

Anak muda lebih fleksibel dan menyukai tren terbaru. Jadi jika anda memang ingin menarik minat mereka sebaiknya gunakan bahasa yang kasual dan ringan sehingga mudah dipahami oleh mereka.

Sisipkan Pesan yang Menarik

Meskipun copywriting memang bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan yang anda tawarkan, tapi sebenarnya lewat hal ini kita juga bisa memberikan beberapa pesan kepada mereka.

Buatlah artikel yang bisa memberikan pesan mengesankan dan mampu membuat pelanggan ikutan merasakan efek emosional.

Jika konten yang anda buat bisa sampai membuat pelanggan ikut merasakan pesan yang disampaikan maka tentunya mereka juga akan lebih yakin untuk menggunakan produk yang ditawarkan.

Meyakinkan mereka tidak harus selalu menggunakan kata-kata yang persuasif saja, karena dengan konten yang sarat pesan juga pasti bisa membuatnya percaya.

Teknik Copywriting Menerapkan AIDCA

Selain 3 hal di atas, copywriting yang menarik juga harus memenuhi kriteria AIDCA. A (Attention) berarti bahwa konten yang dibuat harus memikat dan menggoda target pelanggan. Kemudian I (Interest) yaitu konten harus mampu membuat pelanggan tertarik. D (Desire) ialah konten seharusnya bisa mempengaruhi hasrat dari calon pelanggan.

Setelah itu C (Conviction) berarti target pelanggan harus merasa diyakinkan saat membaca konten yang anda buat. Terakhir A (Action) yaitu aksi atau tindakan yang dilakukan pelanggan setelah membaca konten. Misalnya tindakan itu ialah memesan produk atau layanan yang anda tawarkan.

Itulah empat teknik copywriting yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan konten landingpage yang tidak hanya keren, namun juga bisa mempersuasif pengunjung. Apapun produk Anda, copywriting adalah bagian yang tidak boleh dilewatkan.

Raka Mungkin menjadi seorang penulis adalah passion saya yang perlu saya tingkatkan demi kebutuhan orang banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *