7 Cara Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti di Android Dijamin Berhasil

Cara mengatasi sayangnya sistem ui telah berhenti. Pada dasarnya smartphone kita memiliki systemUI yang dimana program ini sudah otomatis terpasang di android pada saat produksi. Sistem ui dikenal sebagai notification bar atau anda bisa menemukan bar semacan ini di atas yang memuat sinyal, baterai, kecepatan internet dan sebagainya.

Semestinya kamu akan menjumpai proses.com.android.systemui sudah berhenti karena RAM sudah kemakan banyak kemudian progres dari mesin hp android kamu bakal crash yang menyebabkan lemot pada ponsel.

Merasa jengkel, kamu belum menemukan cara memperbaiki masalah ini soalnya sudah banyak yang dimuat untuk menggali informasi mengenai permasalahan ini. Namun ketika kamu menemukan artikel ini, beruntunglah kamu sebab sudah dilakukan uji coba dalam kasus telah terhenti.

Kadang kasus ini akan muncul pesan singkat berisi sayangnya proses sistem ui telah berhenti, tidak menanggapi, system ui has stopped dan sering terjadi unfortunately, process com.systemui has stopped. Apa sih penyebabnya?

Baca : Boomerang Patah Patah? Ini Cara Memperbaiki Agar Segera Pulih

Penyebabnya tidak lain tidak bukan adalah ada beberapa aplikasi yang sudah memakan RAM kamu sehingga proses semua yang berada di latarbelakang akan terganggu alhasil semua progres nya langsung terhenti secara mendadak (tiba – tiba).

Namun tidak usah khawatir, sebab tutorial langkah ini sudah diterapkan pada hp asus zenfone, redmi xiaomi, smartfren andromax, oppo, lenovo, meizu, huawei, vivo, samsung galaxy dan sebagainya.

Perihal tersebut bisa juga disebabkan oleh kondisi hp kamu yang sudah di root menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sudah pernah di bilang kalau smartphone status root bakal kena hak cipta pelanggaran nanti nya service center tidak mau lagi membenahi android yang sudah berstatus root.

Ini memang merugikan semua pihak, oleh sebab itu apabila kamu melakukan root ini sudah terlanjur, ya sudah itu harus segera diatasi dengan cara ini.

Memperbaiki Sayangnya System UI Tidak Menanggapi

Tidak ada tanggapan ini akan muncul apabila kamu sedang memakai android dalam keadaan terbebani oleh beban yang sangat berat. Pasalnya peforma hp kamu masih kelas bawah eh malah di paksa buat melakukan progres berat hasilnya seperti itulah. Dalam kasus ini berikut pemaparan mengenai tutorial memperbaiki problem ini.

1. Hapus Cache Aplikasi Sistem UI Di Pengaturan Ponsel

a. Buka Pengaturan pada hp kamu
b. Kemudian scroll kebawah untuk mencari menu bernama Aplikasi (Beda hp beda letak pengaturan aplikasi)
c. Pilih aplikasi sistem
d. Usap kebawah hingga menemukan System UI
e. Lalu pilih saja
f. Pada opsi Hapus Cache, tap saja kemudian tekan OK
g. Kelar deh, selanjutnya restart hp kamu

Apabila kamu sudah melakukan langkah diatas namun masih tetap saja belum terobati dengan sempurna, maka perlu mengikuti tahapan dibawah ini.

2. Copot Pemasangan Pada Salah Satu Aplikasi Terinstal yang Memakan Banyak RAM

Pasti kalian akan berkeluh kesah dalam menangi masalah ini karena belum bisa menemukan solusi mengatasi memori telepon penuh. Sejatinya ram digunakan untuk proses penyimpanan sementara yang kemudian akan disimpan pada cache aplikasi.

Nah untuk menindaklanjuti masalah ini anda perlu satu langkah untuk memutuskan bahwa harus ada satu atau dua aplikasi yang perlu di uninstal agar RAM semakin lega dan ringan.

Bagi kamu yang belum bisa mengetahui aplikasi mana yang memakan banyak ram bisa melakukan pengecekan melalui tahapan ini, buka saja Pengaturan kemudian cari menu Aplikasi, geser ke kanan untuk menemukan Aplikasi Berjalan (Menjalankan), disitu kamu dapat mengetahui berbagai macam aplikasi pemakan lebih ram android.

3. Perbarui Sistem Android Kamu yang Sudah Usang

Apabila kamu sedang memakai versi android usang maka itulah yang menyebabkan sistem ui telah berhenti tiba tiba. Jika android aja tidak terawat maka alhasil kamu mendapatkan masalah serius ini.

Memang benar kalau mau update sistem android ini memerlukan data internet banyak namun kamu perlu ingat kalau manfaat dari update ini adalah memperbaiki BUG pada versi sebelumnya (Versi yang sedang kamu pakai).

Baca : Inilah Tips Buat Memperkuat Kecepatan WIFI dengan Mudah

Ini menjadi tolak ukur kamu jika kamu mau memperbarui. Backup terlebih dahulu semua file yang tersimpan di penyimpanan android (kosongkan) atau bisa memindahkan semua data aplikasi, foto, cadangan chat (lebih baik disimpan pada google drive), video, lagu dan dokumen penting lainnya.

Bagaimana caranya?

a. Buka terlebih dahulu Pengaturan
b. Selanjutnya usap kebawah untuk menemukan menu About Phone atau Tentang Perangkat atau Tentang Ponsel [Untuk hp oppo hanya buka Pengaturan lalu scroll kebawha hingga menemukan Pembaruan Sistem]
c. Pilih saja menu tersebut
d. Langkah terakhir pilih Update system (perbarui sistem)

4. Cara Ini Khusus User ROOT Saja

Mohon perhatikan cara ini buat pengguna android root, bagi hp kamu tidak root silakan lanjut ke langkah berikutnya saja atau bisa juga mengikuti cara ini untuk menambah pengetahuan agar kelak dapat membantu teman user root.

Apabila kamu sebelumnya sedang kepingin memasang sebuah sistemui MOD, ini bisa jadi masalah bagi kamu loh. Saya dulu pernah memasang ini soalnya di ss orang lain sangat menarik tapi ternyata hp saya jadi ngeblank hitam saja.

Buat tambahan, jika kamu sedang edit aplikasi atau mau membongkar aplikasi systemui menggunakan APKTOOl maka ikuti langkahnya dengan benar supaya tidak mengalami masalah serupa.

Baca : Kini Kirim Pesan Tanpa Save Nomor Dahulu Sudah Bisa Memulai Percakapan Whatsapp

Kamu pun harus pandai bahasa pemrograman android juga, jangan asal bongkar kalau kamu belum menguasai bahasa ini sebab hal ini diperuntukan untuk pengguna profesional saja bukan untuk pemula.

Bagaimana cara memperbaiki nya?

Perlu diingat jika kamu sudah mau membongkar aplikasi ini, jangan sampai lupa untuk selalu menggunakan cara pencadangan agar saat mengedit mengalami kerusakan atau error maka bisa dikembalikan lagi dengan cadangan tersebut.

Jika kamu sudah mempunyai cadangannya, bisa memakai cara pemindahan saja ke folder sistem. Akan saya kuak pada kesempatan berikutnya…

Sebenarnya sangat gampang, anda perlu mengunduh aplikasi Root Explorer kemudian masuk lalu pilih sistemUI cadangan kamu lalu copy dan pastekan di folder System -> App -> Paste Disini. Lalu ubahlah permissionnya menjadi r-w-r-r

5. Melakukan Reset Pabrik Namun Data Akan Hilang

a. Buka pengaturan di smartphone kamu
b. Kemudian pilih menu buat cadangan dan setel ulang
c. Sebelum lanjut ke reset, cadangkan dulu agar saat pemulihan bisa muncul kembali semua data yang telah dihapus otomatis
d. Berikutnya kembalikan ke setelan pabrik
e. And terakhir pilih setelah pabrik
f. HP akan merestart dengan sendirinya, tidak perlu khawatir
g. Tunggu hingga prosesnya muncul logo android tidur bewarna hijau dilengkapi dengan gerigi dan kunci. Hal ini menandakan bahwa sedang diproses pengembalian setelan pabrik.

Reset pabrik ini menurut saya kurang ampuh sebab hanya menghapus data yang telah tersimpan pada memori ponsel. Bagaimana yang ampuh?

5. Wipe Data, Wipe Cache dan Wipe Dalvik

Teknik ini sering saya sebut sebagai teknik 3W, kenapa bisa disebut begitu? Sebab ada banyak penyebutan wipe disana dan untuk mempersingkat pengejaan disebut saja 3W atau 3 Wipe. Ini hanya bisa dilakukan oleh orang berpengalaman menggunakan recovery saja yaa jangan asal memakai cara ini buat pemula. Teknik ini juga sering disebut dengan cara hard reset di android.

a. Matikan dulu ponsel kamu
b. Tunggu hingga ponsel getar atau benar benar sudah mati total
c. Copot baterai terlebih dahulu supaya tidak ada aliran listrik kedalam mesin
d. Beda hp beda cara, untuk samsung bisa menggunakan cara tekan tombol secara bersamaan Power + Volume Up + Tombol Home. Buat semua hp bisa menekan tombol Power + Volume Up atau Power = Volume Down secara bebarengan.
e. Cari wipe data, klik yes
f. Cari wipe cache partition, klik yes
g. Cari wipe dalvik, klik yes
h. Pilih menu restart atau shutdown
i. Kemudian tunggu hingga masuk ke homescreen kamu

6. Flash Ulang HP Anda Menggunakan Software Laptop atau Komputer

Flash ulang ini hampir sama dengan factory reset namun langkah ini paling top dan workit banget buat mengatasi sistem ui telah berhenti. Sebelum melakukan ini, alangkah baiknya jika kamu mencadangkan dulu semua data yang tersimpan yaa.

Cara ini bakal mengembalikan sampai berhasil semula. Nanti hp kamu akan terlihat seperti hp baru lagi karena semua data aplikasi belum menjalankan cache.

Saya tidak akan menjabarkannya disini, namun jika kalian kepingin dibuatkan tutorial flash hp yang anda miliki bisa saya buatkan…permintaan anda bisa segera kami respon melalui kolom komentar dibawah.

7. Pergi Ke Tukang Service Terdekat

Apabila semua cara sudah kalian lakukan namun belum menemukan solusi terbainya maka langkah terakhir ini dapat kamu lakukan agar kondisi android kamu pulih seperti semula lagi. Pergi ke konter hp terdekat untuk memperbaiki masalah ini.

Mengenai biaya nya tidak mahal kok, mungkin disana hanya perlu diflash juga dan ngeflash hanya membutuhkan biayar 50 ribu sampai 100 ribu tergantung outlet jasa servis nya karena disetiap daerah berbeda harganya.

Penutup…

Bagaimana sudah merasa lega dengan masalah mengatasi sistem ui telah berhenti mendadak di android dan disemua hp. Dengan begitu kamu akan mendapatkan tutorial memperbaiki itu semua pada artikel ini.

Apabila ada yang perlu ditanyakan, silakan masukkan pertanyaan anda ke kolom komentar agar segara admin respon. Terima kasih sudah mengikuti cara memperbaiki system ui has stopped serta tidak menanggapi.

5 pemikiran pada “7 Cara Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti di Android Dijamin Berhasil”

    • bisa gunakan situs youtube dengan mencari sesuai nama hp yang kamu miliki, misalnya saya punya hp lenovo seri a6000 saya cari di youtube dengan memasukan kata kunci “cara flash lenovo a6000 lewat pc”

Tinggalkan komentar