Cara Mengganti Jam dan Tanggal di laptop Secara Otomatis Semua Windows

Cara mengganti jam dan tanggal otomatis di laptop windows 10. Secara tidak langsung laptop yang habis di instal ulang bakal reset sendiri waktu dan tanggalnya. Oleh karena itu anda harus mengatur jam di laptop agar sesuai dengan waktu keadaan sekarang. Belum lagi kalau waktu berubah pasti zona waktu dan tanggal pada windows kita juga ikutan berubah, untuk itu kamu bisa mengganti format jam tersebut.Apabila tanggal komputer kamu tidak bisa diganti dengan kata lain sudah susah untuk di ubah ke tanggal yang sekarang, mungkin tutorial ini dapat membantu agan sekalian dalam mengatur format jam dan tanggal yang ada di windows 10 dan windows 7. Kenapa saya tidak menyebutkan windows 8? karena pada dasarnya windows 8 itu hampir sama bahkan mirip banget sama windows 10, makanya saya tidak akan menyebutkannya biar user win 8 bisa mengikuti user win 10.

Ini adalah pengalaman saya dalam mengatur tanggal dan jam pada perangkat dekstop. Anda bisa menggunakan PC apa saja bisa rakitan atau laptop. Merek laptop diantaranya asus, lenovo, hp, dan sebagainya.

Saya sempat menjumpai masalah ini ketika saya sudah selesai instal ulang, saat itu saya tidak tahu bahwa jam dan tanggalnya ternyata tidak sinkron dengan saya padukan ke HP. Saya mengetahuinya saat ingin membuka WhatsApp web, ternyata ada pemberitahuan tanggal dan waktu telah kadaluwarsa.

Nah disitu saya mikir, sepertinya ada masalah nih, kemudian saya mencari tahu kenapa hal tersebut terjadi kepada saya. Ternyata pengaturan tanggal dan jam (waktu) pada laptop saya mengalami setting manual (tak otomatis).

Untuk mengetahui cara nya, sobat bisa melihat tutorial dibawah ini karena memang khusus untuk sobat yang ingin menjadikan waktunya secara otomatis jadi tidak di setting manual. Otomatis ini tergantu jaringan local ya jadi kalau mau setting otomatis harus menyediakan jaringan seperti wifi. Anda bisa menggunakan wifi gratis maupun hasil tethering dari smartphone.

Cara setting jam dan tanggal otomatis bisa di ubah formatnya dengan cara mengaturnya di pengaturan windows kalian masing – masing. Saya hanya bisa mencontohkan untuk windows 10, jadi untuk user win 7 bisa mengikuti alurnya.

Baca Juga : Tutorial Membersihkan Sampah (Junk Files) Semua Windows Bisa Menrapkan Langkah Ini

Saya tidak menyarankan bagi anda untuk menghidupkan internet pada wifi perangkat laptop atau komputer anda. Trik kali ini tidak membutuhkan wifi atau semacamnya karena bisa anda lakukan setting untuk mengganti waktu/ tanggal secara offline tanpa bantuan jaringan apapun.

Banyak yang mengatakan bahwa cara mengatur jam di laptop agar tidak berubah itu bakal keganti dengan sendirinya ke semula (sebelum diganti ke sekarang). Namun saya sudah terbukti work it memakai cara setting ini, coba aja deh kalau ngga percaya.

Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Laptop Semua Windows Agar Tidak Berubah

Saya sadar bahwa jam saya ini agak ngrancu dari jam nyata yang saya pakai. Paka kala itu jam laptop dan tanggalnya berbeda 1 hari, yaa saya mencoba untuk memperbaiki kedua fitur tersebut karena sangat berpengaruh dengan aktivitas sehari – hari saya di laptop. Makanya saya tidak segan untuk membagikan pengalaman mengganti jam dan tanggal laptop karena sudah terbukti berhasil di windows 10 pro version.

Bagi yang tidak sabar, akan kami ulas sedikit saja agar materi kali ini tidak terbelit – belit dengan kosa kata yang saya gunakan. Berikut tutorial mengenai cara memperbaiki jam atau tanggal yang salah.

Cara Setting Waktu dan Zona Otomatis

1. Hidupkan laptop atau komputer yang anda gunakan apabila perangkat anda sebelumnya anda matikan.
2. Anda bisa langsung take action aja agar dapat menggantinya dengan mudah. Lalu anda bisa arahkan kursor ke bagian jam di pojok kanan bawah layar monitor kamu, kemudian klik kanan.
3. Setelah klik kanan akan muncul tampilan seperti dibawah, anda bisa mencari menu Adjust Data/ Time. Disitulah anda bisa mengatur pergantian jam, tanggal, hari, dan bulan.

mengatur adjust time dan date

4. Kemudian anda bisa pilih tombol Set time automatically dan set time zone automatically.

Baca Juga : Mudah Nih! Cara Menampilkan Format File di Windows 8 dan 10

mengubah waktu dan tanggal otomatis

5. Enjoy! Sekarang komputer kamu sudah otomatis nentuin date and time.

Cara Setting Waktu, Tanggal dan Time Zone

1. Sama seperti cara nomor 1 sampai 3 diatas, silakan anda ulangi atau bila udah dari tadi disana tinggal ikutin saja langkah ini berikutnya.
2. Matikan set time zone automatically.

mengatur semua perwaktuan dan lokasi manual

3. Kemudian pilih kolom time zone.
4. Cari sesuai lokasi anda, kalau di indonesia adalah UTC +07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta.
5. Klik saja pilihan tersebut.
6. Laptop anda sudah bisa diatur bebas dan selamat laptop berhasil diperbaiki masalah waktu dan harinya.

Ada dua faktor yang mempengaruhi ketidakakuratan zona, time dan hari (tanggal) di perangkat kamu yakni laptop habis di instal ulang dan kamu lupa menghidupkan pengaturan otomatisnya. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan dua cara diatas.

Apa sih manfaatnya jika mengatur ke otomatis? Ya jelas banyak dong, sobat tidak harus ribet mikirin tentang tanggal kadaluwarsa di WA web atau semacamnya. Jadi tak ada lagi gagal masuk karena terkendala oleh tanggal dan waktu yang kurang atau lebih dari patokan.

Anda bisa menemukan patokan tersebut melalui hp, itupun kalau hp sobat sudah tersetting otomatis. Kalau masih bawaan pabrik, masih pengaturan auto kok, jadi tinggal lihat aja jam berapa sekarang pada smartphone lalu di cocokkan di laptop atau pc sobat.

Selanjutnya akan saya berikan FAQ untuk postingan ini, jika ada pertanyaan lain bisa ditanyakan pada kolom komentar dibawah ya sob. Berikut pemaparan FAQ.

FAQ

Q : Apakah kalau di tutup atau sleep laptop nya, bakal ke reset manual?

A : Tidak sob, malahan tidak akan terjadi apa – apa soalnya cara ini bersifat permanen hingga sobat mengatur ke manual lagi.

Q : Apakah kalau di restart atau shutdown akan hilang?

A : Pertanyaan yang hampir sama bahkan mirip seperti diatas, jawaban saya ya tetap tidak bakal hilang pengaturan tersebut.

Q : Kenapa saya tidak bisa melakukan langkah – langkah diatas dengan benar di laptop merk xxxx?

A : Sebutkan spesifikasi laptop sobat di kolom komentar, semoga saya bisa membantu persoalan sobat yang masih menyangkut ulasan ini.

Q : Kenapa masih ke set manual?

A : Apakah sobat sudah mengikuti tutorial diatas dengan seksama dan benar? Silakan ulangi langkah diatas apabila terjadi masalah keatur manual kembali.

Penutup

Demikian ulasan singkat saya dalam memperbaiki masalah laptop dan komputer anda. Dengan begitu waktu dan tanggal kalian sudah tepat pada zona waktu kalian tinggal. Apabila mau otomatis bisa pakai cara pertama jika pingin yang manual bisa pakai cara kedua. Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara mengatur jam, tanggal, hari secara otomatis di laptop windows 10, 8 dan 7.

Tinggalkan komentar