Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti

Sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti. Jika dibandingkan dengan iphone atau ios dengan android, maka di indonesia lebih banyak pengguna android.

Hal tersebut tentu saja terdapat alasan yang muncul jika ditanya kenapa lebih memilih perangkat android.

Pertama mulai dari harganya yang relatif sangat murah serta minimalis. Kedua, alasannya mungkin dikarenakan mudah sekali untuk mengakses dan mengoperasikannya.

Disamping dengan harga yang murah serta mudah untuk menggunakannya, android sering kali mengeluarkan beberapa masalah ataupun sering kali para pengguna android mengalami kendala dimana seperti diantaranya yaitu sayangnya aplikasi telah berhenti, aplikasi keluar sendiri, dan yang paling menyebalkan serta yang akan dibahas pada artikel ini yaitu unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped.

Sering kali pesan tersebut muncul secara pop up dan otomatis di hp anda, yang terkadang bisa membuat smartphone android anda tersebut terasa lag dan lemot banget.

Entah itu android dengan berbagai macam merk mulai dari xiaomi, oppo, vivo, lenovo, vivan, realme, samsung, nokia, lg, asus dan masih banyak lainya bisa saja terkena masalah tersebut.

Memang banyak pengguna android mengeluhkan masalah tersebut dikarenakan memang mengganggu sekali, walaupun masalah proses google gapps terhenti ini tidak begitu sering muncul, akan tetapi tetap saja perlu di atasi dan dihilangkan pop up tersebut.

Mungkin banyak diantara anda ingin mengatasi mengenai android yang muncul pesan error yang bertuliskan “unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped” namun tidak tahu bagaimana sih cara mengatasinya.

Akan tetapi tidak perlu khawatir sob, karena di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara memperbaiki error yang muncul di android tersebut.

Cara Mengatasi Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti

Sebenarnya mengenai cara memperbaiki masalah yang muncul berupa pesan di android tersebut tidak begitu susah dan bisa juga disebut susah-susah gampang.

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan simak cara di bawah ini.

#1. Restart HP

unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped nox

Langkah pertama yang perlu anda coba untuk mengatasi masalah tersebut yaitu silahkan restart hp anda masing-masing.

Pasti sudah tahu kan cara restart hp sendiri? nah sekira sudah di restart. Lalu tunggu saja apakah masih muncul atau tidak, apabila masih muncul maka silahkan gunakan cara selanjutnya di bawah ini.

WhatsApp juga sering mengalami force close, inilah cara mengatasi WA telah berhenti.

#2. Hapus Data Download Manager

hapus cache dan data aplikasi

Langkah berikutnya untuk memperbaiki masalah yang diulas di atas yaitu coba saja anda hapus data download manager.

Dimana apabila anda sudah membersihkan data download manager ini hp android anda akan bersih dari virus, cache, dan masih banyak lainya.

Untuk lebih jelasnya mengenai caranya, silahkan simak di bawah ini.

  • Pertama silahkan buka saja pengaturan pada hp anda, dilanjut dengan klik Aplikasi, berikutnya pilih saja TAP Semua, disitu anda silahkan cari saja aplikasi pengelola unduhan, lalu anda silahkan nonaktifkan ataupun matikan, dilanjut dengan menghapus data “disini anda perlu aktifkan”.
  • Untuk step berikutnya ini lakukan hal yang sama memakai google play store, lakukan nonaktif dan hapus data, lalu jalankan kembali aplikasi google play store.

#3. Hapus Data Aplikasi Android System Webview

Android system webview ketika sudah di perbarui biasanya akan menimbulkan masalah seperti ini.

Untuk mengatasi aplikasi gapss terhenti ini bisa dengan masuk ke Pengaturan -> Manajemen Aplikasi -> Android System Webview -> Ketuk tombol Paksa Berhenti dan Hapus Data.

#4. Kembalikan Ke Setelan Pabrik Dapat Memperbaiki Proses Google Gapps Terhenti

Kembalikan Ke Setelan Pabrik Dapat Memperbaiki Proses Google Gapps Terhenti

Cara memperbaiki Proses Google Gapps berhenti berikutnya yaitu mungkin agak berat karena anda harus mengembalikan ke setelan pabrik.

Ibaratnya kalau di komputer harus diintal ulang hp anda tersebut agar masalah tersebut tidak muncul lagi.

Pastinya setiap hp memiliki cara berbeda-beda untuk melakukan reset pabrik ataupun mengembalikan seperti setelan pabrik ini.

Nah jika anda hendak menggunakan cara ini, pastikan anda sudah menyimpan file-file penting anda di micro sd agar nantinya file tidak hilang. Serta membackup segala jenis file dokumen ataupun email.

Google Play Store sering keluar dengan tiba – tiba? Ikuti cara memperbaiki playstore sering terhenti

Cara kembali ke factory reset silahkan masuk ke menu setelan, berikutnya anda scroll ke bawah lalu pilih setelan tambahan, dilanjut dengan buat cadangan dan setel ulang.

Terakhir pilih saja Kembalikan ke setelan pabrik.

#5. Flash di Konter ataupun Flash Sendiri

flash hp android

Langkah terakhir apabila semua cara di atas tidak bisa yaitu reset sistem android secara keseluruhan atau biasa disebut dengan flashing hp.

Dimana flashing ini bisa anda lakukan sendiri apabila tahu caranya, jika anda tidak tahu silahkan flashing di konter dengan biaya 50 ribu sampai 100 ribuan. Apabila sudah di flash, silahkan cek kembali apakah masih error atau tidak.

F.A.Q.

Bagaimana Jika Sudah Rooting?

HP yang sudah dalam keadaan root, sebaiknya hard reset saja. Anda bisa gunakan recovery mode dengan masuk ke CWM atau TWRP.

Selanjutnya pilih opsi Factory Reset Data, maka semua data yang ada di Android akan lenyap seketika.

Sebelum melakukan hard reset, sebaiknya backup dulu data android supaya tidak hilang semuanya.

Solusi Muncul Popup Terus Menerus?

Popup ini menandakan sebuah pesan dimana ada error unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped.

Maka dari itu, kamu harus memperbaiki masalah error tersebut. Caranya bisa melakukan format hp.

Bisa juga kamu langsung flashing saja supaya ganti ROM yang tidak ada masalahnya.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi sayangnya proses com.google.process.gapps. telah berhenti.

Dengan begitu persoalan anda di smartphone android sudah selesai. Semoga bermanfaat untuk anda, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar