Rute Jalan Menuju Pantai Nguyahan, Pantai Asri dan Masih Perawan

Berbicara mengenai kekayaan pantai yang dimiliki kawasan Gunung Kidul Yogyakarta tak akan pernah ada habisnya. Pasalnya deretan pantai-pantai yang indah telah menghiasi segala penjuru kawasan Gunung Kidul ini, seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai wedi Ombo, Pantai Ngobaran dan yang terbaru adalah Pantai Nguyahan yang masih perawan dan asri.

Rute jalan menuju pantai Nguyahan pun menjadi topic hangat untuk diperbincangkan oleh masyarakat.

Pantai Nguyahan sebenarnya sudah terkenal sejak zaman Belanda akan tetapi bukan dikenal sebagai kawasan wisata melainkan sebagai sentra pembuatan garam. Pantai Nguyahan itu sendiri berasal dari kata uyah yang dalam bahasa Indonesia berarti garam. Orang Jawa menyebut kawasan ini sebagai Pantai Nguyahan karena sebagai tempat pembuatan garam secara tradisional.

Pantai Nguyahan masih terbilang cukup asri dan masih perawan. Kawasan Pantai Nguyahan masih cukup sepi sehingga memungkinkan Anda untuk menikmati Pantai secara puas.

Memang tidak seramai dan seluas pantai Ngobaran atau Pantai Wedi Ombo akan tetapi Keindahan yang dimiliki Pantai Nguyahan juga tak kalah Indah dengan Pantai-pantai di sekitarnya. Sehingga Pantai ini sangat cocok untuk Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan saat liburan tiba.

Baca : Melihat Tradisi Kebudayaan Ubud Bali

Rute Jalan menuju Pantai Nguyahan bisa Anda tempuh dengan mudah meskipun belum terdapat jalan atau jalur khusus yang dibangun untuk menuju kawasan wisata pantai Nguyahan ini.

Lokasi Pantai Nguyahan hanya berjalan kurang lebih 200 meter dari Pantai Ngobaran. Sehingga Anda tidak akan terlalu pusing untuk mencari lokasi Pantai ini. Jika Anda sudah menemukan Pantai

Ngobaran maka Anda akan mudah menemukan rute jalan menuju Pantai Nguyahan yang sudah terdapat di plang-plang penunjuk arah.

Untuk menuju Pantai Ngobaran Kuncinya adalah menemukan lokasi Pasar Trowono.

Rute Utama:

  1. Wonosari –> Siyono –> Bogor –> Playen –> Paliyan–>Pasar Trowono –> Kanigoro –> Pantai Ngrenehan dan Pantai Ngobaran.
  2. Wonosari  siraman –>wareng –> sodo–>Paliyan –>Pasar Trowono –> Kanigoro –>Pantai Ngrenehan dan Pantai Ngobaran.

Sedangkan jika Anda berasal dari Yogyakarta dan sekitarnya, Anda bisa menggunakan rute jalan menuju pantai Nguyahan sebagai berikut yaitu Jogja  menuju Piyungan , Pathuk , sambipitu, hingga  gading (lapangan Terbang) terdapat  pertigaan ambil yang ke kanan arah Playen  menuju  Paliyan, Trowono,- Kanigoro, dan akhirnya sampai di kawasan Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan.

Baca : Malam Sangat Romantis Bertempatkan Di Jogja, Mampir Kesini Yuk!

Karena suasana pantai Nguyahan yang masih suci dan asri, sehingga akan membuat Anda nyaman dan betah untuk berlama-lama berada di Pantai Nguyahan ini. Anda bisa menikmati suasana pantai, bermain pasir, bermain ikan atau memancing dengan puas.

gunungkidul menawarkan banyak pantai eksotis khususnya nguyahan ini

Di Pantai Nguyahan ini juga memungkinkan Anda untuk bisa bercamping disini untuk menikmati hembusan angin  malam pantai yang membelai lembut dan bisa lebih dekat dengan alam.

Setelah mengetahui rute jalan menuju pantai Nguyahan, Selain menikmati wisata alam berupa suasana pantai yang tenang, Anda dan keluarga juga bisa wisata edukasi mengenai teknik pembuatan garam secara tradisional.

Karena Pantai Nguyahan ini sebagai pusat pembuatan garam, di Pantai Nguyahan juga terkadang bisa Anda temukan beberapa petani yang sibuk membuat jebakan untuk menangkap udang lobster dan ikan.

Baca : Taman Bunga Matahari Di Kawasan Pesisir Pantai Bantul

Sungguh menarik bukan? Pantai yang masih asri membuat Anda dan keluarga akan lebih puas untuk melakukan berbagai aktivitas pantai yang menyenangkan tanpa terganggu dengan ramainya pengunjung.

Akan tetapi saat Anda berwisata ke pantai ini, pastikan bawa peralatan perbekalan yang lengkap karena tidak terlalu banyak warung-warung yang menyediakan makanan ataupun minuman di Pantai Nguyahan ini. Dan yang pasti selalu jaga kebersihan lingkungan agar keindahan alamnya bisa dinikmati oleh anak cucu nanti.

Tinggalkan komentar