Rumus Lightroom Gold Tone

Beberapa waktu lalu saya dimintai orang untuk membuat rumus lightroom gold tone. Entah kenapa saya baru bisa menurutinya sekarang, lama banget sepertinya. Tetapi tak apa, meskipun sudah lama tak main seperti ini, saya sekarang mulai aktif kembali ke dunia edit tone lightroom seperti ini.

Anda tak hanya mendapatkan warna preset emas saja pada tutorial ini, anda bisa mendapatkan warna – warna lain ketika sudah mendapatkan rumusnya. Soalnya saya lebih tertuju ke beberapa teknik editing menggunakan lightroom.

Masih ada juga sih aplikasi edit foto lainnya seperti vsco fullpack. Namun saya tetap memakai aplikasi lightroom saja untuk edit foto menjadi preset emas. Dibilang ribet sih engga ya, ini masih dalam kondisi yang sangat mudah untuk dilakukan oleh pemula.

Cara Edit Menggunakan Rumus Gold Tone

Preset emas menjadi promadona bagi sebagian orang. Meskipun tak banyak yang menyukai, saya tidak peduli dengan anda. Soalnya saya hanya ingin membagikan pengalaman saya dalam mengedit foto menggunakan adobe lightroom android dengan memakaikan foto saya preset gold tone.

Preset ini saya terinpirasi di channel – channel youtube. Jadi, saya hanya membagikannya lewat tulisan saja. Kerana di video tersebut sangat cepat dan susah untuk dipahami oleh pemula ketika ingin edit foto menggunakan preset emas.

Anda bisa melihat list atau daftar rumus – rumus nya melalui tabel dibawah ini. Silakan bagi anda yang belum bisa menemukan menu – menunya, eksplorer terlebih dahulu menu – menu yang ada di adobe lightroom android ya sebelum melakukan edit foto melalui rumus preset emas.

Cara pertama edit pakai preset emas ini silakan masuk ke Menu Basic nya terlebih dahulu. Sebelumnya anda membuka lightroomnya kemudian lakukan import foto ke adobe LR. Setelah itu tap pada bagian foto yang ingin anda edit lalu akan otomatis masuk ke menu basic.

Geser ke kanan hingga menemukan fitur – fitur seperti yang saya sebutkan dibawah ini kemudian tinggal isikan dengan angka disampingnya.

Anda bisa mengisikan angka tersebut dengan menggeser tombol yang ada di bawah nama fitur tersebut guna mendapatkan preset emas.

Exposure+0,80
Contrast+65
Highlight-100
Shadow+40
Whites-100
Blacks+20
Clarity+10
Vibrance+10
Saturation+10

Nah itulah preset gold tone pada bagian pengaturan fitur Basic. Kemudian anda masih mengatur pada bagian kedua yakni Vignetting, anda bisa melihat pada tabel dibawah ini untuk mengaturnya.

Amount-15
Midpoint0
Feather+100
Roundness+100

Pada langkah berikutnya adalah masuk ke menu Split Toning. Disini anda hanya disuruh untuk mengatur tiga bagian saja. Simak tabel dibawah ini untuk pengaturannya.

Highlight Hue18
Shadow Hue227
Saturation25

Langkah selanjutnya anda bisa masuk ke menu Color B/W. Disini akan sedikit ribet sih namun kalau melewati cara ni berarti anda belum bisa menemukan cara edit foto menggunakan rumus lightroom gold tone. Mengenai pengaturannya, anda bisa simak tabel dibawah ini.

HueSaturation
00
00
00
-100+100
-100+100
-100+25
+0+30
00

Langkah terakhir ini anda tinggal mengatur pada bagian menu Dehaze. Menu ini diatur pada angka +20 saja.

Bagaimana tutorial ini mudah bukan?. Pastinya dong, soalnya sudah saya sesuaikan dengan keadaan dimana anda sebagai pemula harus kenal terlebih dahulu tentang menu – menu dasar yang wajib di kenali ketika menggunakan lightroom di hp android.

Anda bisa melihat hasil dari rumus diatas melalui gambar dibawah ini ya sob.

rumus gold tone

Demikian tutorial mengenai edit foto menggunakan rumus emas nampak seperti emas gitu deh hehe. Dengan begitu anda bisa memarkan foto tersebut pada media sosial anda.

Sedikit informasi, bahwa setiap foto itu mempunyai cahaya dan kualitas gambarnya masing – masing dan satu foto dengan foto lainnya mempunyai kualitas berbeda juga. Jadi, jangan harap anda bisa mendapatkan hasil sama persis dengan hasil dari rumus diatas, anda harus menyesuaikan keadaan foto anda.

Ketika sudah sesuai, pasti anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Terima kasih sudah meluangkan waktu anda dalam mengikuti tutorial kali ini. Beri tanggapan bila anda merasa kesusahan dalam edit foto di lightroom melalui kolom komentar dibawah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini