5 Komponen Penting Rakit PC Gaming Spesifikasi Standar

Rakit PC Gaming – Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya dalam merakit pc spesifikasi standar gaming. Sekarang jamannya rakit komputer sob, apabila sobat tidak tau mengenai komponen apa yang pertama kali harus dipasang.

Maka artikel ini akan memberikan ulasan menariknya untuk anda. Bila sobat belum tahu apa apa tentang dunia komputer, silakan baca ya. Komponen untuk merakit pc gaming bisa anda dapatkan melalui artikel dibawah ini secara singkat dan rinci..

Saya akan menyarankan anda untuk rakit pc gaming murah dengan budget 3 juta, 5 juta, 7 juta hingga 10 juta keatas. Komponen untuk merakit pc gaming bisa dicoba menggunakan simulasi seperti di website enter komputer.

Pada website tersebut ada beberapa komponen yang harus anda tepati. Untuk apa? guna merakit pc gaming dengan spek standar. Anda bisa memilih saran otomatis spek dan komponennya. Disana juga sudah ada berapa total biaya yg dikeluarkan (budget minimum).

Komponen merupakan nyawa dari performa game yang anda mainkan di PC. sehingga jenis dan spesifikasi standar dari komponen Suatu PC gaming sangat penting untuk diketahui. Hingga saat ini kebanyakan para gemers mania lebih memilih untuk merakit PC dibandingkan membeli Laptop dengan spesifikasi Gaming atau Lebih akrab di kenal sebagai laptop gaming.

Baca Juga : Cara Mengetahui Apakah Laptop Itu Kuat Windows 10 atau Tidak

Beberapa Alasan gamer lebih memilih merakit PC untuk game ketimbang membeli laptop gaming adalah lebih murah dan leluasa mengganti komponen untuk merakit pc gaming dan dapat di susaikan dengan hal yang dianggap kurang saat bermain game. Selain itu berebeda dengan laptop gaming yang telah fix, PC rakitan bisa diupgrade menyesuaikan Budged yang anda miliki.

Hal Utama Rakit PC Gaming Murah

Saya menyarankan untuk anda, gunakan budget nya seminimum mungkin. Karena kedepannya anda akan dihadapkan dengan masalah besar. Seperti kerusakan pada mobo, pada prosesor, atau GPU. Ketiga komponen tersebut yang dapat menguras kantong Anda.

Harga prosesor saja minimal diatas sejuta, GPU apa lagi. Maka dari itu anda harus pintar – pintar memilih merk produk tersebut. Jika di kota anda tidak ada toko peralatan komputer, anda bisa membelinya di toko online.

Banyak kok yg memperjualbelikan barang distributor komponen komputer (satuan). Saya sering belanja di tokped, shopee dan olshop lainnya. Ingat ya, belanja dengan aman supaya tidak kena tipu.

Baca Juga : Tengok ! 3 fitur “imposible” PC di Masa depan

Nah untuk merakit Sebuah PC gaming spesifikasi Standar, point paling penting adalah anda mengetahui komponen yang anda butuhkan. Ilmu dan pengetahuan tentang komponen dan fungsinya sangat anda butuhkan. Berkaitan dengan hal tersebut berikut 5 komponen untuk merakit pc gaming spesifikasi Standar

Komponen Dasar untuk Merakit Komputer Gaming

Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa komponen penting untuk persiapannya. Anda bisa meniru dan bisa juga tidak, karena ini hanya opsional saja. Jika anda minat, coba saran saya ini anda lakukan. Kelak juga akan rakit pc, dan anda harus tahu komponen dasar ini.

MotherBoard dan CPU

Kedua komponen ini adalah otak dari sebuah PC. Berbeda dengan komponen lain kedua komponen ini harus selaras alias kompetible satu sama lainnya.

Motherboard ini adalah main PCB yang berfungsi sebagai jalur akses yang menghubungkan semua komponen. Sementara CPU yang merupakan akronim dari Centeral Processing Unit berfungsi sebagai part untuk memproses seluru logika komputer.

Baca Juga : Tips Membeli Laptop Baru untuk Desain Grafis Anak DKV dan Multimedia

Sebagai spesifikasi standar anda bisa melirik CPU inter i5 dan Motherboard Asrock B450M HDV yang dapat anda pinang dengan harga 1.3 jutaan. Nah itulah kedua komponen penting yg harus anda miliki untuk pertama kali. Selanjutnya akan ada beberapa komponen lainnya sebagai pendukung.

RAM

Random Access Memory atau ram berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Mungkin anda bertanya-tanya, “terus apa hubunganya dengan game ?”

Saat bermain game ram menampung data trigger2 dan lainnya besaman dengan data dari aplikasi lainnya yang berjalan di background pc anda termasuk windows.

Untuk spesifikasi standar anda bisa menggunakan V-GeN Tsunami DDR4 8GB (2x4GB) 3200Mhz Dual Channel KIT. Spek 8Gb sudah lebih dari cukup untuk mendukung hoby anda dalam bermain game.

RAM dikenal juga sebagai media transmisi data sementara. Jadi setiap anda membuka game, penyimpanan data sementaranya ya ada di RAM. Cara kerja RAM itu setelah komputer dimatikan maka data – data yg tadinya tersimpan akan hilang.

Jadi bilamana RAM tidak dialiri dengan listrik maka ia tidak akan bekerja. Dan bila anda menghidupkan komputer, maka RAM tersebut akan aktif kembali untuk memproses data kegiatan Anda.

VGA

Dalam game elemen paling penting kedua setelah gamplay adalah grafis dari game. Untuk memproses implementasi data grafis game tersebut pada PC gaming anda diperlukan Komponen PC yang di sebut VGA.

Baca Juga : Cara Mematikan Update Windows Secara Sementara dan Permanen

Simpelnya, anda perlu VGA untuk menikmati grafis dan bahkan game selalu memasang spesifikasi standar VGA yang anda butuhkan untuk memainkannya.

Kami merekomendasikan VGA SAPPHIRE RX 560 4GB DDR5 Pulse untuk anda. Kenapa? Sebab harga relatif murah dan speksifikasinya mumpuni untuk main game.

SSD dan HDD

SSD adalah Solid State Drive dan HDD adalah Harddisk. Ukuran game tentu saja lumayan besar jika dibandingkan dengan Program lain. SSD kalau di hp disebut memori internal dan HDD sama halnya dengan memory eksternal.

Untuk SSD anda bisa melirik SSD Pioneer 120GB SATA 3 dan Harddisk Seagate Internal PC 500GB HDD SATA 3.5″ untuk HDD.

Power Supply

Anda perlu penyalur daya yang stabil dan lancar ke semua komponen rakit pc gaming anda. Syarat dari power supply tidak muluk-muluk amat cukup yang memenuhi fungsi dasarnya. Untuk itu ada bisa mencoba power supply merek Cooler Master Masterwatt Lite 500W.

Pada dasarnya sobat hanya memerlukan komponen itu. Yang lainnya seperti mouse, keyboard dan sebagainya. Itu hanya opsional saja, tapi wajib dimiliki oleh setiap perakitan komputer.

Baca Juga : Tips Merawat Laptop Kamu Supaya Tahan Lama

Meskipun begitu sobat harus memperhatikan uang kamu ya. Jangan sampai keasikan upgrade pc rakitan Anda malah lupa modal uangnya. Sebaiknya sih cari info – info dulu semisal, kenapa harganya bisa segini.

Jika anda bertanya seperti itu maka akan dijawab dengan jawaban alasan, bukan hanya ya atau tidak. Jika anda mempertanyakan ke teknisi komputer maka akan dijawab dengan alasan yg signifikan. Dengan begitu sobat tahu kenapa harga komponen itu mahal.

Rekomendasi komponen diatas merupakan spek standar. Meskipun standar spek tersebut sudah cukup untuk memainkan game-gem kelas menengah. Jika di total untuk semua spek dan merek komponen diatas anda kudu menyediakan budget sebesar 8 jutaan. Ini jauh lebih murah ketimbang meminang laptop gaming.

Demikian ulasan singkat saya dalam artikel komponen utama saat rakit pc gaming. Dengan adanya artikel ini apakah anda merasa terbantu? jika iya silakan share postingan ke media sosial kamu, agar semua orang pada tahu apa yg kamu tau.

Tinggalkan komentar