Cara Mengatasi Google Play Store Telah Berhenti + Penyebab

Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti – Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan pengalaman menarik saya. Dalam kasus ini terdapat sebuah masalah sayangnya google play store telah terhenti. Terhentinya layanan google ini menjadi sangat menarik untuk kita bahas kedepannya.

Mengingat jumlah populasi manusia dalam mempergunakan layanan playstore semakin bertambah. Jika kalian juga sering mengalami hal serupa, yuk kita ungkap penyebab dan cara mengatasinya.

Google Play Store atau sering kita sebut playstore (toko mainan) yang ada di setiap smartphone android. Belum lama ini banyak kok yang mempublikasikan permainan dan aplikasi di playstore. Seperti PUBG, Free Fire, Mobile Legends dan sebagainya.

Masalah ini sering terjadi di beberapa tipe dan merk hp sob, apa saja kah itu? Samsung, lenovo, xiaomi redmi, oppo, vivo, backberry dan sebagainya. Menurut pengamatan saya, kenapa bisa terjadi hal ini? Ternyata cuma ada beberapa kesalahan saja.

Baca Juga : Aplikasi Resep Masakan yang Cocok untuk Ibu Mudah

Pada saat terhenti tiba – tiba itu, pasti akan muncul notifikasi yang mengidikasi persoalan tersebut. Notif itu akan muncul seperti ini “sayangnya aplikasi google play store telah berhenti” atau “Unfortunately the Google application has stopped”.

Jika anda mendapati layanan google play terus berhenti maka segera lakukan perbaikan. Caranya? Silakan simak ulasan dibawah ini akan saya jelaskan secara rinci.

Cara Memperbaiki Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Memperbaiki google play store tidak bisa dibuka dalam android. Saya akan memberikan solusi terbaik anda agar anda tak pusing lagi dalam menghadapi persoalan ini. Saya kemarin pun sempet pusing juga karena makin dibiarin makin paksa berhenti saja.

Tak hanya notif yang menggangu, namun setelah notif hilang saya membuka aplikasi google play, eh malah play store berhenti tiba – tiba. Mendadaknya layanan ini berhenti bisa saya simpulkan penyebabnya. Apa saja penyebab google play store mendadak force close?.

Penyebab Sayangnya Google Play Terus Berhenti

Adapun penyebab – penyebab dari setiap tragedi yang menimpa hp android kita. Jika masalah aplikasi sering berhenti saja gampang untuk diatasi. Untuk itu anda harus mengetahui apa saja sih penyebab dibalik semua ini. Berikut penyebab – penyebabnya akan kami jabarkan.

  • Aplikasi terlalu terbebani.
  • Memakan RAM berlebihan.
  • Penggunaan data dan cache aplikasi makin lama makin menumpuk.
  • Sampah yang ditimbulkan dari google play store menumpuk di folder tersembunyi.
  • Versi android tidak kompatibel dengan layanan.
  • Penyimpanan Internal penuh.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai penyabab – penyabab nya. Dilain waktu pasti kamu akan menemukan beberapa penyebabnya lagi dan bisa diutrakan pada kolom komentar untuk pelengkap saja.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi VPN Terbaik dan Teraman untuk Android

Selanjutnya kita akan membahas cara memperbaiki nya supaya masalah kamu tak berujung lama. Jika kelamaan nanti kamu tak bisa lagi download aplikasi maupun game di google playstore ya.

Cara Mengatasi Sayangnya Play Store Telah Terhenti Mendadak

Secara tiba – tiba kada layanan dari google ini terhenti. Dalam pemberhentian ini ditujukan kepada kita bahwa aplikasi sudah tak bisa menampung beban dari permintaan anda. Jika sudah seperti ini, maka sobat harus melakukan tahapan – tahapan dibawah ini.

Menghapus Data dan Cache Aplikasi

Anda bisa melakukan pembersihan secara rutin dan berkala demi kelancaran sebuah layanan apps. Saya mendapati kasus ini dibeberapa aplikasi yg sering mengalami error seperti ini. Ternyata setelah ditelusuri hanya menumpuknya data dan cache apps.

Anda bisa melakukan tindakan penghapusan kok. Bagaimana caranya? Anda bisa lakukan seperti dibawah ini.

Masuk ke Pengaturan -> Pengaturan Tambahan -> Mengelola Aplikasi -> Temukan Google PlayStore -> Hapus Data

Cara diatas adalah cara untuk menghapus data, sudah terpampang jelas bahwa itu menghapus data ya sob. Kelemahan dalam menghapus data ini hanya satu, yakni history download kamu akan terhapuskan juga. Namun tak berlaku untuk data login, kamu masih tetap lagin kok. Lanjut ke langkah berikutnya.

Buka Pengaturan -> Pengaturan Tambahan -> Mengelola Aplikasi -> Google PlayStore -> Hapus Cache

Ketika anda sudah melakukan pada tahap pertama, maka anda jangan keluar dulu. Pasalnya cara kedua juga hanya mengulangi cara pertama namun pilih menu hapus cache ya. Jika cara diatas kurang manjur, silakan gunakan cara berikutnya.

Memberhentikan Background Apps

Backgournd appa jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Jika anda mendapati hp panas maka ada beberapa background apps yang sedang running. Anda bisa menemukan appsnya menggunakan aplikasi greenify.

Namun biar tidak ribet mengunduhnya, anda bisa mengakalinya dengan cara ini. Pertama buka pengaturan lalu pengaturan tambahan selanjutnya pilih aplikasi yang suka berjalan sendiri. Saya contohkan whatsapp, berarti klik apps tersebut lalu klik menu paksa berhenti.

Bila sudah seperti itu maka dipastikan aplikasi tersebut tak berjalan dilatarbelakang. Jadi akan lebih irit baterai dan penyimpanan RAM anda. Anda bbisa melaukan seperti itu secara bertahap ke aplikasi lainnya. Misalnya instagram, facebook, line, game dan sebagainya. Selanjutnya akan saya bahas lagi jika cara diatas belum bisa mengatasi.

Restart Smartphone

Restart smartphone tak hanya menyegarkan saja, tetapi memulihkan kesehatan aplikasi yang sering kita gunakan. Ketika sudah dimuat ulang dan sudah masuk ke homescreen. Langsung saja buka google playstore, dan rasakan apakah masih berat apa tidak.

Jika masih mengalami layanannya berhenti terus menerus maka lakukan langkah ini. Anda bisa mengulangi langkah muat ulang smartphone jika masih tak bisa menanggulanginya silakan gunakan cara selanjutnya saja.

Update Layanan PlayStore

Kan aplikasi nya tidak bisa dibuka kenapa malah disuruh update? Nah loh, kan masih bisa memanfaatkan internet untuk mencari aplikasi dengan berekstensi .apk, apa sudahnya?. Cukup gampang dan anda bisa melakukannya sendiri. Dengan cara mengetikkan playstore nanti akan muncul beberapa web toko aplikasi layaknya playstore.

Setelah itu instal aplikasi secara manual, pasti kalian disini sudah bisa dan pandai. Selanjutnya anda itnggal masuk ke playstore apakah masih sering berhenti atau sudah sembuh?. Saya anggap sudah sembuh, bagi anda yang belum silakan lanjut pada tahapan dibawah ini.

Perbarui OS Android yang Sudah Usang

Androiid kamu bisa saja sudah usang dan ketinggalan jaman. Jika sudah ketinggalan begini masalahnya ada di kalian. Soalnya kalian males update karena kapasitas unduhnya besar memakan banyak kuota data kalian.

Baca Juga : Cara Mudah Menghemat Memori Internel di Smartphone Android

Masak cuman gitu aja males sob, kan anda masih bisa memanfaatkan wifi disekitar. Atau bisa juga masuk ke wifi id terus beli vouchernya, mudah dan gampang. Jika os anda sudah terbaru maka smartphone kamu yg minta upgrade ke yang baru.

Menggunakan Aplikasi Alternatif

Dan ini sudah yang terakhir dan benar – benar solusi terakhir. Apabila masih mengalami error dan berhenti terus – menerus. Silakan gunakan alternatif aplikasi lain selain google playstore. Kalian bisa menemukannya di internet kok. Sebagai contoh saya akan memberikannya dengan list dibawah.

  • APKpure.
  • Menggunakan store OS, seperti Oppo store, vivo store dan sebagainya. Ini hanya berlaku untuk pengguna hp oppo dan vivo saja.
  • APKmirror.
  • Amazon Appstore.
  • F-Droid.
  • Samsung Galaxy Apps.
  • Apptoide.
  • Dan masih banyak lagi aplikasi – aplikasi lain yang tak kalah lengkapnya dengan play store.

Apabila anda ingin menggunakan alternatif lain itu, anda bisa menemukannya menggunakan penelusuran ya sob. Ketikkan mau toko aplikasi lain yang mana kemudian tinggal pilih website teratas dan unduh. Silakan tunggu hingga prosesnya selesai dan lalu instal manual apknya.

Demikian ulasan singkat saya mengenai Cara Mengatasi Google Play Store Telah Berhenti dan penyebab sering terhenti terus – menerus ini. Jika ada pertanyaan, bisa dilontarkan pada kolom komentar dibawah ini. Nanti saya akan membalasnya dengan segera. Terima kasih sudah meluangkan waktu anda dalam mengatasi permalasahan sayangnya pada layanan google playstore.

Tinggalkan komentar