Penyebab Sinyal Lemah

Penyebab sinyal internet lambat dan lemot merupakan suatu kejadian yang diduga berasal dari pelayanan provider yang kurang mengenakan bagi kita. Terkedang signal di android pun juga merasa sering hilang yang tiba-tiba kemudian muncul lagi dan kembali hilang.Hal tersebut akan membingungkan pengguna jaringan internet seperti saya ini. Mengapa? Karena saya tidak suka dengan koneksi pada jaringan internet di rumah itu lemah dan lambat.

Melambatnya suatu jaringan biasanya lebih di pengaruhi oleh tempat anda berada yang dimana itu tidak dalam jangkauan jaringan apapun.

Baca juga : Menghemat kuota dengan cara efektif

Terus siapa saja hak untuk penyedia koneksi di indonesia ini? Penyedia jaringan yang terkemuka masih di pegang oleh telkomsel, kemudian disusul dengan smartfren, XL, three, axis dan indosat.

Keenam bagian diatas adalah pihak penyedia layanan provider di seluruh indonesia. Namun, saya terkadang heran dengan sistem pelayannya yang kadang sinyal lambat, hilang mendadak ataupun signal malah sering hilang.

Faktor penyebab dari adanya sinyal yang lemah ini yang di antaranya akan saya jabarkan pada postingan kali ini agar sesama pengguna koneksi internet di indonesia ini sama-sama merasakan kepuasaan terhadap layanan jasa provider kartu internet.

Penyebab sinyal di android lemah dan tidak ada

mengetahui penyebab dari sinyal android melemah

Menyadari bahwa internet di hp kita itu melemot, mengapa anda tidak langsung cari solusi lain agar segera melewati masa sinyal yang lambat? Berikut penyebab lambatnya sinyal di smartphone.

1. Diluar Jangkauan Sinyal Internet

Hal ini terjadi bila anda sedang berada di sekitaran pegunungan atau di kawasan pantai. Di tempat situlah anda jarang sekali menemukan internet yang kuat malahan yang di dapat hanya satu sinyal itupun juga sangat lambat.

Baca Juga : Mudah dan Cepat! Cara Dapat Bonstri Poin Hingga Ratusan

Daerah tersebut memang rawan untuk di pakai sebagai tempat penjelajahan internet. Bagaimana tidak ada internet, disitu kan objek wisata, yang namanya objek wisata ya harus di pakai untuk rekreasi bersama orang terdekat dong jangan mainan hp saja.

Tidak hanya di tempat objek wisata saja yang sinyal hp kadang hilang. Tetapi di tempat lain kadang suka hilang walaupun disitu adalah tempat yang strategis untuk jaringan internetnya.

2. Di Dalam Rumah Kadang Internet Melemah

Nah, disinilah yang saya maksudkan. Kenapa di dalam rumah bisa mendadak hilang internet? Padahal sebelumnya ada. Nah itu biasanya disebabkan oleh kerusakan tower jaringan di sekitar anda atau sedang dalam proses pembenahan jaringan.

Tenang saja ketika dirumah kok tiba-tiba internet menghilang dengan sendirinya, itu biasanya hanya melemahnya sistem tower koneksi . Maka dari itu anda harus mengetahui dahulu penyebab sinyal dirumah kok mendadak hilang, jangan langsung bertindak gegabah dengan cara beli kartu internet lain, toh itu belum pasti sinyalnya kuat juga.

3. Listrik di daerah kalian padam.

Kok bisa berdampak ke internet lambat? Bisa dong, jika kamu pengguna kartu internet pasti mengalami hal yang sama seperti saya. Listrik padam, sinyal pun ikut melambat dan lambat juga. Ini disebabkan oleh jaringan internet terputus oleh arus listrik.

Baca juga : Membuat profil instagram menjadi bisnis

Jadi, anda tidak usah risau ketika dalam keadaan ini karena hanya melalui fase listrik padam ini sebentar saja habis itu internet anda bisa kembali kuat lagi dan lancar ketika digunakan.

4. Penangkap sinyal di android melemah.

Jika salah satu penyebab di atas masih belum bisa untuk mengetahui penyebabnya, kemungkinan besar adalah penangkat internet di smartphone kalian itu sudah memiliki kualitas yang buruk.

Jadi, anda harus segera cek dengan cara mencari tempat yang sekiranya koneksi kuat dan mengganti simcard internet dengan yang baru. Jika masih lambat, hp anda harus segera di bawa ke konter terdekat untuk memperbaiki penangkap internet yang lemah.

5. Salah setting access point names

Access point names atau sering disebut dengan APN ini, merupakan suatu pengaturan untuk jaringan yang digunakan. Sebagai contoh APN  untuk pengguna tri ( 3gprs, 3data), telkomsel (telkomsel4g) dan lain sebagainya.

Kesalahan setting APN akan mengakibatkan internet di android juga ikut melemah jika salah menggunakan APN ini. Saya saranin gunakan settingan standar saja jika anda belum mengetahui pengaturan daripada APN di smartphone.

6. Menggunakan jaringan Edge (2G)

Penyebab lemah ini sudah sangat fatal, jika hp anda sudah memiliki jaringan 4G, kenapa malah memilih Edge? Itu sering terjadi jika kalian tadinya bertempat di jaringan internet yang lemot dan langsung ke daerah yang kuat internet.

Baca juga : Kumpulan aplikasi bikin boros paket data

Dan disitulah anda lupa untuk mengatur type jaringan yang akan dipakai saat melakukan chatting atau sekedar baca berita saja.

7. Simcard provider yang buruk

Jika kalian menginginkan internet yang baik, anda juga harus berani mengeluarkan uang yang banyak pula, Agar masalah internet lemot akan teratasi dengan mudah tanpa ribet setting sana sini.

Biasanya ini terjadi di saat internet dari provider mengalami troubleshoting yang bisa berjangka waktu kurang lebih 3 hari.

Penutup.

Sinyal internet lemotakan membuat anda jengkel dengan kartu yang anda pakai. Lepas dari itu semua anda harus mengetahui dahulu mengenai penyebab sinyal hp lemot dan sering hilang mendadak.

Walaupun anda pengguna telkomsel dan digunakan di dalam rumah, tidak menutup kemungkinan untuk melemahnya sinyal di jaringan android kita. Maka dari itu saya buat postingan penyebab sinyal lemah, suka hilang sendiri dan mendadak koneksi internet lambat di hp android kita.

2 KOMENTAR

  1. Dr segala upaya sdh di upayakan agar sinyal bagus, dr ganti provider smpe tiap menit restart hp tetep sinyal di dlm rmh hilang, apalagi solusi’a ya ? Saya tinggal di daerah maja lebak banten

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini