Penyebab Keyboard Laptop Rusak

Penyebab keyboard laptop rusak pasti belum banyak yang mengetahuinya. Daripada anda kebingungan dalam mencari sebuah solusi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. Langkah baiknya bila anda membaca ulasan yang akan saya berikan mengenai keyboard rusak.

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan ulasan mengenai keyboard yang tidak berfungsi di sebagian huruf, nomor dan tombol key lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa keyboard adalah komponen utama yang harus dimiliki oleh perangkat elektronik seperti laptop, komputer dan smartphone.

Tak jarang saya menemukan masalah seperti keyboard laptop rusak kerana anda tidak mengetahui cara nerapin langkah – langkah yang sudah diberikan di internet. Fungsi keyboard pun anda pasti sudah mengerti yakni untuk mengetik dan memasukan simbol – simbol tertentu.

Laptop mempunyai operasi systemnya masing masing. Bila anda menggunakan notebook keluaran apple maka OS nya akan bernama macintosh. jika pengguna laptop sebagian besar indonesia adalah windows 7, windows 8 dan windows 10.

Bila anda menemukan masalah yang belum menemukan solusinya mungkin ulasan ini dapat meringankan beban anda. Saya sudah melakukan riset bahwa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi itu masalahnya pada diri anda sendiri. Lantas apa saja yang membuat keyboard ini rusak?. Mari kita simak dengan ulasan yang akan saya berikan untuk anda.

Cara Mengetahui Rusak Tidaknya Keyboard Pada Laptop

Kenapa saya menjelaskan hal seperti ini beserta solusi cara mengatasi keyboard error?. Jika diperhatikan, masih banyak orang yang memerlukan bantuan namanya. Dan juga orang indonesia seperti saya, masih butuh asupan dari orang lain. Supaya keyboard laptop tidak berfungsi bisa segera ditangani, anda harus mengetahui dulu penyebab dari kerusakan tersebut.

Mengetahui rusak tidaknya keyboard pada laptop tidak semuanya benar juga. Orang ini adalah opini dari orang juga jadi masih bisa jadi bahan pertimbangan untuk tahu ciri keyboard laptop yang rusak. Adapun penyebab yang harus anda tahu sebagai berikut ini.

Penyebab Rusak nya Keyboard Beserta Solusi

Masih banyak orang yang belum tahu loh apa saja sih penyebabnya. Mungkin ulasan dibawah ini dapat membantu anda sebelum melakukan perbaikan keyboard laptop. Ingat, opini ini hanya menjadi bahan pertimbangan anda saja. Berikut ulasannya akan saya berikan melalui pemaparan dibawah ini.

Keyboard Kemasukan Debu

Penyebab pertama ini bisa dibilang kesalahan fatal yang dilakukan oleh anda. Kerana bisa saya sebutkan seperti itu adalah anda harus pintar – pintar memilih tempat penyimpanan laptop agar keyboard laptop tidak berfungsi itu bisa tidak anda temui.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop dengan Baik

Kenapa saya menyalahkan diri anda? Pada dasarnya anda itu harus mengetahui dulu apakah atas rumah anda ada platform atau tidak. Bila tidak terdapat platform maka anda harus menyimpannya dengan posisi laptop tertutup.

Bila anda sebelumnya menyimpan laptop dalam kondisi layar terbuka maka debu gampang banget masuk ke dalam sela – sela laptop. Jika anda perhatikan, di sekeliling tombol keyboard terdapat lubang kecil kan.

Nah itu adalah rongga agar papan ketik anda bisa digunakan dengan nyaman. Agar terhindar dari debu masuk, cara mengatasi keyboard rusak pada laptop dengan cara menutup layar. Bisa juga anda membeli plastik pembungkus keyboard laptop. Bisa anda temukan di toko aksesoris laptop atau online shop.

Papan Ketik Jarang Dibersihkan

Langkah kedua penyebab keyboard laptop tidak berfungsi. Ketika papan ketik anda sudah kemasukan debu seperti pemarapan diatas. Mungkin anda perlu membersihkan debu tersebut sekurang – kurangnya seminggu sekali. Jika anda lupa membersihkan, maka debu yang ada di dalam keyboard akan menumpuk yang mengakibatkan keyboard sudah tidak empuk lagi.

Kenapa seperti itu? Karena penumpukan debu tersebut mengakibatkan keyboard tidak nyaman saat digunakan. Debu tersebut kan bersifat ringan, partikelnya pun juga gampang berpindah tempat seiring dengan adanya angin dari mesin ketik.

Anda memang tidak sadar bahwa ketika anda mengetik akan menimbulkan hembusan angin kecil. Nah hembusan tersebut akan menggeser partikel debu masuk ke celah yang tidak terkena angin. Biasanya celah tersebut dibawah keyboard langsung. Jadi, udah pindah dari sebelumnya masuk melalui rongga tombol papan ketik kemudian masuk ke bawah tombol.

Baca Juga : Penyebab Komputer Hang dan Not Responding

Ketika sudah masuk ke bawah tombol ini anda harus membersihkan debu tersebut dengan cara membongkar penutup bagian belakang laptop. Bila laptop anda masih bergaransi, saran saya bawa saja ke service centernya. Buat apa? Guna anda mendapatkan pelayanan terbaik dalam memperbaiki keyboard rusak di laptop .

Penekanan Tombol Secara Over

Saat anda sedang membuat tugas bisa dibilang tugas deadline. Maka anda akan menggunakan papan ketik secara cepat dan kasar. Tak hanya itu saja, anda akan menekan secara keras ketika menggunakan mesin ketik dalam kecepatan penuh.

Saya sendiri juga masih suka begitu bila ide dalam pikiran masih ada maka tangan saya tidak bisa berhenti mengetik dengan keras dan kasar. Jika anda dikejar deadline, alangkah baiknya jika mengetiklah dengan sabar dan perlahan. Guna mengurangi riskan terhadap keyboard pada laptop yang anda gunakan.

Toh anda masih ingin menggunakan laptop tersebut untuk jangka panjang bukan. Jadi, rawatlah keyboard anda agar tidak mengalami kerusakan. Bila sudah begitu cara mengembalikan keyboard laptop yang tidak berfungsi tidak akan fatal.

Bila anda masih menggunakan cara kasar seperti itu, untuk kedepannya tidak baik. Malahan keyboard harus minta ganti baru dengan harga yang tak murah. Sebaiknya anda menggunakan keyboard laptop secara perlahan – lahan saja karena ini bukan keyboard komputer yang berbeda kekuatannya.

Baca Juga : Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli SSD

Keyboard laptop di desain dalam bentuk ramping dan tombolnya tak sekeras keyboard komputer. Jadi jangan terlalu menekan tombol pada laptop dengan keras dan menekan secara kasar. Bila anda mau merawat keyboard laptop maka ikuti tips yang saya berikan diatas.

Menekan Tombol Shortcut Sembarangan

Jangan sampai anda menekan shortcut keyboard secara sembarangan. Kombinasi shortcut ini memang menjadi salah satu alternatif untuk membuka menu – menu yang ada di laptop anda.

Misal shortcut yang sering digunakan adalah shortcut untuk membuka aplikasi Task Manager. Ketika anda membukanya, maka anda akan mengkombinasikan ketiga tombol seperti CTRL, SHIFT dan ECS.

Bila anda menekan secara sembarangan dan tidak memperhatikan fungsi shortcut apa yang sedang anda tekan. Maka akan menyebabkan tombol keyboard laptop tidak bisa sebagian mungkin keseluruhan huruf dan simbol dapat tidak memiliki fungsi.

Menekan Tombol Acak

Tombol laptop memang rasanya enak ketimbang keyboard komputer. Namun apaboleh anda menekannya secara acak dan sembarang?. Jangan sampai anda melakukan hal seperti itu karena papan ketik itu fungsinya buat mengetik bukan untuk main – main.

Jika anda merasa bahwa papan ketik laptop anda rusak, bisa saja anda melakukan kesalahan ini. Sebelumnya anda bisa mengetahui siapa yang menekan tombol keyboard secara acak dan sembarangan. Bila pelakunya anda sendiri, berarti yang bertanggung jawab juga anda seorang.

Mengenai solusinya, anda bisa membawanya ke tukang servis. Disana bakal dicek tuh apakah keyboardnya ada yang tenggelam sebagian, tidak bisa ditekan, dan mengalami tidak mempunyai fungsi sebagai mesin ketik.

Colokan Keyboard ke Motherboard Kendor

Mungkin penyebab keyboard laptop rusak adalah kabel yang menyambungkan hardware dari keyboard menuju motherboard mengalami kerusakan. Bisa terjadi bila anda melakukan kesalahan seperti menekan tombol terlalu keras atau laptop kena guncangan saat anda bawa berpergian.

Pastikan kabel yang menyambungkan antara dua komponen tersebut tersambung dengan baik. Jangan sampai kendor biar bisa berfungsi kembali papan ketiknya.

Apabila anda sudah mengeceknya dan tidak terjadi apa – apa mungkin ada masalah pada kabelnya. Saya rasa kabel yang menyambungkan kedua komponen tersebut mengalami rusak dibagian dalam. Jadi, anda harus mencari kabel baru untuk menyambungkannya.

Ulasan ini akan segera berakhir karena sudah saya sebutkan mengenai penyebab – penyebab keyboard pada laptop rusak tidak berfungsi sebagian. Sekedar mengingatkan bahwa jenis apapun laptop nya pasti ada penyebabnya. Jenis dan merek laptop itu bervarian juga. Apa saja merek laptop itu? acer, lenovo, asus, samsung dan sebagainya.

Apabila anda ingin menanyakan sesuatu mengenai perihal diatas. Bisa kok memberikan komentar melalui kolom dibawah artikel ini. Supaya anda mendapatkan solusi terbaik dalam menangani kasus ini.

Demikian ulasan yang dapat saya berikan mengenai penyebab keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. Dengan begitu anda akan mendapatkan pengetahuan tentang penyebab – penyebab papan ketik mengalami kerusakan. Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk membaca pemaparan yang saya berikan.

Tinggalkan komentar