Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Migrasi Blogspot ke WordPress

kisah pengalaman saya pindah platform blogspot ke wordpress self hosted

Pada ulasan ini saya tidak menargetkan ulasan ini masuk ke halaman pertama google. Karena saya hanya ingin berbagi pengalaman saya dalam dunia blogging ini. Pada tahun sebelumnya, website yang saya kelola seorang ini masih menggunakan platform blogger alias blogspot.

Dimana pada platform tersebut masih banyak kendala dan keuntungan menggunakan platform blogspot. Tak sedikit dari apa yang saya dapatkan pada platform sebelumnya yaitu blogspot.

Saya mendapatkan banyak ilmu – ilmu dunia pembloggeran yakni bisa dikatakan adalah ilmu SEO basic. Sempat waktu dulu saya mempunyai ebook – ebook untuk belajar blogger untuk pemula.

Sampai sekarang saya masih membutuhkan ebook tersebut hanya untuk panduan basicnya saja. Proses migrasi ini saya lakukan atas dasar bukan karena saya membenci platform blogspot.

Anda tau juga kan, di blogspot hanya itu – itu saja memainkan SEO nya. Saya tidak akan membahas mengenai apa itu seo, bagaimana menulis artikel seo.

Tidak akan sob, soalnya ulasan ini hanya saya peruntukan untuk anda yang ingin migrasi dari blogspot ke wordpress. Langkah pertama yang harus anda lakukan dan persiapkan adalah konsep matang kedepannya mau kayak gimana.

Persiapan Awal Migrasi

Saya sempat berpikiran bahwa migrasi ini akan menguras banyak tenaga karena saya tidak begitu familiar dengan namanya cpanel. Dengan adanya cpanel itu kan wordpress kita bisa kita kelola sendiri dibagian installasi wordpress pada hosting melalui cpanel.

Mengenai ulasan persiapan awal, saya sudah memiliki rencana migrasi blogspot ke wordpress ini sejak saya masih duduk di bangku SMK kelas 12 semester awal kalau ngga salah.

Semenjak itu saya memikirkan matang matang konsep apa yang akan saya lakukan setelah migrasi nanti. Sebenarnya saya ingin migrasi itu selepas seminggu setelah saya mimikirkan konsep.

Entah apa yang menjadi kendalanya, saya suka mengulur – ulur waktu untuk proses migrate ke wordpress.

Mungkin masih banyak yang perlu saya matangkan dulu (namun entah apa itu).

Jadi, kesimpulannya disini anda harus memiliki pemikiran matang dan terkonsep. Buat anda yang ingin pindah ke platform WP, pastikan mempunyai konsep ya jangan sampai salah ambil langkah karena tidak terkonsep dan hanya memikirkan bahwa main wordpress itu gampang.

Memilih Hosting yang Tepat

Pada bulan ramadhan kemarin tepatnya bulan Mei, saya sudah mempunyai rencana untuk segera pindah dan pada bulan itu saya benar – benar pindah dari blogspot ke wordpress self hosted.

Setelah itu saya mencari – cari mau pakai layanan hosting yang mana yang ingin saya gunakan untuk website saya ini.

Jadi, intinya anda harus menanyakan spesifikasinya untuk web yang mempunyai kriteria visitor via google analytic ke customer services nya ya.

Anda bisa memilih layanan hosting dimana saja dan yang paling recommeded adalah sebagai berikut ini.

  • Niagahoster.
  • Idcloudhost
  • Hostinger
  • Domainesia
  • Gapurahoster
  • Dewaweb

Itulah beberapa rekomendasi dari saya untuk layanan hosting indonesia saja. Jadi, kenapa saya tidak menyarankan memilih layanan hosting dari luar negeri saja?.

Saya disini memiliki konsep cerita sebagai pemula migrate. Jadi, sebagai pemula pasti tidak akan mempunyai kartu VCC untuk membayar ke layanan hosting luar.

Namun ada juga kok jasa yang menawarkan pembayaran menggunakan paypal tersebut, namun anda harus merogoh kocek dua kali untuk membayar jasa dan membayar hosting yang ingin anda pakai.

Saatnya Pindah ke WordPress Self Hosted

Pada saat saya pindah, saya menanyakan ke customer services layanan hosting tersebut. Anda bisa menanyakan hal yang sama seperti saya lakukan ke customer servis layanan hosting yang saya gunakan. Pertanyaan nya seperti ini:

Apakah proses migrasi ini bisa diatur permalinknya sesuai dengan permalink lama alias permalink milik blogspot dulu?.

Nah apabila jawabannya iya, keberuntungan berpihak padamu. Karena saya juga bisa mendapatkan jawaban iya ini juga kok, jadi saya tenang – tenang saja index dan SEO artikel tidak akan kehilangan sedikit pun.

Setelah itu anda disuruh untuk backup konten di blogspot anda. Lakukan backup segera agar cs tidak kelamaan menunggu. Habis itu anda kirimkan ke CS hasil backup tadi.

Kemudian tinggal tunggu saja proses migrasi yang dilakukan cs layanan hosting tersebut. Anda tinggal menunggu kabar darinya bahwa proses migrasi sudah berhasil dilakukan.

Beli Template Anti Nulled

Kebanyakan blogger pemula yang sudah migrasi ingin websitenya ditampilkan dengan tampilan wajah menarik dan enak dipandang. Dengan iming – iming theme wordpress premium gratis, pasti langsung di embat.

Jangan dulu ya, soalnya memilih theme di wordpress itu berbeda dengan blogger. Anda harus mewasdai bahwa ada virusnya atau tidak dengan cara menscannya di situs virustotal.com.

Bila ditemukan virus maka tema tersebut nulled alias bajakan yang sengaja di masukan ke dalam tema tersebut untuk memasukan virus ke dalam hosting anda. Kalau virus tersebut menyebar kemana – mana, wordpress dan hosting anda akan hangus dan website tidak akan tampil di search engine.

Kapan Waktunya Pindah Permalink WordPress?

Pasti kalian menunggu bukan waktu kapan yang tepat untuk mengubah permalink sesuai dengan defaultnya wordpress?. Jadi, saya dulu mengubahnya sehabis migrasi lebih dari sebulan.

Setelah satu bulan migrasi, anda boleh mengganti permalink blogspot ke permalink wordpress. Namun, anda harus memiliki trik untuk mengganti permalink tersebut agar visitor dan SEO artikel tidak ancur.

Trik tersebut adalah menggunakan plugin redirect. Itu saja klu yang dapat saya berikan untuk anda. Bila ingin mendapatkan klu – klu lainnya bisa tanyakan saya melalui form kontak dibawah ya.

Kelemahan Menggunakan WordPress

Adapun kelamahan ketika saya menggunakan wordpress untuk mengelola brand saya atau website ini. jadi, setiap platform pasti mempunyai namanya kelemahan yang ditimbulkan, berikut kelemahan penggunaan wordpress.

  • Harga hosting akan semakin naik ketika peforma dan visitor anda semakin tinggi.
  • Banyak theme dan plugin premium yang harus rogoh kocek.
  • Sering down ketika hosting anda kelebihan beban.

Kelebihan Menggunakan WordPress

Akan lebih banyak kelebihan ketimbang kelemahan dari yang ditimbukan ketika kita menggunakan wordpress. Apa saja kelebihan wordpress?.

  • Website akan lebih terlihat profesional.
  • Mendapatkan banyak komentar di artikel kita.
  • Optimasi SEO dan optimasi kecepatan website lebih enak ketimbang blogspot.
  • Memiliki akses sepenuhnya di tangan kita.
  • Pemula bisa merasakan edit tema sendiri menggunakan bantuan plugin – plugin.

Sejatinya, keunggulan wordpress ketimbang blogspot adalah di plugin. Karena dengan ada nya plugin ini kita dimudahkan dalam pengoperasian website kita.

Namun perlu anda ketahui, jumlah penggunaan plugin itu sebisa mungkin kurang dari 7 plugin. Jangan banyak banyak, bila kebanyakan kecepatan website akan melambat dan kapasitas penyimpanan hosting akan membengkak.

Lantas bagaimana sob, apakah anda siap untuk migrasi sekarang??. Bila anda sudah siap, silakan langsung cus saja beli hosting sesuai dengan kriteria website anda.

Demikian ulasan yang membahas mengenai pengalaman saya dalam migrasi wordpress. Mungkin salah satu pembaca disini juga tertarin dengan layanan wordpress dengan fitur dan keunggulan yang lebih ketimbang blogspot.

karena anda mampu mengebangkan bisnis di wordpress ketimbang blogspot. Bukannya blogspot dipandang sebelah mata, namun wordpress sudah diakui banyak orang karena tampilannya menarik dan bersih.

Terlebih lagi banyak orang yang mempercayai wordpress sebagai platform terbaik. Blogspot hanya untuk hobi menulis saja, untuk itu anda mantapkan terlebih dahulu niat anda untuk memasuki dunia baru yaitu wordpress.

Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Syarat Google Adsense

Rama Angriawan
6 min read

Teknik Copywriting

Raka
2 min read

Aplikasi Copywriting

Rama Angriawan
4 min read