Cara Mengubah Bahasa Akun Google di Laptop dan Android

Cara mengubah bahasa akun google/ gmail. Email anda berbahasa inggris yaitu bahasa default google itu sendiri? Mungkin anda memerlukan panduan untuk merubah bah asa gmail ke bahasa indonesia dengan mudah.

Akan ada dua trik dalam tutorial kali ini yakni di android / smartphone dan di laptop. Biar semuanya merasakan kalau saya hanya memberikan tutorial di salah satu perangkat pasti akan kesulitan soalnya tampilan laman mobile dan desktop itu berbeda.

Cara mengganti bahasa inggris ke indonesia gmail akan mempengaruhi semua fitur google anda termasuk blogger, maps, ok google, bisnisku, youtube, berita, kontak, drive, kalender, foto, belanja dan lain sebagainya.

Semua hal itu akan berganti bahasa bilamana anda mengaktifkan bahasa mana yang ingin kamu rubah. Kebetulan saya kemarin mempunyai gmail baru dimana kalau baru itu pasti tampilan nya akan berbahasa indonesia. Nah saya bingung nih mau merubah nya bagaimana mengingat user interface google terbaru sekarang udah berbeda dari tahun sebelumnya.

Tampilan pengaturan akun pun udah lebih profesional, lebih ke warna dasar yang membuat mata kita tidak cepat capek untuk melihatnya. Apakah kita bisa tahu dimana letak pengubah bahasa di akun google terbaru?.

Baca Juga : Menghafal Shortcut Microsoft Yuk, Ada Word, Powerpoint, Excel dan Outlook

Sebelumnya anda bisa mengetahui dulu tentang apa itu pengaturan akun. Pengaturan akun adalah sebuah media dimana kita bisa mengubah info pribadi, data & personalisasi, keamanan, orang & berbagi, pembayaran & langganan.

Pada layanan ini anda bisa mengubah sesuka hati mau mengubah info pribadi seperti password, nama, alamat dan sebagainya. Anda bisa memilih secara acak. Nah kalau sudah tahu mengenai fitur akun google, mari kita langsung menuju ke tutorial nya.

Cara Mengganti Bahasa Akun Google Terbaru

Trik yang saya bagikan ini tidak memakai aplikasi tambahasan alias tanpa aplikasi. Kenapa? Soalnya saya hanya menggunakan browser bawaan seperti chrome, bawaan hp, uc browser, puffin browser dan lain sebagainya. Selebihnya anda bisa memilih mau pakai browser yang mana.

1. Mengganti Bahasa Menggunakan PC/ Laptop

Cara yang pertama ini saya menggunakan laptop terlebih dulu agar pengguna laptop bisa saya dulukan soalnya lebih mudah memakai laptop, tidak ribet dan pastinya sangat praktis, berikut tutorial merubah nya.

Pertama, siapkan laptop kamu dan baterai sudah cukup terisi. Buka browser apapun kalau saya memakai google chrome. Sudah terbuka? Silakan masuk melalui link ini : https://myaccount.google.com nanti tampilannya akan sama seperti dibawah.

mengganti bahasa inggris gmail ke indonesia

Kedua, silakan login menggunakan akun gmail kamu ya. Pakailah akun asli kamu disini tidak ada penipuan sedikit pun jadi dipastikan akun kamu tetap aman.

masuk akun google

Ketiga, arahkan kursos anda ke bagian menu – menunya, menu tersebut bisa anda temukan di bagian sebelah kiri. Klik menu Data & Personalisation.

klik pada Data & Personalisation

Keempat, kemudian akan ada tampilan baru yang kamu lakukan tinggal scroll kebawah hingga menemukan menu General preferences for the web -> Klik Icon pada Language yang sudah saya beri tanda kotak merah tersebut.

mengubah bahasa gmail

Kelima, pilih bahasa sesuka hati kamu, kalau saya ingin merubah nya ke tampilan bahasa indonesia saja biar mudah dipahami orang awam seperti saya. Anda bisa klik icon pensil.

Baca Juga : Cara Mengubah Nama User Pada Windows 10, Sangat Mudah dan Permanen

mengganti bahasa inggris email ke bahasa indonesia

Keenam, akan muncul jendela popup dimana kamu akan merubah bahasa, silakan ketikkan indonesia kemudian klik Indonesia lalu klik Select. Nanti akan otomatis refresh sendiri lamannya untuk memperlihatkan apakah udah berubah bahasa atau belum.

pilih bahasa indonesia dari sebelumnya bahasa inggris

Ketujuh, silakan cek sendiri dimanapun, anda bisa membuka gmail, youtube, blogger dan sebagainya untuk mengetahui apakah sudah berhasil mengubah nya atau belum. Enjoy!

2. Cara Mengubah Bahasa di Android

Cara kedua ini memang sangat umum sekali mungkin tidak akan saya jabarkan panjang kali lebar kok soalnya udah pada pinter semuanya. Silakan simak tutorial berikut ini dalam mengganti bahasa.

Pertama, buka smarphone kamu kemudian pilihlah brower kesukaan kamu kalau disini saya memakai puffin browser karena speed browsing jauh lebih cepat ketimbang browser bawaan.

Kedua, setelah itu masukkan link berikut ini https://myaccount.google.com di bar pencarian browser kamu lalu klik enter akan muncul tampilan baru atau bisa klik saja link diatas.. Kemudian anda bisa klik masuk untuk segera login.

masuk dan ubah bahasa nya

Ketiga, setelah login selesai anda akan dihapkan seperti ini silakan pilih Data & Personalisation, usap kebawah hingga menemukan General Preference fo the Web -> Klik Language.

Baca Juga : Cara Download Buku di Google Book Gratis

pilih menu General Preference fo the Web

Keempat, seperti ini tampilannya kemudian anda bisa klik Ikon Pensil di sebelah kanan language -> ketikan indonesia > Klik indonesia -> Klik select.

mengganti bahasa di setelah akun google

Kelima, setelah itu laman akan termuat sendiri dimana laman tersebut akan mengubah otomatis dari bahasa inggris ke bahasa indonesia sesuai pilihan kamu tadi di akun Google.

Apakah anda sudah paham mengenai cara ini? kalau belum silakan beri masukkan anda tentang artikel ini di kolom komentar bawah supaya saya bisa memberikan tutorial nya lebih mendetail lagi dan pastinya anda tidak akan merasa susah ketika ingin merubah bahasa.

Apakah Bisa Diubah Ke Lain Bahasa Indonesia?

Pastinya bisa dong, anda dapat melihat tampilan bahasa dari berbagai macam negara. Jika anda mampu menggunakan bahasa daerah manapun maka diperbolehkan.

Bisakah Dikembalikan ke Bahasa Asli?

Bisa banget, bahasa asli akun google itu berupa bahasa inggris. Namun sekarang kan sudah ada google indonesia jadi default nya sudah berubah menjadi indonesia juga.

Apakah Semua Layanan Akan Berganti Bahasa?

Itu semua jelas dong, sekali ganti bahasa maka semua layanan dari google akan tergantikan.

Penutup

Demikian ulasan singkat saya mengenai tutorial menarik, dengan begitu anda sudah bisa mengganti bahasa default (inggris) ke indonesia agar mudah dipahami. Terima kasih sudah membaca ulasan tentang cara mengubah bahasa akun google dengan mudah di laptop dan android terbaru.

Tinggalkan komentar