Cara Mengirim Gambar WhatsApp Tanpa Mengurangi Resolusi dan Kualitas

Cara mengirim gambar dengan kualitas tetap di whatsapp. Sekarang masih jamannya menggunakan WhatsApp untuk berkirim sebuah media, entah itu foto, dokumen, video, musik dan sebagainya. Tak disangka bahwa dengan adanya fitur kirim gambar dapat mengurangi resolusi gambar loh, sampai – sampai gambarnya memiliki kualitas tidak HD atau resolusinya di kompres hingga ukuran kecil.

WhatsApp adalah aplikasi media sosial dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Anda bisa melihatnya sendiri melalui Google Play Store. Aplikasi ini telah di download lebih dari 1 miliar pengguna smartphone melalui Play Store.

Tentu jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna Smartphone setiap harinya. Aplikasi media sosial yang sangat ringan ketika dijalankan dan tampilah aplikasi sederhana, namun tetap keran.

Warnanya yang hijau menambah keindahan dari aplikasi ini. selain itu yang menarik dari aplikasi ini adalah kita tidak membutuhkan kuota internet yang banyak untuk bisa mengirim pesan dan segala aktivitas di sana. Menggunakan aplikasi WhatsApp dan membuat Anda lebih hemat dana. Karena Anda dapat membeli kuota internet bulanan dengan harga yang murah.

Dengan demikian Anda bisa mengirim pesan, menelepon dan video call serta mengupadet status, banyak hal yang dapat Anda lalukan. Oleh karena itu saat ini orang lebih memilih membeli paket internet dari pada penggunaan pulas untuk mengirim pesan dan telepon.

Selain itu, saat ini banyak sekali kartu seluler yang menggratiskan para penggunanya untuk bisa mengirim pesan dan menelepon via WhatsApp. Tentu ini akan membuat Anda semakin irit dalam dana.

Selain  mengirim pesan aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk mengirim file gambar, video, dokumen berupa format pdf, doc, dan lain sebagainya. Hal yang paling sering dilakukan adalah mengirim gambar kepada teman atau ke dalam grup.

Terkadang ada foto yang sangat penting dan merupakan momen kebersamaan antara Anda dan teman, pacar ataupun keluarga yang ingin dicetak. Kemudian Anda meminta teman Anda mengirim file tersebut melalui WhatsApp. Setelah Anda lihat ternyata foto tersebut pecah dan tidak bagus untuk dicetak.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kolom Komentar di Instagram Feed, Udah Coba Belum?

Kenapa hal ini bisa terjadi, tentu saja dikarenakan teman Anda yang mengirim file melalui menu galeri. Karena menu ini akan mengurangi kualitas foto secara langsung setiap file gambar yang dikirim.

Lantas apa yang harus Anda lakukan? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial agar kirim gambar dengan kualitas tetap dan bagus tanpa di kompres. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Cara Kirim Foto Di WhatsApp Tanpa Mengurangi Kualitas Aslinya

Resolusi rendah itu disebabkan karena adanya fitur kompres foto pada aplikasi WhatsApp. Mungkin tim developernya mau menciptakan kenyamanan bagi penggunanya untuk berkirim gambar. Kata siapa kalau mengirim gambar/ foto melalui pesan WhatsApp tidak HD?.

Gambarnya menurun sedikit sob, nah untuk mengatasi gambar pecah tersebut saya akan membagikan tips menarik kirim gambar dengan kualitas yang tetap, berikut ulasan nya untuk sobat.

1. Siapkan File Gambar yang ingin dikirim
2. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih teman Anda yang ingin dikirimkan gambar tersebut
3. Klik “Limpirkan File” untuk mengirim gambar atau icon seperti gambar klip pada bagian bahwa pesan.
4. Silahkan kirim gambar menggunakan menu “Dokumen”. Hal ini bertujuan agar gambar tidak di kompres. Beda halnya jika Anda mengirim gambar menggunakan menu “galeri”, gambar tersebut akan secara otomatis di kompres. Karena fitur WhatsApp yang memiliki kemampuan untuk mengompres gambar.

mengirim gambar di whatsapp agar tidak pecah

5. Klik “Lihat Dokumen Lain”. Dengan demikian maka Anda dapat melihat semua folder yang ada di memori internal ataupun eksternal.
6. Cari folder tempat Anda menyimpan file gambar.
7. Jika sudah ketemu, silahkan pilih gambar tersebut. Jika ada lebih dari satu gambar silahkan klik tahan salah satu gambar, maka Anda bisa menyeleksi beberapa file gambar.
8. Terakhir silahkan kirim file gambar tersebut.
9. Selesai.

Kelebihan Mengirim File Gambar Menggunakan Menu “Dokumen”

Memilih untuk mengirim gambar melalui menu dokumen adalah cara tepat yang dapat Anda lakukan untuk mengirim gambar. Hal ini dikarenakan setiap file apa pun yang dikirim menggunakan menu ini maka file tersebut tidak akan di kompres oleh aplikasi WhatsApp. Sehingga resolusi dan kualitas setiap file yang dikirim melalui menu ini akan sama dengan kualitas dan resolusi dari file asli.

Baca Juga : Cara Mengetahui Berapa Orang yang Simpan Postingan (Feed) di Instagram

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda. Terutama jika file gambar tersebut sangat penting atau merupakan foto momen terbaik Anda dengan pasangan, teman ataupun sanak saudara.

Tentu Anda tidak ingin gambar tersebut blur ketika sampai ke Anda. Hal ini tentu saja menyebabkan kualitas gambar ketika di print akan tidak HD. Dengan memanfaatkan menu dokumen, maka Anda tidak perlu khawatir.

Kemampuan ataupun kelebihan dari menu ini tentu membuat Anda puas akan kinerjanya. Jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot mengirim file gambar menggunakan email ataupun lainya. Karena dengan Aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan sehari-hari telah mampu menjaga kualitas file gambar.

Kekurangan Mengirim File Gambar melalui menu “Dokumen” WhatsApp

Karena mengirim file gambar menggunakan menu dokumen pada WhatsApp adalah Anda memerlukan kuota yang cukup besar dan sama besarnya dengan ukuran file yang Anda kirim. Hal ini dikarenakan kualitas, resolusi dan ukuran file yang tetap ketika dikirim.

Artinya ketika Anda mengirim file gambar dengan ukuran 1 GB (Banyak Foto) maka Anda membutuhkan kuota sebanyak itu pula. Artinya dari segi ukuran file, mengirim file gambar melalui WhatsApp sama saja dengan mengirim file melalui email ataupun cara mengirim file secara Online lainnya. Namun, kecepatan mengirim file menggunakan WhatsApp terbilang cepat. Ditambah lagi ketika kecepatan internet Anda yang sangat cepat.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Status WhatsApp Orang Lain Tanpa RIbet

Kelebihan dan Kekurangan Mengirim File Gambar Menggunakan Menu “Galeri” WhatsApp

Selain membahas kelebihan dan kekurangan mengirim file gambar melalui menu Dokumen tentu tidak akan lengkap jika saya tidak membahas juga kelebihan dan kekurangan mengirim file gambar melalui menu Galeri WhatsApp secara lebih rinci. Kelebihan mengirim file menggunakan menu galeri WhatsApp adalah Anda membutuhkan kuota internet yang tidak besar.

Walaupun file gambar yang Anda kirim sangat banyak dan kecepatan pengiriman file tentu akan lebih cepat lagi. Hal ini dikarenakan fitur kompres yang di siapkan oleh pembuat Aplikasi WhatsApp. Setiap file gambar yang dikirim melalui menu galeri akan dikompres terlebih dahulu secara maksimal kemudian di kirim.

Tentu ini akan berdampak kepada kualitas gambar yang akan dikirim. Dimana kualitas dan resolusi gambar hasil kompres menjadi berkurang dan menyebabkan file foto menjadi blur ketika dicetak.

Itulah artikel tentang Cara Mengirim Gambar Ke WhatsApp Tanpa Mengurangi Resolusi dan Kualitas. Tentu cara ini sangat mudah untuk Anda lakukan sendiri. Jadi silahkan Anda mencoba untuk memperaktekkannya sendiri.

Silahkan coba kirim sebuah gambar kepada teman Anda kemudian lihat ukuran file dan resolusi gambar ketika mengirim menggunakan menu dokumen dan galeri.

Tentu saja kualitas dan resolusi gambar yang dikirim melalui menu dokumen sangat bagus. Anda bisa mencoba dengan cara Zoom gambar tersebut.

Kemudian lihat apakah gambar tersebut tetap HD atau tidak. Hal ini juga tentu di dukung dengan kualitas kamera yang Anda gunakan. Jika Anda mengambil foto dengan kamera yang bagus, maka bagus juga hasilnya dan begitu juga sebaliknya.

Artinya mengirim file menggunakan dokumen WhatsApp akan mengirim file sesuai dengan gambar aslinya tanpa berkurang. Cara ini telah saya buktikan sendiri, tinggal Anda mencobanya.

Sobat dapat menemukan tips dan trik android atau komputer dan laptop melelalui situs Gammafisblog. Oke mungkin itu saja dari saya kali ini terima kasih telah membaca artikel saya dalam cara kirim gambar dengan kualitas tetap (resolusi berkurang) terbaru 2019.

Tinggalkan komentar