moglogger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Bagaimana Cara Menghilangkan Talkback di Android?

3 min read

menghilangkan talkback pada android

Menghilangkan talkback di smartphone android – Talkback merupakan fitur yang dikeluarkan Google untuk memberikan layanan kepada orang penyandang disabilitas mata. Maksunya orang yang mempunyai gangguan mata ingin menggunakan smartphone, maka bisa memanfaatkan fitur talkback. Seperti yang kita tahu, bahwa fitur ini sangat berguna untuk penyandang buta mata.

Namun tak sedikit dari kita yang masih normal matanya, ingin menghilangkan talkback supaya tidak mengganggu saat kita menyentuh layar smarthone. Untuk menonaktifkan talkback ini pun disetiap hp berbeda – beda.

Misal androia seperti vivo, oppo (a3s, a7, a37, a37f), smartfren andromax, xiaomi redmi, lenovo, asus, samsung (j2 prime, s10 dan sebagainya). Dari tipe yang saya bawa ini adalah oppo a37f, xiaomi redmi 2, dan a7 bisa sama dengan hp oppo keluaran terbaru. Oppo terbaru ini bisa dikatakan seperti a3s, a5s dan saudara – saudaranya.

Menonaktifkan talkback pada semua perangkat ini wajib anda sesuaikan dengan perangkat apa yg anda miliki. Soalnya jika saya bahas semua merk dan tipe hp nya maka tak akan selesai – selesai. Mengingat jumlah hp di indonesia juga hampir sama dengan jumlah penduduknya.

Maka dari itu saya sarankan bagi anda yang ingin menghilangkan talkback pada android untuk menyesuaikan dengan tutorial yg saya berikan. Kita lanjut ke inti permasalahan kita yakni mematikan talkback.

Baca Juga : Cara Menampilkan Subtitle pada HP Oppo Terbaru

Bagi orang normal, talkback tidak berfungsi sama sekali malah bikin orang kesel dengan suara lisan yg ditimbulkan dari hp android. Oleh karena itu, anda ingin mematikan talkback nya agar tidak mengganggu aktivitas kalian. Dibawah ini akan saya berikan ulasannya menurut tipe hp yg saya miliki.

Cara Menghilangkan Talkback di Smartphone Android

Apabila anda ingin menggunakan talkback ini hanya untuk sekedar iseng. Boleh saja soalnya anda juga diberi cara mematikan talkback sekaligus bisa membalik caranya jadi menghidupkan talkback. Sejatinya anda bisa merubah – ubah pengaturan tersebut sesuai kebutuhan anda.

Talkback terletak pada menu aksesibilitas dimana kalau kita mengaktifkan salah satu menu di dalamnya maka akan muncul tulisan yang mengganggu. Untuk menghilangkan tulisan aksesibilitas anda bisa juga kok dengan cara mematikan semua fitur yg aktif.

Agar pengguna oppo atau hp lainnya yg keluaran tahun ini dan tidak terganggu dengan aktivitas lainnya bisa menggunakan cara split screen hp. Kemudian anda bisa melanjutkan tutorial dalam artikel ini. Tutorial tersebut akan saya rangkum melalui ulasan cara menonaktifkan talkback dibawah ini.

Cara Mematikan Talkback di HP

Apabila anda pengguna oppo dan redmi maka patut berbangga hati. Soalnya saya akan memberikan dengan memakai kedua smartphone tersebut. Untuk pengguna lainnya bisa menyesuaikan tata letak fitur talkback di letakkan.

Dibawah ini akan saya jelaskan mengenai tutorial detailnya agar pembaca saya tidak langsung memberikan komentar pedas. Jadi anda harus membacanya dengan teliti untuk mendapatkan jawaban dari persoalan yg anda hadapi.

Talkback pada OPPO

Cara pertama menonaktifkan talkback ini saya rujukan kepada pengguna oppo terlebih dulu. Karena saya juga pengguna oppo jadinya lebih gampang memberikan tutorial mengenai ulasan ini. Dibawah ini akan ada bukti pemaparannya.

  1. Hidupkan smartphone. Tanpa menggunakan internet pun tidak masalah.
  2. Kemudian tinggal pilih menu pengaturan yang ada di android. Busa melalui ikon gerigi di halaman utama layar atau menekan tombol gerigi di menu status bar.
  3. Setelah menemukan menu Pengaturan, saatnya gulir ke atas hingga menemukan Pengaturan Tambahan.
  4. Di dalam pengaturan tambahan ini juga akan muncul beberapa menu yang harus anda pilih. Disini saya arahkan anda untuk memilih sebuah menu bernama Bebas Halangan. Atau di hp lawas itu Aksesibilitas.
  5. Untuk menghilangkan talkback nya maka anda pilih pada menu Pembaca Layar kemudian lirik dibawahnya akan ada submenu dimana kamu tinggal pilih Talkback.
  6. Setelah masuk ke menu Talkback maka anda bisa menonaktifkan talkback dengan cara menekan tombol bewarna hijau di samping tulisan Talkback.
  7. Takan tombol tersebut hingga berubah warnanya menjadi abu – abu. Jika sudah berubah warna maka pengaturan Talckback sudah dihilangkan alias tidak aktif lagi.

Itulah ulasan mengenai cara mematikan talkback pada hp oppo. Hampir semua oppo bisa dikatakan mirip dan sama. Soalnya dari tahun ke tahun pembaruan oppo hanya merubah letak dari si menu. Dari pengalaman saya, kalau di hp lama biasanya akan bernama aksesibilitas namun di hp baru keluaran tahun ini akan berubah nama menjadi bebas halangan.

Baca Juga : Cara Melihat Kunjungan Instagram Terbaru

Setelah semuanya selesai, menurut saya sudah. Anda bisa melanjutkan aktivitas yg kalian inginkan tanpa harus terganggu oleh suara dari fitur talkback. Namun jika anda pengguna xiaomi redmi yg belum mengetahui keberadaan fitur talkbacknya. Pemaparannya akan saya berikan dibawah ini.

Talkback pada Xiaomi Redmi

Jika cara pertama tadi anda sebagai pengguna xiaomi redmia belum mengetahui letak menu talkback. Di ulasan ini akan saya jelaskan mengenai cara menonaktifkan fungsi talkback agar tidak mengganggu. Semestinya untuk orang normal memang sangat mengganggu akan keberadaan suara lisan dari fitur talkback.

Untuk menghilangkannya maka anda bisa menggunakan cara yang saya berikan. Mungkin sobat semua banyak pengguna xiaomi redmia jadi saya akan jelaskan melalui pemaparan dibawah.

  1. Siapkan smarpthone kamu, jangan lupa dihidupkan dan sudah masuk ke halaman utama smartphone.
  2. Setelah itu anda bisa menemukan menu pengaturan yang bergambarkan gerigi. Apabila anda ingin menemukannya melalui status bar atau sistem ui bisa juga.
  3. Kemudian anda bisa gulir keatas hingga menemukan menu Setelan Tambahan.
  4. Pada menu setelan tambahan akan ditampilkan beberapa menu lainnya yg makin banyak. Anda tak usah khawatir ingin memilih yg mana cukup pilih menu Aksesibilitas.
  5. Di menu ini juga akan ditampilkan banyak menu lainnya. Anda tinggal pilih Layanan maka dibawahnya akan ada submenu berupa Talkback.
  6. Untuk menghilangkan talkback silakan ketuk sekali saja pada menu tersebut maka akan masuk kedalamnya.
  7. Kemudian tinggal nonaktifkan saja dengan cara menekan tombol bewarna yg ada di samping tulisan talkback hingga berubah warna menjadi abu = abu.
  8. Jika sudah berubah warna maka cara ini sudah berhasil. Silakan cek dan pastikan sudah tidak ada suara yg dikeluarkan oleh fitur tersebut.

Bagaimana apakah cara menonaktifkan talkback diatas membantu persoalan yg sedang anda hapai? Jika iya maka berhasil sudah jika belum silakan ditanyakan pada kolom komentar dibawah karena ulasan ini segera berakhir.

Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan kepada anda yang ingin mematikan talkback agar tidak mengganggu suasana sunyi. Diantara kalian pasti akan beranggapan begitu makanya saya berikan ulasan tersebut guna menghilangkan talkback.

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk membaca ulasan cara menonaktifkan talkback yang mengganggu kenyamanan pengguna. Dengan begitu kalian sudah tak ada lagi yg bisa mengganggu dengan kehadiran fitur talkback.

moglogger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *