moglogger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

7 Tips Menghemat Memori Penyimpanan HP + Penyebab

4 min read

menghemat ruang memori penyimpanan android

Menghemat Memori Penyimpanan – Pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas mengenai tips android. Jika anda merasa bahwa ruang memori internal hp kurang, anda bisa gunakan tips ini. Kerana demikian banyak cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi.

Belum lagi ada salah satu cara selain mengosongkan ruang penyimpanan tanpa penghaspusan aplikasi ataupun beberapa file penting. Anda cukup memberanikan diri aja menghapus sebagian file sampah yang terdapat di dalam memori sistem. Jika kalian keberatan tinggalkan tahapan ini sob.

Masih dalam pemeliharaan sistem android, kalian hanya perlu melakukannya setiap minggu atau bulan. Jika kalian tidak bisa menghemat ruang penyimpanan hp maka akan berakibat fatal.

Contoh akibat fatal diantaranya adalah hp mudah panas, hp suka lag, beberapa aplikasi suka berhenti mendadak dan parahnya lagi hp akan mentok logo. Dimana smartphone sudah tak bisa lagi digunakan untuk mengakses layanan yg ada di dalamnya baik game maupun aplikasi.

Anda akan menemui masalah seperti ini dibeberapa tipe hp semisal samsung, vivo, oppo, lenovo, sony, huawei, honor, htc, iphone, dan smartphone lainnya. Menghapus sebagian memori sistem tidak akan mengganggu kelancaran anda dalam multitasking. Justru mengurangi beban saat bermain game karena membutuhkan space cache cukup banyak.

Perihal menghemat memori penyimpanan hampir penuh ini masih menjadi perdebatan. Namun saya tetap yakin bahwa tips yg saya berikan ini sudah bsia diuji coba langsung. Demikian pula ada manfaat dalam menghapus ruang penyimpanan internal.

Mengurangi Beban Penyimpanan

Apabila anda sudah melakukan pembersihan secara berkala maka tidak akan ada lagi ketika main game itu berasa berat. Soalnya kalian sudah menghilangkan data yg tidak penting seperti file sampah.

Belum lagi jika anda sering membersihkannya maka penyimpanan agak terasa kosong dan semakin ringan untuk digunakan sebagai media simpan. Anda belum mengetahui manfaat lainnya? Silakan simak manfaat yang kedua.

Memberikan Kenyamanan Multitasking

Multitasking ini sering dilakukan oleh anak remaja pengguna sosial media khususnya. Mereka akan merasa sangat terbantu apabila sudah kosongkan memori teleponnya. Kenapa? Sebab cache aplikasi akan tersimpan di dalam memori sistem tersebut. Dan cara kerja cache sendiri adalah untuk mengembalikan kegiatan anda sebelumnya.

Baca Juga : Cara Jitu Mengatasi Google Playstore Tidak Bisa Download Karena Menunggu Jaringan

Mungkin hanya dua saja manfaat yg bisa diberikan. Jika kalian ingin menambahkan manfaat lainnya bisa tulis di kolom komentar. Selanjutnya akan kami bahas mengenai cara menghemat memori internal hp android.

Tips Jitu Menghemat Memori Penyimpanan [Internal + Eksternal] di Android dan Iphone

Pengguna smartphone sangat dimanjakan oleh beragam aplikasi yang disediakan oleh Play Store. Namun, hal itu seperti dua sisi mata uang yang mana bisa memberikan keuntungan dan juga menimbulkan masalah baru.

Masalah yang sering dihadapi adalah ketidakmampuan memori smartphone menampung data yang banyak. Jika hal tersebut terjadi, akan banyak gangguan yang timbul dari penuhnya memori yang menyebabkan smartphone lemot atau baterai boros.

Namun sebelumnya kita ingin menjelaskan penyebab dari adanya ruang tak kosong. Diantaranya tak lain tak bukan adalah anda masih saja mengandalkan memori internal untuk penyimpanan utamanya. Jika anda pengguna samsung, maka akan cepat terasa penuh loh.

Soalnya itu penyakit samsung dari jaman bahula. Makanya saya sarankan untuk menghindari penyebab itu ya. Penyebab kedua adalah suka memasang aplikasi yg tak diperlukan dan penyebab ketiga adalah simpan aplikasi dari internet.

Cara mengatasinya adalah dengan menghemat memori di smartphone agar tersedia ruang yang cukup. Hal tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara. Inilah 7 tips menghemat internal storage smartphone yang bisa Anda lakukan.

Hapus Aplikasi

Sekarang banyak sekali aplikasi yang menawarkan keseruan tiada akhir. Hal ini disebabkan pembaharuan yang rutin diberikan oleh developer, terutama game. Update dari game yang Anda instal membutuhkan banyak sekali ruang penyimpanan dan tentu juga bisa menguras memori pada smartphone.

Untuk itu, tipsnya adalah dengan melakukan uninstall pada aplikasi yang tidak penting. Anda juga bisa mempertimbangkan meng-uninstall aplikasi bawaan yang tidak bermanfaat untuk memberi ruang lebih bagi ponsel pintar Anda.

Kurangi Aplikasi yang Fiturnya Sama

Banyak sekali developer aplikasi di dunia yang saling berlomba menguasai atau menonjolkan aplikasi buatan mereka. Hal itu menyebabkan banyak aplikasi tercipta namun sebenarnya memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda, bahkan sama persis.

Baca Juga : Cara Paling Ampuh Menghemat Kuota Boros dengan Langkah Lengkap

Memang dari aplikasi tersebut saling memiliki kelemahan dan kelebihan antar satu sama lain. Tapi, alangkah lebih bijaknya kalau kamu pakai satu saja, toh fungsinya kurang lebih sama. Untuk menghemat memori di smartphone,

Anda harus memilah aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja. Lakukan grouping aplikasi sesuai dengan fungsinya masing-masing dan hapus aplikasi sejenis dalam satu folder tersebut. Cara ini cukup efektif membuat internal storage menjadi lebih lega.

Gunakan Memori Eksternal

Smartphone dengan harga mahal biasanya sudah dilengkapi memori internal yang sangat besar, bahkan ada yang memiliki memori internal hingga 1 TB. Untuk itu, smartphone kelas atas tersebut tidak dibekali slot memori eksternal untuk mendukung penyimpanan data pada smartphone.

Berbeda dengan smartphone kelas menengah yang biasanya hanya dibekali memori internal yang terbilang standar. Maka dari itu, developer smartphone sudah membekali ponsel kelas menengah tersebut dengan slot memori eksternal untuk upgrade penyimpanan. Manfaatkan fitur ini dengan baik. Pilih merk mirco SD terbaik dan beli sesuai kapasitas yang kamu butuhkan.

Pindah Aplikasi ke Memori Eksternal

Aplikasi yang ada di dalam smartphone maupun game lazimnya memiliki ukuran file yang cukup besar. Jika hanya mengandalkan penyimpanan pada memori internal saja itu tidaklah cukup. Terkadang ada aplikasi yang tidak perlu akses ke internal drive smartphone.

Untuk menekan penggunaan memori internal, Anda bisa memindahkan aplikasi tersebut ke memori eksternal. Dengan begitu, memori internal bisa lebih memiliki banyak ruang kosong sehingga lemot bisa diminimalisir juga.

Maksimalkan Memori Eksternal untuk Menyimpan File

Selain memindahkan aplikasi, Anda bisa memindahkan file seperti foto, video, atau dokumen ke memori eksternal. Sudah kegiatan wajib bagi anak muda untuk melakukan selfie di tiap momen sehingga file fotonya sangat banyak. Dan bagi pecinta musik, tentu akan memiliki banyak koleksi musik offline yang disimpan. File-file tersebut ukurannya akan membengkak kalau ditumpuk terus. Jadi, lebih baik pindahkan ke micro SD saja.

Apabila anda tak bisa mengoptimalkan kartu sd mungkin saja kartu sd rusak. Dengan masalah ini anda tidak bisa mengatasinya sendiri mungkin hal yg paling utama adalah dengan membeli penyimpanan eksternal lainnya.

Hapus Cache

Cache digunakan untuk menyimpan pengaturan, history, username, hingga password pada suatu aplikasi. Hal tersebut demi memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi secara berulang. Namun, cache juga akan menyebabkan bertambahnya file data yang harus disimpan oleh memori internal.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Unik dan Nyleneh di Android

Jadi, agar memori di smartphone tidak cepat penuh, Anda bisa membersihkan cache secara berkala. Clean cache selain untuk mengurangi file tersimpan, juga membantu mengamankan data anda jika suatu saat smartphone anda berpindah tangan ke orang lain.

Manfaatkan Cloud Storage

Perkembangan teknologi terkini memang sudah sangat pesat demi memenuhi hasrat manusia akan teknologi, termasuk dalam hal penyimpanan data. Cloud storage sendiri menjadi tren baru dalam menyimpan file secara online. Meski begitu, kamu harus memiliki internet dengan kuota yang melipah karena untuk mengupload file.

Cara ini akan sangat efektif jika kamu sudah pasang internet rumah. Dengan begitu, Anda tak perlu pusing perihal penggunaan data ketika ingin mengupload atau mendownload file dari cloud storage.

Banyak layanan cloud storage gratis yang bisa Anda gunakan seperti Google Drive atau Dropbox. Jika mau hemat, pakailah dropbox atau meganz saja karena ukuran storage nya sangat besar ketimbang google drive.

Itulah 7 tips menghemat memori penyimpanan smartphone. Dengan begini kalian sudah tak khawatir lagi apabila menjumpai beberapa masalah. Soal wort it atau tidaknya itu tergantung dari anda, apakah mau melaksanakan tips atau tidak.

moglogger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *