Laptop Semakin Lambat? Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli SSD

Hal yang harus diperhatikan sebelum memakai ssd. Laptop akan semakin lambat apabila digunakan dalam sehari – hari untuk multitasking. Biasanya kamu memerlukan hardware tambahan berupa SSD untuk mempercepat peforma laptop dan komputer. Media penyimpanan ini jauh lebih beda dari HDD yang memiliki kecepatan lebih kencang dari penyimpanan harddisk.

Bila laptop kamu melambat dan tidak terasa seperti baru, mungkin sekarang wajib ganti ke ssd agar mendapatkan peforma yang lebih baik lagi. Pada tahun ini, ssd menjadi sebuah media penyimpanan data dengan memiliki kecepatan maksimal melebihi HDD dan SSHD.

Pada dasarnya, laptop jaman sekarang sudah dilengkapi dengan penyimpanan ini, ada yang di kombinasikan antara ssd dan hdd ada juga yang hanya memakai ssd saja karena menurut perusahaan laptop tersebut akan dapat mempercepat multitasking pada laptop. Mungkin diantara kalian belum kenal dengan namanya SSD ini.

Pengertian SSD

SSD merupakan kepanjangan dari Solite State Drive dimana memiliki arti sebuah penyimpanan selain hardisk untuk menyimpan operasi sistem (OS) yang memiliki kinerja lebih baik dari HDD. Biasanya fungi ssd ini untuk meringankan beban saat booting, membuka aplikasi, render video, bermain game dan lain sebagainya.

Baca Juga : Tips Supaya Laptop Awet Hingga Tahunan, Siap Pakai Laptop Jadul Spek Kencang?

SSd sendiri memiliki komponen bukan sebuah piringan hitam yang berputas layaknya ssd. Namun ssd sendiri mempunyai komponen berbeda dari hdd. Makanya kualitas transfer datanya lebih cepat dan akurat.

Sebelum pindah ke ssd, mungkin tips dari saya ini membantu anda. Hal yang harus di perhatikan sebelum membeli ssd dan sebelum memasang ssd.

Hal Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli SSD, Wajib Diketahui.

Beberapa hal dibawah ini mungkin menjadikan patokan mengenai hal yang harus diketahui dulu sebelum membeli ssd baru maupun seken. Berikut ulasannya.

1. Pastikan SSD Memiliki Merk Ternama

Biasanya banyak asesoris laptop dan komputer yang diperjual belikan hanya untuk kepentingan si penjual saja. Bisa dikatakan banyak penipu diluar sana memanfaatkan komponen perangkat keras komputer / laptop ini karena semakin lama akan semakin banyak peminatnya.

2. Cek Hardware Laptop, Apakah Support SSD atau Tidak

Apabila laptop kamu tidak support dengan dipasangnya ssd, maka jangan dipaksakan untuk membeli ssd karena tidak akan berguna kalau anda membelinya. Tips nih buat kamu yang punya laptop dengan speksifikasi ada CD Drive nya.

Baca Juga : Cara Mengubah Nama Akun pada Windows 10, Ngga Ribet Kok!

Kalau ada CD nya, semua tipe laptop bisa ditambahkan penyimpanan berupa ssd ini. Walaupun anda harus merogoh kocek tambahan sebesar 70 ribu sampai 80 ribu untuk perangkat tambahan berupa caddy.

Caddy itu berfungsi sebagai alat converter dari ssd ke cd drive, soalnya cd mempunyai space yang cukup lebar sedangkan ssd hanya membutuhkan beberapa saja, jadi anda membutuhkan alat tersebut agar bisa dipasang pada komponen tambahan laptop.

3. Harga dari Sebuah Produk tersebut

Sebelum membeli ssd, pastikan kamu sudah cek dan ricek pada situs jual beli online atau hanya sekedar membaca review tentang harga ssd di internet baik di google maupun youtube. Banyak kok yang membahas mengenai harga barang tersebut. Cari harga pasaran yang sesuai budget anda.

4. Kapasitas Penyimpanan Tersebut

Anda juga perlu membutuhkan info dan pengetahuan mengenai kapasitas yang ditawarkan barang tersebut. Kalau di label tertera 120GB, pastikan kalau sudah terpasang juga 120GB. Kalau kurang dari itu misal hanya 90GB, kembalikan saja ke penjualnya minta ganti rugi.

5. Kecepatan Data SSD

Kecepatan juga akan mempengaruhi transfer data yang dikelola oleh ssd itu sendiri. Pastikan anda sudah kroscek melalui spesidikasi internet dan label pada kemasan produk tersebut. Kalau di kedua nya memang betul dan anda anggap sama persis, silakan langsung beli.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Cortana pada Windows 10 dengan Permanen

6. Ukuran SSD

Apabila kamu menggunakan laptop, pastikan kamu juga harus mengetahui ukuran untuk penyimpanan pada laptop yang menggunakan converter bernama caddy. Soalnya ssd pada komputer dengan laptop berbeda ukurannya, lebih besar milik komputer timbang milik laptop.

7. Minta Garansi

Minta garansi ke penjual produk itu juga perlu sob, soalnya takut ada apa apa waktu dijalan atau pemasangan yang tidak sengaja merusak komponen yang ada pada ssd tersebut. Tetapi, bila kecerobohan anda sendiri yang merusaknya, maka dipastikan tidak akan ada ganti rugi yang berlaku untuk anda.

Kapan Memerlukan SSD untuk Penyimpanan?

SSD sendiri bisa anda gunakan untuk penyimpanan utama atau hanya sekedar menyimpan operasi sistem windows saja. Kalau anda memang ingin mengganti ke ssd, mungkin anda harus memerhatikan garansi laptop anda apabila masih garansi, jangan asal – asalan menggantinya karena akan merusak garansi laptop anda.

Jika kamu memiliki pc rakitan, dan memiliki slot ssd bisa langsung pasang saja. Untuk pengguna komputer rakitan sangat direkomendasikan karena pengguna pasti sudah memiliki pengalaman mengoprek sebuah komponen komputer.

Namun jika kamu menggunakan laptop dan ragu saat ingin membongkar laptop, saya sarankan bawa ke jasa reparasi saja biar lebih aman. Resiko setelah ganti ke ssd ialah, harus instal ulang OS windows, namun tenang saja, drive c, d dan e tidak akan terhapus data nya.

Drive c akan digantikan oleh ssd, dan drive c sebelum ganti ssd akan pindah ke drive d. Setelah upgrade ke ssd, pastikan file booting, os windows di drive c wajib dibersihkan dan booting diubah ke ssd agar makin kencang saat proses booting.

SSD Memiliki Umur Jangka Pendek

SSD sendiri beda dari hdd yang memiliki umur panjang. Namun kelemahan hdd ialah ketika ia kena goncangan akan rusak kepingan yang ada di dalam komponennya. Kalau ssd, dia tidak mudah rusak namun dia memiliki batasan usia yang minim.

Baca Juga : cara Membersihkan dan Menghapus File Sampah di Semua Jenis Laptop

Usia ssd untuk ukuran 120GB, menurut sumber yang saya baca itu mempunyai umur kisaran 5 tahun. Kenapa ssd memiliki usia? Soalnya ssd itu akan terus membaca dengan kecepatan maksimal yang menghasilkan daya baca cepat untuk segera ditampilkan untuk user.

Setiap kita menghapus, memindah file dan sebagainya akan dihitung berapa gb membacanya. Tapi jangan parno dulu, soalnya waktu 5 tahun kedepan itu anda sudah tidak tau lagi apakah ssd masih layak atau tidak, sedangkan teknologi sekarang sudah cepat berkembang mungkin saja ssd besok sudah digantikan dengan penyimpanan lainnya yang lebih kencang kecepatan membacanya.

Tips Agar SSD Awet

Setelah ssd sudah terpasang pada perangkat computer anda masing – masing, pastikan ssd hanya untuk penyimpanan software penting dan operating system windows nya saja. Apa saja yang boleh di instal pada ssd ini? Menurut opini saya, kalau ingin ssd awet dan tahan lama bisa memasang aplikasi penting saja di ssd seperti berikut.

  1. Adobe Premiere
  2. Adobe Photoshop
  3. Adobe After Effect
  4. Adobe Audition
  5. CorelDraw
  6. Browser
  7. Davinci
  8. Dan sebagainya.

Kalau untuk game, antivirus, penyimpanan unduhan, bisa anda simpan di drive hdd saja bisa pakai bekas drive c yaitu drive d nya atau yang lainnya. Itu menurut saya pribadi, silakan kalau punya pemikiran lain.

Ingat ya, jangan gunakan ssd sebagai penyimpanan utama dan jangan sampai anda menggunakan ssd external karena akan merusak dan memperpendek umur ssd.

Penutup

Sudah panjang pembahasan mengenai ssd, kalau saya teruskan bisa lama banget. Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai ssd ini. Dengan begitu anda sudah tidak akan merasakan lemot lagi pada perangkat kamu baik itu komputer maupun laptop anda.

Ingat selalu bahwa hal diatas perlu anda ketahui sebelum membeli ssd. Sebelum memasang pun wajib diperhatikan tentang ssd dan kegunaannya pada media penyimpanan internal tambahan. Terima kasih sudah membaca ulasan saya tentang hal yang harus diperhatikan sebelum memakai ssd pada komputer dan laptop supaya tidak berjalan lambat.

Tinggalkan komentar