Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Playstore

Cara Mengatasi download tertunda di playstore hanya loading terus. Kamu pengguna android? berbagai merk hp yang sering mengalami hal tersebut adalah xiaomi, samsung, oppo, asus, vivo dan sebagainya. Apapun merk hp kamu pasti bisa terjadi kesalahan unduhan seperti itu dan alhasil unduhan kamu bakal tertunda.

Merasa jengkel sih iya, soalnya sudah ditunggu tetap saja tidak memulai pengunduhan. Nah bagi kamu yang mengalami hal serupa, saya akan membagikan pengalaman dari saya dalam memperbaiki persoalan download aplikasi dan game di playstore tidak bisa dengan mudah.

Aplikasi playstore adalah salah satu software yang dikembangkan oleh android yang isi di dalamnya adalah toko aplikasi dan game. Masalah pada playstore pasti tidak akan lepas dengan namanya tidak bisa download karena unduhan tertunda maupun mengalami gagal.

Masalah play store tidak dapat memulai mendownload karena banyak aplikasi yang secara tidak langsung terdapat beberapa aplikasi ketika menyambung ke wifi maupun data seluler. Maka dari itu kamu harus bisa memperbaiki masalah tersebut.

Ketika kamu sedang di luar jangkauan jaringan wifi tersebut, maka proses pembaruan atau update aplikasi akan menjadi tertunda sejenak dan hasilnya unduhan tersebut akan pending dan harus dilanjutkan dengan cara menyambungkan wifi ke perangkat seluler kamu.

Penyebab dari playstore nggak bisa mengunduh itu di sebabkan karena banyaknya aplikasi dan game yang ingin di perbarui namun masih tertunda karena menuggu koneksi terhubung ke wifi ataupun data seluler.

Baca juga : Cara login whatsapp web

Download tertunda di play store karena adanya masalah suatu jaringan yang sebelumnya tersambung mengalami putus, maka dari itu kamu kamu tetapndalam jangkauan wifi tersebut. Jika masih memaksakan untuk mendownload di playstore dengan jumlah yang banyak maka unduhan tersebut akan tertunda walaupun masih tersambung internet..

Mengatasi Playstore Tidak Bisa Mendownload

Cara mengatasi download tertunda tidak hanya di playstore semata, download pending juga bisa terjadi pada unduhan chrome, uc browser, operamini dan browser lainnya. Itu terjadi walaupun memori masih banyak tetapi hp android kamu tidak bisa download.

1. Periksa Daftar Unduhan di Playstore

daftar unduhan playstore

Memeriksa apakah ada sebuah aplikasi atau game yang downloadnya tertunda, jika iya maka hal yang harus kamu lakukan untuk mengatasi download playstore hanya loading terus adalah melaksanakan pembatalan semua tugas atau unduhan, dengan begitu masalah akan teratasi dengan mudah.

Baca juga : Video di instagram tidak bisa diputar? begini cara mengatasinya

2. Hapus Data

hapus data google play store

Menghapus data ini juga akan meringankan beban dalam kinerja sebuah aplikasi. Mengapa? Karena membersihkan data akan menghapus semua junk atau sampah yang tersimpan di folder playstore. Bagaimana cara menghapusnya? Cukup mudah, pergi ke menu setting -> aplikasi -> playstore -> hapus data.

3. Hapus Cache

hapus cache play store

Membersihkan cache adalah salah satu cara untuk mengatasi download tertunda, memang ini caranya hampir  sama dengan hapus data, namun ini hanya membersihkan cache atau file data sementara pada aplikasi tersebut. Jika ingin menghapus nya, kamu tinggal pergi ke setting -> aplikasi -> playstore -> hapus cache.
Baca juga : Cara mengatasi hp yang sering restart tiba-tiba

4. Update aplikasi playstore

update playstore

Loh…katanya aplikasi play store ketika download sering tertunda? Memang benar, jadi gini, saya akan memberikan bocoran mengenai tips untuk memperbarui tanpa melalui play store. Bagaimana caranya?

Cukup dengan membuka browser kamu, dan ketikan nama aplikasi yang ingin di cari tadi yaitu play store. Pilihlah salah satu dari beberapa website unggulan, silakan di download untuk melakukan pemasangannya.

5. Memori internal penuh

Lagi lagi penyimpanan internal penuh. Yap inilah faktor dari adanya gangguan playstore sebab penyimpanan penuh adalah musuh utama dalam menghadapi proses downdoading. Maka dari itu kamu harus segera memperbaikinya dengan membaca artikel cara mengatasi memori penyimpanan di android penuh.

Jika Muncul “download tertunda diverifikasi oleh play protect” Maka…

Nah buat kamu yang belum menemukan solusinya, saya akan memberikan nih supaya tidak menemukan verifikasi saat memulai downloadnya oleh google play protect. Sebelumnya kamu tau belum play protect itu apa? itu loh sistem yang membatasi pengguna untuk melakukan unduhan. Tak usah bahas panjang lebar lagi deh, sekarang saatnya memulai mengatasi masalah tersebut.

  1. Kamu dapat menggunakan aplikasi pihat ketika selain playstore. Kamu bisa kok mencari beberapa aplikasi yang memberikan layanan mirip seperti toko aplikasi android itu.
  2. Custom ROM android, nah ini yang menjadikan saya semakin yakin ketika menggunakan custom ROM. Soalnya masalah yang seirng dihadapi bisa ditangani dengan mengganti ROM Android.
  3. Melakukan upgrade android, smartphone makin lama kan makin usang, coba deh kamu cek di Tentang Ponsel sudah versi terbaru belum firmware androidnya.
Kenapa Bisa Gagal Download di Toko Android?

Itu bisa saja terjadi apabila jaringan dan aplikasi google play mengalami masalah. Untuk menanganinya, cukup gunakan langkah – langkah diatas tadi.

Mengapa Playstore Tidak Bisa Dibuka dengan Wifi?

Cukup dengan mengganti jaringan wifi yang sedang kamu gunakan sekarang. Jika masih tidak bisa, lakukan factory reset untuk mengembalikan android ke pengaturan awal.

Bagaimana mempercepat download di playstore?

Kamu dapat mempercepat mengunduh di google play dengan cara menggunakan SimCard yang bagus. Bagus dari segi jaringan dan internetnya.

Ternyata sangat mudah banget kan panduan diatas?. Setelah ini playstore kamu tidak mengalami masalah mendownload lagi. Jika tidak bisa download di playstore, hanya lakukan perihal diatas tadi. Masalah ga bisa, dapat diselesaikan kok. Cukup sekian dari artikel kali ini yang membahas tentang masalah play store tidak dapat melakukan downloading dan mengalami pending di saat mengunduh.

Tinggalkan komentar