Notifikasi LINE Tidak Muncul

Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Bunyi
Memperbaiki pemberitahuan line tidak muncul

Mengatasi notifikasi LINE tidak muncul – Banyak yang mengira ketidakmunculan notifikasi line ini disebabkan oleh beberapa faktor internal. Namun setelah saya telusuri masalah notifikasi line tidak bunyi ini ternyata hanya faktor kecil saja.

LINE merupakan sebuah layanan obrolan singkat mirip sekali dengan whatsapp. Di dalamnya sudah ada beberapa layanan seperti line shopping, line point, line today dan sebagainya. Jika anda menggunakan line kemudian mematikan notifikasi line supaya tidak mengganggu.

Nah itu menjadi salah satu penyebab kenapa notifikasi line tidak muncul. Itu hanya satu dari sekian masalah yang ada di aplikasi LINE> Mungkin masih banyak lagi permasalahan yang saya sebutkan diatas tadi hanya sebuah contoh saja.

Notifikasi line tidak bunyi dapat dikatakan ketika ada pesan masuk baik itu dari teman maupun akun resmi. Lalu tidak berbunyi apa – apa, kalau normal kan pasti berbunyi. Jika sudah mengelami hal tersebut maka alangkah baiknya anda cari cara mengatasi notifikasi line tidak muncul.

Kenapa hal ini diwajibkan? Kerana masih banyak pengguna line yang tidak memperhatikan kelakuannya sendiri waktu bermain di line. Mungkin anda salah satunya, sebelumnya sudah mengaktifkan fitur yang ada di line ternyata lupa mengembalikan alias menonaktifkan. Jadinya ada chat yang tidak dapat memunculkan notifikasi line bahkan tidak ada bunyi sama sekali.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengatasi Line Tidak Bisa Dibuka?

Menjelang seiring jaman, layanan di line akan semakin bertambah mengikuti tren masa kini. Semua orang butuh kerja cepat jadi pesan singkat line adalah salah satu kegunaan untuk berbalas pesan ke sesama pengguna. Ketika sedang asik berbalas pesan, baru saja ditinggal bentar. Ternyata notifikasi line tidak bunyi bahkan pop up line tidak muncul.

Bagaimana cara mengatasi notifikasi line tidak muncul supaya kedepannya bisa normal lagi?. Mengenai tutorialnya sudah saya rangkum di bawah ini, agar kalian semua mendapatkan solusi terbaik dalam penanganan kasus permasalahan di LINE android.

Mengatasi Notifikasi LINE Bermasalah (Tidak Muncul dan Tidak Bunyi)

Pada dasarnya notifikasi itu berfungsi untuk menandakan dan menginfokan bahwa ada pesan masuk. Pasti anda sudah tahu, ini bunyi notif apa, ini bunyi suara dari aplikasi mana. Saya yakin anda sudah mengenal semua notifikasi LINE. Jika notifikasi line tidak bunyi maka anda jangan khawatir.

Trik notifikasi line tidak bunyi bisa diterapkan pada android dan ios. Untuk android semisal vivo, xiaomi redmi, oppo, lenovo, samsung dan merk hp lainnya. Saya disini akan memberikan tutorial secara menyeluruh saja baik android maupun ios dapat menggunakan solusi notifikasi line tidak bunyi.

Untuk menyingkat waktu saja, dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara mengatasi pemberitahuan line tidak muncul dan bunyi ketika ada pesan masuk.

Cara Memperbaiki Notifikasi Line Error

Semua aplikasi berbasis open source memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Seperti halnya kelebihan whatsapp, LINE juga mempunyai kelebihan. Namun disisi lain seperti kekurangan masih banyak dan perlu diperhatikan oleh pengembang aplikasi LINE>

Berikut ulasannya mengenai cara memperbaiki pemberitahuan di line error seperti tidak mau muncul dan tidak mau berbunyi ketika ada pesan masuk. Jadi, anda tidak tahu ada pesan masuk apa tidak.

1. Mengizinkan Notifikasi Pesan

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan cara memastikan bahwa notifikasi pesan dari teman tidak dimatikan atau disembunyikan. Jadi, sekiranya anda masih mematikan notifikasi pesan nya, silakan dihidupkan kembali agar notif muncul dan berbunyi.

Baca Juga : Cara Login Line di PC Tanpa Verifikasi

Anda bisa melakukannya seperti ini, masuk ke menu obrolan lalu cari pesan yang kamu matikan. Anda bsia mengidentifikasi nya dengan melihat ikon toa di coret. Jika ada icon tersebut maka pesan yang terkena ikon tersebut maka notifikasi line tidak muncul.

2. Mengaktifkan Fitur Notifikasi di Pengaturan Android

Cara kedua ini mungkin kamu lupa bahwa sebelumnya anda menonaktifkan notifikasi di dalam pengaturan android. Jika anda ragu mematikan atau tidak, silakan cek sendiri saja pada bagian pengaturan hp. Tidak paham dimana letaknya? simak dibawah ini.

Buka Pengaturan -> Aplikasi -> Unduhan -> cari aplikasi LINE -> pastikan Tampilkan Pemberitahuan tercentang atau sudah dalam keadaan aktif.

Cara diatas letak penyalaan pemberitahuan aplikasi berbeda dari hp yang anda miliki. Jadi usahakan anda menyesuaikan saja apa yang saya berikan mengenai tutorial ini.

3. Pastikan dalam Mode Dering

Terkadang anda lupa bahwa anda menghidupkan mode sunyi atau mode diam kalau di hp xiaomi redmi. Jika anda menghidupkan mode ini maka anda tidak akan menerima bunyi dari pemberitahuan di LINE. Bila sudah begitu anda hanya menghidupkan fitur mode android anda.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Last Seen Whatsapp

Di dalam pengaturan mode android terdapat 3 varian mode yakni mode dering, mode getar dan mode diam. Anda harus menghidupkan mode dering untuk menerima notifikasi berupa bunyi suara khas dari LINE yang anda miliki.

4. LINE Tidak Berjalan di Background

Cara keempat untuk mengatasi notifikasi line tidak bunyi. Cek apakah line kamu berjalan di latarbelakang atau tidak. Apabila tidak maka aktifkanlah line tersebut dan beri izin untuk berjalan dilatarbelakang. Guna memunculkan pop up pemberitahuan pesan.

Ketika anda menolak izin aplikasi LINE berjalan dilayar belakang maka semua aktivitas LINE tidak akan muncul di layar smartphone kalian. Langkah tepatnya untuk mengatasi notifikasi line tidak muncul adalah dengan cara memastikan anda mengizinkan layanan line berjalan dilatar belakang. Toh juga ngga ada resikonya dalam menjalankan aplikasi di background.

5. Matikan Fitur Hemat Daya

Kenapa harus mematikan hemat daya?. Jika anda mengetahui alur kerja dari fitur hemat daya maka anda akan terkejut. Kenapa gitu? Soalnya beberapa aplikasi tidak diberikan izin untuk berjalan sendiri secara otomatis. Bahkan fitur hemat daya akan memblokir layanan aplikasi yang berjalan dilatarbelakang.

Untuk mematikannya, silakan cari menu Baterai di pengaturan lalu pilih menu hemat daya kemudian tekan menu matikan. Maka otomatis akan mati hemat dayanya dan notifikasi line bisa muncul kembali.

6. Muat Ulang Aplikasi LINE

Apabila cara diatas tadi kurang membantu, silakan muat ulang aplikasi line anda. Muat ulang dalam artikel merestart line atau menghapus recent apps line kemudian masuk kembali ke line. Mungkin sebelumnya keberatan dalam memuat proses notifikasi.

Baca Juga : Cara Download Video dari Timeline di LINE

Jika cara mengatasi notifikasi line tidak bunyi diatas belum berhasil. Alangkah baiknya bila anda mengikuti tutorial selanjutnya yang lebih ekstrim dari trik sebelumnya.

7. Hapus Data dan Cache Aplikasi LINE

Ketika semuanya tidak berhasil dan tidak bekerja di ponsel android atau iphone kalian, Maka anda harus menggunakan cara kuno yakni mengahapus data dan cache aplikasi agar memulihkan keadaan seperti semula.

Anda bisa melakukannya dengan cara masuk ke pengaturan aplikasi lalu pilih LINE. Di dalam pengaturan aplikasi line akan muncul beberapa menu. Untuk menyingkat waktu, silakan langsung pilih Hapus Data maka akan otomatis Cache ikut terhapus.

8. Update Aplikasi LINE

Mungkin ini menjadi salah satu alternatif untuk memperbarui line jika tidak muncul bunyi pada suatu notifikasi line. Nah anda wajib melihat pembaruan aplikasi line bila menemukan maka silakan di update untuk mendapatkan layanan baru dan bug yang sebelumnya sudah diperbaiki oleh developer.

Untuk mengupdate aplikasi line saya sarankan untuk mengunjungi google playstre atau appstore saja. Usahakan update menggunakan aplikasi resmi dari smartphone yang anda miliki.

9. Uninstal dan Instal Kembali LINE

Apabila anda ingin yang lebih ektrim lagi, silakan copot pemasangan paket line pada ponsel yang anda miliki. Semua pengguna smartphone pasti sudah tahu bagaimana cara mencopot aplikasi. Namun saya punya langkah lebih mudah dan praktisnya.

Tanpa masuk ke pangeturan aplikasi LINE, silakan masuk ke google playstore saja. Kemudian tinggal cari saja aplikasi LINE. Setelah ketemu silakan masuk seperti mau mengunduh aplikasi LINE.

Di situ sudah ada tombol untuk Uninstal bukan?. Nah tekan tombol Uninstal. Setelah ditekan maka akan memproses, tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, saatnya anda klik instal lalu proses download. Jika semua nya sudah selesai, saatnya masuk ke aplikasi dan melakukan login ulang.

Baca Juga : Cara Menstabilkan Koneksi Internet

Kemudian tinggal di cek saja apakah notifikasi line tidak bunyi tersebut sudah teratasi atau tidak. Tunggu hingga ada pemberitahuan pesan yang masuk. Jika sudah tidak ada maka cara ini terbukti berhasil.

10. Restart atau Muat Ulang HP

Ketika semuanya sudah anda lakukan namun masih tetap sama saja. Alangkah baiknya jika merestart ponsel yang anda miliki. Untuk memastikan bahwa semua keadaan benar – benar ke restart, maka lebih baiknya jika anda mematikan ponsel sebentar.

Beri jangka waktu kurang lebih 20 menit, setelah memasuki jangka waktu tersebut maka anda langsung bisa menghidupkan kembali ponsel anda. Kemudian tinggal cek apakah masih ada masalah notifikasi line tidak bunyi.

Kenapa Pop Up LINE Tidak Muncul?

Nah ini menjadi sebuah masalah yang hampir sama dengan notifikasi line tidak muncul. Mungkin anda belum mengaktifkan kemunculan pop up obrolan di layar kunci smartphone. Silakan cek pada menu pemberitahuan di pengaturan line. Apakah anda mengizinkan popup itu muncul di layar kunci apa tidak.

Kenapa Notifikasi Line Tidak Bunyi?

Ada beberapa kendala kenapa notifikasi line tidak bunyi di xiaomi. Entah kenapa saya sering menemukan masalah line di hp xiaomi redmi saja. Mungkin salah satu penyebabnya adalah hp xiaomi membatasi pemberitahuan di latar belakang.

Jadi solusinya adalah anda harus mengizinkan pemberitahuan line untuk berjalan di background. Agar semuanya bisa tidak menemukan masalah yang sama.

Demikian ulasan singkat saya mengenai cara mengatasi notifikasi line tidak bunyi dan tidak muncul. Dengan begitu anda sudah dapat memperbaiki permasalahan ini dengan mengikuti tutorial yang saya berikan. Apabila anda memiliki pertanyaan, langkah baiknya jika anda bertanya pada kolom komentar bawah agar saya dapat memberikan solusi terbaik dalam memperbaiki notifikasi line error dan bermasalah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini