Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Mengaktifkan Camera RAW

menampilkan camera raw di photoshop

Mengaktifkan Camera RAW pada Photoshop – Adobe photoshop memiliki sejuta cara untuk menjadikan foto anda semakin bagus dan menarik. Apabila anda menginginkan cara untuk color corresting, bisa memanfaatkan fasilitas camera raw bawaan photoshop. Bagaimana cara menampilkan camera raw apabila tidak ada di menu adobe photoshop?.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara menambahkan camera raw di photoshop cs 6. Sekedar mengingatkan saja, bahwa trik ini bisa diterapkan pada beberapa versi photoshop. Anda bisa menerapkan teknik ini mulai dari versi cs3, cs4, cs5, cs6, mungkin di versi cc juga masih bisa. Mungkin sebelum lanjut ke persoalan menampilkan camera raw ini alangkah baiknya jika kalian mengetahui pengeertian dibawah ini.

Apakah anda sudah tahu mengenai camera raw? Sekurang – kurangnya pasti anda tidak mengetahui akan fasilitas tersebut bukan?. Yup, karena hanya orang yang mampu mengendalikan photoshop untuk mempercantik foto nya tanpa menggunakan fitur adjusment dan sebagainya.

Fungsi utama dari mengaktifkan camera raw adalah layaknya anda menggunakan adobe lightroom versi PC maupun lightroom android. Penggunaan tool berupa pengaturan exposure, highlight, contrast dan sebagainya itu hampir mirip dengan pengaturan yang ada di photoshop.

Malahan jika dibandingkan photoshop apa lightroom saya mending milih photoshop karena penggunaannya lebih familiar ketimbang lightroom pc. Untuk menggunakannya pun cukup mudah kok, hanya menggeser – geser fitur yang ada di kamera raw maka akan menghasilkan foto yang menakjubkan.

Oleh karena itu ulasan ini akan merangkum segalanya dan memberikan cara menampilkan camera raw di adobe photoshop dengan ulasan terbaru. Anda bisa mendapatkan ulasan cara mengaktifkan camera raw di bawah ini.

Mengaktifkan Camera RAW Photoshop

Jika anda pengguna photoshop menginginkan teknik manipulasi, teknik perubahan warna pada gambar. Nah teknik tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan camera raw. Karena fungsi utama dari fasilitas ini adalah untuk mengoreksi warna.

Anda bisa mengkreasikan diri untuk menampilkan warna yang cocok untuk gaya atau style foto anda. Jika belum menemukan, silakan cari tutorial – tutorial yang ada di youtube. Bila anda tidak tahu rumus – rumus lightroom dasar. Kenapa begitu? Karena pada dasarnya pengolahan gambar camera raw sama persis dengan lightroom.

Kenapa Camera RAW di Photoshop CS6 Tidak Tampil?

Nah menjadi pertanyaan saya ketika sudah melihat tutorial bagaimana cara merubah warna di foto pada youtube. Saya merasa kebingungan setelah melihat video tersebut karena saya tidak sama sekali menemukan camera raw. Pada akhirnya saya mencoba untuk menampilkan camera raw sendiri.

Saya beranggapan bahwa ketidakmunculan camera raw ini disebabkan oleh versi adobe yang sudah lawas. Karena saya menggunakan adobe photoshop cs6, mungkin udah ketinggalan jaman.

Setelah saya menelusuri beberapa media di internet. Akhirnya saya menemukan jawaban untuk mengaktifkan camera raw ini dengan semudah – mudahnya. Tanpa memakai plugin camera filter mah sudah bisa aktif.

Cara Menampilkan Camera RAW

Jika anda ingin mengaktifkan camera raw namun Kamera raw tidak muncul di menu apapun yang ada di photoshop mungkin bisa menggunakan trik saya ini. Trik ini bukan menggunakan plugin, kerana saya tidak mau ribet dalam menangani kasus yang saya alami.

Jika ada cara praktis kenapa tidak memakai? Mengingat jika menggunakan plugin untuk mengaktifkan camera raw maka anda harus mengunduhnya. Ketika mengunduh maka anda harus membutuhkan waktu untuk menunggu.

Nahkan malah jadi lama dalam penanganan menampilkan camera raw. Mungkin tutorial dibawah ini akan memberikan solusi terbaik untuk anda. Silakan simak dengan baik – baik agar mendapatkan penanganan baik.

Pertama, siapkan photoshop kamu dengan cara masuk ke aplikasi tersebut guna menampilkan camera raw. Bila sudah masuk ikuti step by step berikutnya.

Kedua, cara kedua ini langsung masuk ke tampilan photoshop, nah di tampilan utama ini anda bisa arahkan kursor menuju ke menu Edit -> Preference -> Camera RAW. Mungkin gambar dibawah ini bisa menjelaskan untuk menambahkan fitur kamera raw.

menampilkan camera raw

Nah untuk gambar diatas tersebut bisa ambil di menu Edit di bar bagian atas photoshop ya sob. Mungkin ada salah satu yang bingung kok bisa nampilin itu ya.

Ketiga, setelah menekan menu tersebut maka akan tampil jendela baru. Dimana pada jendela ini anda harus mengatur satu menu yang ada.

mengaktifkan camera RAW

Diatas adalah gambar tampilan jendela baru untuk menampilkan camera raw di photoshop. Selanjutnya bisa mengikuti langkah – langkah dibawah ini.

Keempat, setelah masuk pada tampilan yang sama seperti di tampilan gambar. Maka arahkan kursor anda kebawah pada bagian JPEG and TIFF Handling -> JPEG -> Klik Kolom yang berada di samping tulisan JPEG tersebut.

menambah camera raw

Kelima, pada menu tersebut kan ada tombol anak panah. Berarti bisa di tekan untuk memilih opsi lainnya. Nah langkah berikutnya adalah menekan tombol tersebut kemudian pilih Automatically open all supported JPEGs.

Gambar diatas sudah menjadi penjelas apa yang saya maksudkan untuk menambah camera raw.

Setelah semuanya selesai di setting maka tinggal klik OK yang berada tepat di pojok kanan atas jendela tersebut. Setelah itu anda bisa merestart photoshop atau membuka kembali aplikasi edit foto tersebut. Sesudah masuk kembali, silakan masukan atau import gambar baik CTRL +I atau drag and drop.

Perlu di ketahui bahwa ketika import gambar jika spek laptop atau komputer anda low. Maka dipastikan akan mengalami lemot dan agak lag jadi anda harus sabar aja jika ingin menggunakan camera raw.

Bila anda ingin mengembalikan seperti semula, silakan tinggal ikuti tutorial diatas lalu pilih menu yang sebelumnya. Bila anda lupa menu tersebut itu apa dan namanya apa. Menu tersebut bernama Automatically open JPEGs with Settings.

Menu tersebut bisa anda temukan pada gambar terakhir yang sudah di mark warna biru itu adalah mennu defaultnya. Jika sudah dikembalikan maka tinggal pilih saja menu tersebut.

Tips Menggunakan Camera RAW untuk Edit Foto

Sebagai panduan dasarnya, saya akan memberikan tips untuk mengedit foto menggunakan camera raw ini. Mungkin tak bisa semahir kalian yang sudah fasih dalam penggunaan filter dan mainin warna.

Sebagai dasarnya anda harus mempunyai foto jangan jpeg, jpg atau png. Soalnya banyak yang memakai format itu dan format tersebut tuh gambarnya sudah mateng dan susah untuk diolah.

Untuk menghindari dan mengantisipasinya maka bisa menggunakan gambar berformat RAW. Apabila anda menggunakan kamera dlsr misalnya bsia juga tuh diubah menjadi format raw.

Demikian ulasan saya mengenai cara menampilkan camera raw di segala versi photoshop. Jika sudah berhasil maka cara diatas sudah menjadi solusi terbaik untuk anda. Jika belum silakan tinggalkan komentar dibawah agar saya bisa membantu anda.

Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *