Menampilkan Kecepatan Internet di Windows

Jaringan internet bisa kamu pantau melalui taskbar di windows 10. Meskipun kamu harus menampilkan kecepatan internet di windows tetap saja ada sebuah trik yang harus kamu coba. Kecepatan internet perlu kamu pantau guna menghindari pemborosan paket data bulanan.

Cara melihat kecepatan internet di PC, laptop dan komputer akan membantu kamu dalam menangani kasus – kasus tertentu.

Misalnya kamu ingin memunculkan kecepatan internet untuk melihat speed download dan uploud.

Up dan down sering disebutnya, biasanya dipakai untuk memantau jaringan yang sedang kamu gunakan. Apabila kamu sedang download atau uploud file tertentu di internet. Alat pengukur kecepatan internet adalah salah satu solusi untuk memonitoring kinerja jaringan.

Jadi, kamu sedang membutuhkan cara menampilkan kecepatan internet di windows?. Bila jawabannya iya, maka beruntunglah karena saya ingin memasukan ulasan tersebut guna memberikan solusi terbaik untuk pengguna baru yang kesusahan dalam mengetahui kecepatan internet di laptop.

Adapun merek laptop yang sering dipakai oleh warga indonesia yaitu lenovo, HP, asus, samsung dan merek laptop lainnya. Bagi pengguna pc komputer juga memiliki mereknya masing – masing. Sebetulnya kamu bisa melihat series perangkat yang kamu gunakan biasanya menggunakan windows seri Pro, Home dan Enterprise.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi Indihome

Mengenai cara memunculkan kecepatan internet, ada pula yang menggunakan operating system 64 Bit dan 32 Bit. Tetapi itu tidak menjadi halangan saya dalam memberikan ulasan cara mengetahui kecepatan internet di pc.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Semua Windows

Penghitung kecepatan internet kini sudah tidak menjadi rahasia umum lagi. Sejak tahun lalu banyak pengguna yang berebutan kepingin memunculkan speed jaringan internet mereka pada taskbar windows. Biasanya terletak di samping ikon baterai laptop.

Cara melihat kecepatan internet di laptop adalah salah satu cara untuk monitoring kinerja jaringan kamu. Apabila kamu sedang tidak memakai internet untuk apapun. kamu bisa cek menggunakan alat pengukur kecepatan jaringan ini untuk memunculkan kecepatan internet.

Bila kamu tidak merasa menggunakan internet kemudian di dalam alat tersebut terdapat berapa MB atau GB yang sedang berjalan.

Kamu bisa memonitoring guna menghindari download otomatis seperti update windows.

1. Net Speed Monitor Windows XP, Vista dan 7

internet speed monitor untuk windows xp, vista dan 7

Aplikasi pertama memunculkan kecepatan internet ini dikeluarkan oleh pengembang program muhtahir di luar sana.

Kemudahan untuk mendiagnosa penggunaan jaringan internet bisa kamu peroleh ketika sedang menggunakan aplikasi speed internet Net Speed Monitor.

Dalam segi fitur, kamu akan mendapatkan kelebihan dan kekurangan masing – masing. Mengenai kelebihannya seperti antarmuka sederhana, program ukuran kecil dan menjadikan alat diagnositk yang baik.

Kelemahan Net Speed Monitor adalah hanya mendukung tampilan di taskbar vertikal, tidak menduduki sistem dan Menandai proses yang tidak dikenal.

Baca Juga : Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP Android

Namun disini adalah kelemahan yang paling tidak saya sukai adalah tidak mendukung operasi sistem windows 10. jadi untuk pengguna windows 10 tidak akan mendapatkan dukungan untuk aplikasi Net Speed Monitor.

Program ini hanya dapat berjalan di windows XP dan windows vista, jika ada yang bilang bisa berjalan di windows 7 itu memang benar juga.

Hal ini akan menimbulkan dampak negatif kepada developer aplikasi ini. Soalnya mayoritas sekarang adalah pengguna windows 10 sekurang – kurangnya windows 8.

Jadi, pengguna akan beralih menggunakan daftar rekomendasi aplikasi melihat kecepatan wifi di laptop dibawah ini.

Unduh Aplikasi Net Speed Monitor

2. Jc Net Meter

internet meter pc

Selanjutnya untuk kategori aplikasi pengukur speed internet pc adalah Jc Net Meter.

Aplikasi ini merupakan alat praktis untuk memungkinkan kamu memantau aktivitas internet secara efektif.

Tak hanya digunakan untuk memantau kecepatan inet melainkan masih bisa dipakai untuk kegiatan lain mempengaruhi koneksi kamu.

Jc Net Meter adalah alat unik untuk memunculkan kecepatan internet soalnya sangat membantu apa yang sedang kamu cari agar dapat membuat kamu semakin lihai memantau konektivitas jaringan internet kamu di taskbar laptop. Adapun kelebihan dan kekurangan yang ditimbulkan program ini.

Baca Juga : Cara Hapus Malware Chromium di Semua Windows (Laptop & PC)

Kelebihan aplikasi ini adalah bisa di kustomisasi, mengukur kecepatan internet secara realtime dan menyimpan catatan data yang diunduh dan diunggah.

Kelemahannya adalah mungkin tidak ada kendala di bagian manapun namun saja tampilan nya yang kurang menarik.

Apabila kamu ingin melihat statik bulanan atau harian kamu, menggunakan Jc Net Meter tidak bisa.

Masih banyak yang bisa kamu temukan bila kamu menggunakan aplikasi Jc Net Meter.

Unduh JC Net Meter

3. Menggunakan Apps Net Speed Monitor di Windows 10

Karena menggunakan cara diatas tadi hanya khusus untuk pengguna windows vista, windows xp dan windows 7 saja.

Saya akan memberikan trik membobol atau istilahnya instal paksa program net speed monitor ke windows 10.

Menggunakan cara yang saya berikan ini akan membantu kamu dalam pengukur kecepatan internet di taskbar windows 10.

Gunakan cara yang saya berikan maka akan bisa menampilkan kecepatan transfer data internet secara realtime.

  • Apabila kamu belum mengunduh aplikasi, silakan unduh saja aplikasinya melalui link yang sudah saya berikan diatas tadi. Bila sudah terbuka silakan pilih operasi sistem berapa bit yang kamu gunakan.
memilih sesuai jenis os berapa bit
  • Kemudian masuk ke folder penyimpanan unduhan. Setelah itu pilih file bernama netspeedmonitor_2_5_4_0_x64_setup untuk melakukan instalasi paket.
memasang net speed monitor di windows 10
  • Walaupun ada notifikasi yang menandakan intinya operasi sistem kamu tidak cocok untuk pemasangan aplikasi net speed monitor. Klik OK kemudian klik Close.
tidak bisa instal net speed monitor di windows 10
  • Agar aplikasi Net Speed Monitor terpasang pada sistem operasi windows 10 guna memunculkan kecepatan internet. Silakan masuk ke folder penyimpanan aplikasi lalu Klik Kanan -> tekan menu Troubleshoot Compability.
memunculkan kecepatan internet
  • Setelah itu tunggu hingga Detecting Issues selesai.
detecting issues
  • Langkah berikutnya adalah klik Next untuk melanjutkan ke proses berikutnya. Apabila kamu masih ragu apakah bisa dijalankan atau tidak programnya. SIlakan tekan tombol Test The Programs.
memunculkan kecepatan internet
  • Kemudian akan muncul tampilan baru dimana kamu disini akan saya suruh untuk menekan opsi Yes, save these settings for this program -> Tunggu sampai proses Resolving issues selesai -> Close the troubleshooter.
  • Setelah itu kamu bisa menekan tombol Next seperti tanda kotak dibawah ini.
memasang net speed monitor
  • Lalu akan muncul seperti gambar dibawah ini, kamu cukup pilih Next untuk melanjutkan.
internet speed meter windows 10
  • Kemudian centang pada bagian “I Accept the Terms in the License Agreement” lalu tekan Next.
aplikasi kecepatan internet
  • Selanjutnya akan dihadapkan dengan tampilan baru dimana kamu hanya menekan tombol Next.
Baca Juga : Cara Agar Bisa Masuk Windows 10 Safe Mode
aplikasi untuk melihat kecepatan internet secara realtime
  • Kemudian akan muncul seperti digambar bahwa kamu siap untuk memasang aplikasi lalu klik Install.
aplikasi pengukur kecepatan internet di laptop
  • Kalaupun tidak bisa dan muncul tidak support kamu bisa masuk ke pengaturan sebelumnya seperti diawal tadi, kemudian klik next maka akan muncul lagi install di net speed monitor nya.
  • Setelah itu carilah file bernama nsmc.exe biasanya terletak di folder local disk C -> Program FIles => NetSpeedMonitor. Tekan tanda pada file nsmc.exe seperti gambar dibawah ini. Ada pop up muncul klik OK.
membuka file ncmc.exe
  • Pada jendela baru ini biarkan default saja kemudian klik Save maka akan menampilkan kecepatan internet di windows pada bagian taskbar dekat baterai.
memunculkan kecepatan internet

Bila muncul pop up berjudul Contribute to NetSpeedMonitor abaikan saja dengan cara menekan tombol close. Setelah itu silakan lihat pada tampilan taskbar windows 10 kamu. Apakan cara menampilkan kecepatan internet di windows sudah work di perangkat kamu?.

aplikasi melihat kecepatan internet pc
Baca Juga : Cara Instal WIndows 10

Bila sudah bekerja berarti cara yang saya berikan ini sudahberhasil. Bila kamu mendapati masalah apa saja mengenai ulasan ini, silakan beri tanggapan pada kolom komentar.

Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai cara menampilkan kecepatan internet di windows 10 dengan mudah. Bila kamu merasa cara ini bermanfaat silakan bagikan ke media sosial kamu.

Tinggalkan komentar