Cara Memperkuat Sinyal Wifi

Cara memperkuat sinyal wifi di smartphone android dan bisa diterapkan pada laptop disemua windows baik itu 7, 8, dan 10. Apabila kamu sedang kesusahan dalam penggunakan wifi tetangga, dimana ia menggunakan hotspot indihome kemudian penerimaan sinyalnya sangat lemah, anda bisa melakukan tips dibawah ini untuk perkuat signal nya.

Mengatasi sinyal lemah juga harus diatasi segera karena penangkapan signal oleh ponsel pintar kita tidak bisa digunakan jarak jauh dan sudah ditentukan batas terjaunya oleh si pembuat hp android tersebut.

Semestinya sekarang ini banyak yang mengeluh karena banyak jaringan hotspot kurang menerima kecepatan maksimum hingga lebih dari 1 mbps malahan hanya sampai ke puncak tertinggi 500 kbps.

Bayangkan internet indonesia selemot itu ketimbang negara seberang, singapura. Indonesia memang memiliki kualitas internet terburuk kedua di dunia. Jadi jangan sok – sokan pamer kecepatan internet karena memang paling kenceng itu hanya sekitar 5mbps jika kamu memakai paket indihome paling ekstra.

Baca : Cara Membuka Website Terblokir Pemerintah Agar Bisa Diakses Tanpa Pencekalan Internet Positif

Namun jangan risau, kami akan membantu masalah anda ini dengan cara mengambil sinyal kemudian memperkuatnya lagi agar android dapat melakukan penerimaan sinyal wifi yang maksimum bisa digunakan untuk streaming film, youtube, download dan lain sebagainya.

Fitur WiFi adalah salah satu fitur yang penting sistem smartphone. Dengan WiFi, kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan paket internet. Belum lagi kendala jaringan 3G/4G yang terkadang sedikit lemot ketika kuota internet berada diambang batas kehabisan.

Banyak masyarakat kini mengandalkan jaringan WiFi untuk mempercepat mobilitasnya dalam mencari informasi di internet, bukan hanya di PC melainkan juga di smartphone.

Bahkan, tidak sedikit yang mencari cara untuk membobol WiFi demi mendapatkan akses internet cepat secara gratis. Namun banyak kejadian yang menimpa sebagian orang yang sulit menghubungkan smartphone nya ke beberapa sambungan WiFi. Jangan risau berikut adalah cara memperkuat sinyal WiFi di smartphone yang bisa Anda terapkan.

Cara Berhasil Menaikkan Kecepatan Sinyal WiFi Sendiri dan Tetangga

Pasti kalian memiliki tetangga yang sudah memasang wifi bukan? nah itu kesempatan emas yang dapat anda lakukan bukan? Itu kalau tidak diberi sandi pasti anda akan menikmati internet gratis selamanya. Bila anda mengalami internet tidak stabil maka lakukan cara memperkuat sinyal wifi di android.

Namun tidak semestinya begitu, adakalanya pemilik mengetahui ada kasus pencolongan wifi mereka dengan melihat struk bulanannya. Apabila sebelum ketahuan semestinya kalian harus memanfaatkan kesempatan emas ini agar kecepatan wifi kamu semakin meningkat, berikut cara ada dibawah:

1. Perkuat Sinyal WiFi dengan Perbarui Baseband

Cara memperkuat sinyal wifi di android yang pertama adalah perbarui baseband Anda ke versi yang lebih update. Baseband adalah sebutan untuk struktur koneksi nirkabel pada smartphone seperti sinyal jaringan, WiFi dan sebagainya. Melakukan update baseband sendiri dilakukan untuk memperbaiki konektivitas firmware pada perangkat smartphone. Pastikan memilih baseband yang sesuai dengan perangkat Anda menggunakan tool resmi.

2. Ubah Pengaturan Dasar

Cara selanjutnya perkuat sinyal wifi adalah dengan mengubah pengaturan dasar WiFi itu sendiri. Kebanyakan orang justru menghiraukan untuk melakukan pengaturan dasar ini, padahal pengaturan ini penting untuk koneksi WiFi itu sendiri.

Baca : Cara Melindungi Akun Instagram Dalam Dunia Maya

Biasanya kita akan membiarkan sistem WiFi agar otomatis mencari beberapa koneksi WiFi disekitar, hal itu adalah kesalahan. Tak semua jaringan WiFi memiliki koneksi yang baik, ada juga yang memiliki koneksi buruk bagi smartphone. Untuk menghindari hal ini kita bisa mencegah beberapa koneksi buruk dengan mencentang ‘Avoid Poor Connection’ di pengaturan WiFi.

3. Perkuat Sinyal WiFi Mendekat ke Lokasi Router WiFi

Cara selanjutnya agar perkuat sinyal wifi adalah mendekat kerouter. Apabila Anda memiliki jaringan WiFi pribadi di rumah, usahakan untuk menempatkan modem atau router di tempat yang lapang seperti tempat tanpa sekat atau bisa juga di luar ruangan. Penghalang seperti tembok, kaca, atau juga pintu bisa membuat jaringan WiFi terganggu karena terhalang oleh objek yang harus ditembusnya terlebih dahulu.

Tempatkan router tersebut pada ruangan yang memiliki ukuran yang luas dan dekat dengan kegiatan keluarga seperti ruang keluarga, ruang tamu atau juga di ruang kerja. Jika terlanjur menempatkannya di posisi tertentu, maka Anda bisa mendekatkan smartphone Anda ke posisi router berada.

4. Perkuat Sinyal WiFi dengan Hindari Peralatan Elektronik Lain

Alat-alat elektronik seperti televisi, microwave dan kulkas memiliki gelombang elektromagnetik yang bisa mengganggu sinyal WiFi. Apabila gelombang sinyal dari WiFi berjumpa dengan gelombang elektromagnetik, maka gelombang sinyal akan mengalami noise.

Baca : Tips Membuat Label Nama di Instagram dengan Mudah Supaya Kekinian

Noise adalah gangguan akibat getaran yang diakibatkan kedua gelombang tersebut. jika hal ini terjadi maka sinyal yang akan di dapatkan oleh smartphone menjadi kurang stabil.

5. Perkuat Sinyal WiFi dengan Atur Frekuensi WiFi

Cara memperkuat sinyal WiFi di smartphone selanjutnya adalah Anda bisa memperkuat frekuensi WiFi menjadi 5 GHz. Pasti Anda pernah mempunyai smartphone yang kurang peka terhadap jaringan WiFi padahal smartphone lainnya bisa terhubung.

Pada perangkat smartphone yang lama biasanya setting WiFi berkisar di kekuatan frekuensi 2,4 GHz, padahal kekuatan tersebut bisa ditinggikan hingga 5GHz. Berbeda untuk jenis smartphone yang terbaru, kebanyakan sudah diatur menggunakan frekuensi 5 Ghz sehingga smartphone lebih peka terhadap jaringan WiFi.

6. Custom Fitur Lainnya

Beberapa fitur pendukung seperti kernel juga perlu Anda atur agar nantinya berdampak pada koneksi WiFi agar lebih gahar lagi. Masih berhubungan dengan firmware, kernel ini juga memiliki peranan penting dalam mengatur berbagai macam koneksi termasuk WiFi.

Baca : Trik Ampuh Dalam Memilih Charger untuk Ponsel Agar Awet dan Tahan Lama

Sama seperti baseband, kernel juga digunakan untuk memperbaiki koneksi internet, sinyal WiFi, dan sebagainya yang berhubungan dengan koneksi nirkabel pada smartphone.

7. Lupakan Koneksi Sebelumnya

Hapus beberapa riwayat koneksi yang tidak pernah lagi Anda gunakan. Penghapusan daftar koneksi WiFi tersebut bertujuan agar sistem WiFi lebih leluasa dalam mencari beberapa koneksi baru lainnya.

Anda bisa menghapusnya di bagian setting kemudian pilih ‘WiFi’, kemudai pilih ‘Saved Network’. Kemudian pilih beberapa koneksi yang sudah lama tidak Anda gunakan kemudian pilih hapus.

8. Aplikasi WiFi Booster dan Analyzer

Cara memperkuat sinyal WiFi di smartphone yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi WiFi Booster and analyzer. Aplikasi ini bisa Anda temukan dan instal secara gratis di Play Store. Seperti namanya, aplikasi ini cukup membantu Anda dalam mengkoneksikan smartphone pada jaringan WiFi.

Banyak fitur dan keuntungan yang bisa kita dapatkan pada aplikasi ini. Apalagi ketika aplikasi ini sudah diperbaharui, semakin banyak kemudahan yang kita dapat ketika menginstal aplikasi ini.

Sekedar mengingatkan saja bahwa tips cara mempercepat koneksi wifi windows 8 dan windows 10. Buktikan saja bahwa cara percepat konektivitas wifi ini semakin tinggi apabila sudah menerapkan cara mempercepat koneksi wifi windows.

Penutup

Demikian beberapa informasi terkini mengenai cara memperkuat sinyal WiFi di smartphone yang bisa Anda terapkan dimanapun dan kapanpun. Karena media internet menjadi kian penting dalam kehidupan maka perlu bagi kita untuk memperhatikan beberapa fitur di smartphone agar mobilitas kita semakin lancar.

Semoga tips di atas bisa membantu mengoptimalkan operasional smartphone Anda. Dengan trik diatas persoalan anda akan segera teratasi dengan cepat dan akan mendapatkan akses internet yang jauh lebih bagus ketimbang sebelumnya.

Apapun sinyal yang anda terima dan yang sudah anda miliki itulah kecepatan tertinggi dinegara kita yaitu indonesia.  Cukup beruntung jika kamu bisa perkuat sinyal wifi dan anda berdomisili anak kota ketimbang orang pedesaan karena internet kita masih belum bisa menjangkau wilayah pedalaman di nusantara ini.

Tinggalkan komentar