Cara Mematikan Update Windows 10

Banyak diantara kamu yang menggunakan laptop dengan sistem operasi windows. Windows 10 ini yang sering saya lihat di laptop baru di pasar online maupun offline. Diantara produk tersebut pasti akan ada fitur pembaruan otomatis. Kamu bisa kok mematikan windows update.

Update windows secara otomatis ini sangat mengganggu apabila kamu menggunakan jaringan seluler untuk internetan di laptop. Setiap ada pembaruan, vendor sekelas windows akan memperbaiki konfigurasi lama ke baru dengan ukuran yang tidak main – main.

Mengenai cara disable windows update ini bisa kamu lakukan dengan permanen dengan menghentikan layanan aktif ke jaringan windows. Terdapat versi windows 10, yaitu windows 10 home dan pro.

Keduanya memiliki perbedaan dari segi ilegal dan legalnya. Versi ori dipegang windows home dan bajakan sering dipakai windows pro. Mau gimana lagi sob, kalau tidak ada windows laptop kita tidak akan menyala sampai sekarang.

Menonaktifkan auto update windows 10 juga akan mengurangi biaya kuota bulanan kamu. Dengan menghentikan layanan ini kamu tidak akan mendapat fitur terbaru, namun masih bisa di update dengan cara menghidupkan nya kembali.

Selanjutkan ada keuntungan dan kerugian apabila ingin mengikuti cara menghilangkan update windows 10. Berikut penjelasannya ada dibawah ini.

Keuntungan Tidak Update Windows

  1. Kamu tidak usah khawatir bila paket internet ponsel tersedot.
  2. Laptop tidak lambat karena proses pembaruan biasanya ada di tindakan background.
  3. Tidak ada pemberitahuan untuk memperbaui sistem operasi windows.

Kerugian Tidak Memperbarui Windows

  1. TIdak mempunyai tampilan dan fitur baru yang disediakan pada saat pembaruan otomatis.
  2. Tidak ada dukungan resmi dari windows sendiri.
  3. Mempunyai beberapa kendala diantaranya driver.
  4. Terdapat beberapa komponen yang rusak karena tidak memperbarui OS.
  5. Bukan hanya rusak, tapi tidak bisa digunakan lagi software yang memiliki akses ke windows resmi.

Mungkin hanya itu saja keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan apabila tidak update windows. Sebetulnya masih banyak lagi tapi itu hak kamu menentukan mau pilih mana, update atau tidak.

Bagi saya sih tak perlu diperbarui kalau laptop hanya dibutuhkan untuk mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan dan tugas kuliah. Soalnya hanya membutuhkan aplikasi pengolah kata saja tak perlu banyak program yang terinstal.

Kalau kamu ingin memperbarui bisa kok datang ke wifi kemudian tinggal update saja deh. Tapi menurut saya sih jangan dulu, kalau operasi sistem yang sekarang aja masih bisa digunakan dan masalahnya hanya di boros kuota saja, kamu bisa disable update windows yang sedang berjalan secara permanen dibawah ini.

Cara Disable Update Windows Selamanya

Kamu akan merasa jengkel apabila sudah ada pemberitahuan terus menerus soal disuruh update windows ten. Saya juga sempat merasa begitu pada akhirnya saya menghentikan windows upgrade dan akhirnya ketemulah beberapa trik nya.

Agar windows tidak update, kamu bisa langsung melakukannya melalui tutorial berikut ini.

Baca Juga : Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

1. Menggunakan Layanan Services

Menu service pada windows sering digunakan untuk mengatur segala macam keperluang. Salah satunya adalah stop windows agar tidak melakukan update terus menerus.

Pasalnya kalau tidak di matikan, kuota kamu akan habis hanya untuk mendownload keperluan windows, oleh karenanya kamu dapat melihat langkah – langkah matiin nya dibawah.

Pertama, kalian harus masuk dulu ke layanan servise bawaan windows. Caranya hanya menekan tombol Windows/ Start Menu -> Ketik Services -> Enter.

cara mematikan windows update

Kedua, kalian akan memasuki pada program tersebut. Ada banyak program yang running, disini kamu cukup membuka dua program untuk dimatikan. Program pertama bernama delivery optimization dan program kedua bernama windows update.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Cortana Secara Permanen

Ketiga, Agar proses auto update windows ini berhenti sempurna maka Matikan program pertama terlebih dahulu dengan cara cari program yang namanya adalah Delivery Optimization. Urutkan saja mulai dari huruf D, nanti juga akan ketemu.

mematikan running delivery optimization

Keempat, dobel klik program tersebut nanti akan muncul tampilan popup baru. Lalu klik di Startup type diubah menjadi disable kemudian klik pada service status diubah menjadi stop -> Selanjutnya klik Apply lalu OK.

mematikan fungsi delivery optimization

Kelima, sudah selesai disable delivery optimization nya, namun belum selesai, masih ada trik lainnya dimana ada satu program lagi untuk dimatikan juga pada Services juga, selanjutnya coba ke langkah nomor 2.

Baca Juga : Cara Mengunci Folder di Windows 10

2. Menonaktifkan Update Windows 10 Melalui Services

Kalau langkah mendisable sebelumnya adalah menghentikan proses Delivery Optimization, maka pada langkah kedua ini langsung pada menu Windows Update.

Hal tersebut bisa berguna untuk mengatasi kuota internet di laptop boros. Nah, bagi kamu yang sudah merasa penasaran, lihat tutorial berikut :

Pertama, langkah yang harus kamu lakukan pertama kali untuk menghentikan update windows adalah sebagai berikut ini. Masih dalam menu service tadi ya, scrol kebawah carilah yang namanya windows update.

mematikan services windows update secara permanen

Kedua, dobel klik saja servis tersebut nanti akan muncul jendela popup baru seperti dibawah. Selanjutnya anda bisa melakukan seperti cara yang diatas tadi, klik pada Startup type dijadikan Disable, Klik stop lalu klik Apply dan OK.

konfigurasi disable

Ketiga, hanya itu saja sih dibagian servis nya. Coba sekarang restart terlebih dulu laptop kamu kemudian masuk ke servis lagi untuk memastikan bahwa windows update berhasil dihentikan.

Keempat, kalau kedua services diatas running lagi, berarti harus ditindak lanjuti menggunakan cara nomor 3.

3. Menggunakan Aplikasi WUB

Cara agar tidak update otomatis yang ketiga adalah kamu bisa memakai bantuan aplikasi. Kamu tidak perlu mengotak – atik lagi layanan windows untuk mendisable.

Pasalnya, saat menggunakan aplikasi ini kamu hanya perlu memasang kemudian tekan tombol yang ada di aplikasi, tentu update otomatis sudah di hilangkan, tutorial ada dibawah :

Pertama, silakan download aplikasi WUB atau Windows Update Blocker melalui link disini : Unduh WUB. 

Kedua, kalau masih dalam bentuk rar maka harus di ekstrak dulu menggunakan winrar. Cara ekstrak lihat tutorial dibawah:

ekstrak windows update blocker

Buka Lokasi Unduhan -> Klik Kanan -> Ekstrak Here -> Selesai

Ketiga, silakan masuk ke folder WUB v1.1. Disitu sudah ada aplikasi nya, tenang saja aman kok soalnya saya sudah memakainya di laptop saya ini.

file windows update blocker

Keempat, klik kanan pada wub.exe, itu adalah ekstensi dari sebuah aplikasi untuk laptop. Klik kanan – Run As Administrator, nanti akan ada permintaan, pilih Yes.

buka windows update blocker

Kelima, kalau tampilan pada menu WUB service nya memiliki poin tanda di samping tulisan Enable Service, maka ubahlah ke Enable service. Jangan lupa mencentang bagian Protect Service Settings.

blokir akses update windows 10

Keenam, langkah terakhir cukup mudah, arahkan kursor kamu ke menu Apply Now. Selamat windows kamu sudah tidak akan ada pemberitahuan update lagi dan semakin irit kuota internet dari hp kalian.

Bagi kamu yang masih kebingungan atau mau yang versi video saja, kamu bisa menemukan video mengenai hal serupa dibawah ini ya.

Penutup

Demikian ulasan saya tentang dunia laptop lagi dengan begitu kamu sudah tidak akan lagi mendapatkan sebuah layanan update otomatis dari pihak windows ten. Apabila masih sering mengalami hal serupa, kamu bisa menggunakan aplikasi untuk cara menonaktifkan auto update permanen.

Permanen ini bisa dikatakan tidak akan ada notif suruh update, kamu sudah terbebas dari itu semua. Sekarang, kamu sudah bisa mematikan windows update nya bukan? Semoga bermanfaat.

2 pemikiran pada “Cara Mematikan Update Windows 10”

Tinggalkan komentar