Mau Tahu Cara Ping CMD? Ayo Cari di Sini

 

cara ping cmd

Cara Ping CMD. Internet di zaman sekarang memang telah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Dengan semakin tingginya kebutuhan orang akan internet membuat koneksi cepat sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan manusia tersebut. Untuk membuat koneksi internet ini selalu baik maka ada sebuah cara yaitu perintah Ping (Packet Internet Gropper) di CMD (Command Prompt) yang bisa dijalankan. Cara Ping CMD ini bekerja dengan menggunakan metode mengirim sebuah paket data melalui IP (Internet Protocol). Tidak hanya untuk membuat stabil koneksi internet, tapi ping di CMD ini juga bisa membuat Anda melihat kecepatan koneksi internet. Tapi bagaimana cara ping CMD yang bisa dilakukan untuk menstabilkan koneksi internet? Berikut informasinya.

Baca Juga : Baterai Laptop Mudah Habis? Cara Mudah Cek Kesehatan Baterai

  1. Cara Ping CMD di Windows

Berikut beberapa langkah untuk bisa melakukan perintah Ping di CMD :

  • Pertama, Anda harus membuka aplikasi Command Prompt di Windows Anda.
  • Kemudian ketik “cmd” di fitur Search dan klik Command Prompt.
  • Berikutnya, cek alamat IP (Internet Protocol) dengan mengetik perintah ipconfig /all, lalu, tekan tombol Enter untuk mengeksekusinya.
  • Setelah itu scroll down layar CMD sampai Anda menemukan nomor DNS Servers. catat nomor yang ditemukan untuk nantinya diperlukan buat ping koneksinya.
  • Kemudian ketik perintah ping -l 500 <DSN Servers> -t dan tekan tombol Enter.
  • Ketika proses Ping CMD berjalan disarankan agar Ada tidak menutup CMD supaya koneksi internet Anda tetap stabil. Anda hanya perlu meminimize kan saja CMD-nya.

Dari hasil yang didapatkan maka kita bisa mengartikan beberapa hal. Sebagai contoh hasil dari Reply from 192.168.43.1 bytes=500 time=1ms TTL=46 maka dapat diketahui bahwa :

  • Adanya balasan dari host yang di Ping yaitu 192.168.43.1 yang artinya koneksinya terhubung.
  • Bila didapati bytes = 500 artinya terdapat 500 paket data yang dikirimkan ke tujuan.
  • Bila didapati time=1ms (mili second) maka artinya ketersediaan bandwidth masih besar. Sebab semakin besar nilai time-nya (ms) maka koneksi internet semakin lemot tetapi jika nilai time semakin rendah maka semakin stabil koneksi internetnya.
  • Kemudian bila didapati ada TTL (Time to Live) lebih dari 64 maka artinya Request Time Out (alamat tujuan tidak ditemukan). TTL sendiri artinya ukuran yang menunjukkan jumlah waktu yang diberikan dalam satu kali pengiriman paket data supaya bisa tetap hidup.
  1. Cara Ping CMD Pada Linux dan Mac

Untuk melakukan Ping CMD pada Linux dan Mac maka Anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Pertama, buka terminal. Terminal ini bisa Anda dapatkan di Applications → Utilities. Selain itu Anda juga bisa membuka terminal lewat spotlight atau juga dengan mengakses folder Utilities dengan cepat melalui menu Go.
  • Berikutnya, masukkan perintah ping dengan mengetikkan ping nama domain/IP, misalnya, C:>ping google.com kemudian tekan Enter.
  • Setelah mengirimkan ping maka Anda akan bisa melihat hasilnya dengan seluruh data yang berkaitan. Dari sini Anda juga bisa menangani masalah jaringan atau peladen dengan menerjemahkan data yang ada.

Baca Juga : Cara Menstabilkan Koneksi Internet Di Android Saat Main Game Online

Catatan :

Hasil atau output dari ping ke Windows dan Mac atau Linux ini memang akan terlihat ada perbedaan. Hal ini dikarenakan pada output Windows akan didapati tulisan Reply, sementara pada output Mac dan Linux tidak akan didapati tulisan Reply.