Mau Install 2 WhatsApp dalam Satu Ponsel? Begini Caranya!

Install 2 Whatsapp. WhatsApp merupakan salah satu aplikasi messaging yang sangat populer di masyarakat. Kepopuleran aplikasi besutan Jan Koum dan Brian Acton ini bisa dilihat dari jumlah pengunduhnya telah mencapai 1 miliar kali di Play Store, belum termasuk di App Store. Bahkan peningkatan lebih tinggi terjadi ketika WhatsApp diambil alih atau diakuisisi Facebook di tahun 2014. Peningkatan jumlah pengguna WhatsApp dari kejadian akuisisi Facebook inilah yang kemudian memunculkan fenomena install 2 WhatsApp.

Dengan semakin bernilainya aplikasi WhatsApp memang membuat  ketergantungan seseorang pada WhatsApp semakin besar. Nah dari sinilah kemudian banyak orang yang berharap punya 2 WhatsApp dalam satu ponsel. Tapi apakah keinginan memiliki 2 WhatsApp dalam satu ponsel ini bisa dijalankan? Jawabnya tentu saja bisa. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat mempunyai 2 WhatsApp dalam satu ponsel.

Baca Juga : Cara Menggunakan WhatsApp Web

  1. Menggunakan Dual Messenger

Pertama, cara yang bisa Anda jalankan untuk install 2 WhatsApp adalah dengan menggunakan Dual Messenger. Dual Mesengger merupakan sebuah fitur dari sebuah smartphone yang mampu membuat sebuah akun mesengger bisa digandakan menjadi dua atau lebih. Untuk bisa menggunakan Dual Mesengger ini maka Anda harus mengecek terlebih dahulu keberadaan fitur ini di smatphone. Bila fitur Dual Mesengger ini memang ada maka Anda bisa menggunakannya. Tapi jika memang tidak ada, maka Anda tidak akan bisa memakai atau install 2 WhatsApp. Biasanya smartphone keluaran terbaru punya fitur ini untuk Anda manfaatkan. Sebagai contoh smartphone yang dibekali Dual Mesengger adalah Samsung A8 2018. Nah dari sini Anda yang ingin memiliki 2 WhatsApp dengan Dual Mesengger bisa melakukan langkah-langkahnya yaitu :

  • Buka setting atau pengaturan > Advance Features > Dual Messenger.
  • Pada tampilan Dual Messenger, Anda akan bisa menjumpai beberapa aplikasi yang bisa dan didukung untuk proses penggandaan.
  • Untuk mengaktifkan 2 akun WhatsApp, Anda harus menggeser slider-nya.
  • Setelah itu Anda bisa melewati beberapa proses registrasi nomor telepon baru untuk WhatsApp kedua.
  • Dari sini proses penggandaan WhatsApp pun bisa dijalankan.
  1. Menggunakan Aplikasi Dual Space atau Parallel Space

Berikutnya, cara untuk melakukan install 2 WhatsApp dalam satu ponsel adalah dengan menggunakan aplikasi Dual Space atau Paralllel Space. Begini cara melakukannya :

  • Langkah pertama, Anda harus mendownload serta aplikasi Dual Space atau Paralllel Space di Play Store atau App Store.
  • Berikutnya, saat aplikasi sudah terinstall, buka aplikasi Dual Space arau Paralllel Space tersebut.
  • Nanti setelah dibuka, aplikasi akan meminta izin dan Anda harus menekan tombol Turn On.
  • Setelah itu Anda akan bisa melihat beberapa aplikasi bawaan yang bisa digandakan seperti WhatsApp, Instagram, Twitter dan LINE. Tapi meski demikian, Anda bisa menambahkan aplikasi lain bila ingin digandakan.
  • Karena Anda ingin punya 2 WhatsApp dalam satu ponsel maka Anda harus memilih aplikasi WhatsApp untuk proses penggandaan.
  • Nantinya Anda akan digiring ke menu awal WhatsApp untuk melakukan pengaturan dengan nomor HP baru untuk didaftarkan pada WhatsApp.
  • Dari sini maka Anda sudah bisa memiliki dua akun WhatsApp dalam satu ponsel.

Baca Juga : Cara Logout WhatsApp

Catatan :

Karena aplikasi Dual Space ini adalah aplikasi pengganda maka WhatsApp kedua yang merupakan hasil penggandaan tidak akan tampil dalam sebuah shortcut di layar ponsel. Jadi untuk membuka WhatsApp kedua, Anda harus masuk kembali ke aplikasi ini.