Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Menakjubkan! Berikut 10 Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat bengkuang bagi kesehatan

Manfaat  Buah Bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan – Bengkoang atau yang juga disebut sebagai bengkuang merupakan tanaman yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Akarnya mencapai 2 m dengan batang yang menjalar dan rambut-rambut halus yang mengarah ke bawah.

Bengkuang dapat dijadikan sebagai rujak, manisan, ataupun asinan.Tanaman Bengkuang termasuk ke dalam Genus Pachyrhizus dan Spesies P. erosus.

Menurut Sorensen (1988), genus pachyrhizus terbagi atas 5 spesies yakni P. ahipa (wedd.) parody, Pachyrhizus erosus (L.) Urban, P.tuberosus (lam.) spreng, P. ferrugineus (piper), dan P. panamensis clausen. Ada dua varietas yang banyak dibudidayakan di negara kita, yaitu bengkuang gajah dan bengkuang badur.

Perbedaannya, bengkoang gajah dapat dipanen saat memasuki usia tanaman 4-5 bulan, sementara itu untuk Bengkoang badur dapat dipanen ketika tanaman berusia 7-15 bulan.

Baca : Memperkecil Perut Buncit Anda Menggunakan Metode Seperti Ini

Tumbuhan bengkuang membentuk umbi akar atau yang juga disebut cornus yang berbentuk bulat layaknya seperti gasing dengan kulit umbinya yang tips berwarna kuning.

Sementara itu, untuk bagian dalamnya berwarna putih terdapat cairan segar dan berasa agak manis. Jika anda ingin mencari umbi bengkoang yang berkualitas, pilih yang beratnya mencapai 3 kg dan berdiameter Antara 10-30 cm.

Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bengkoang memiliki banyak sekali zat gizi yang berkhasiat bagi kesehatan maupun kesehatan tubuh. Buah atau umbi yang satu ini kaya akan vitamin, mineral, dan air dalam takaran yang cukup tinggi.

Menurut Wirakusumah, 2004 setidaknya ada 10 nutrisi yang terkandung di dalam buah tersebut. Adapun kesebelas nutrisi yang dimaksud adalah energi 55 kalori, protein 1,4 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 12,8 gram, insulin 2,6 gram, kalsium 15 mg, fosfor 18 mg, vitamin B1 0,04 mg, Vitamin C 20 mg, dan zat besi 0,6 gram untuk ukuran 100 gram buah bengkoang. Selain itu masih banyak zat gizi lainnya yang terkandung pada buah yang satu ini.

Baca : Mengenal Jenis dan Khasiat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Baik untuk kesehatan maupun kecantikan, buah ini memang dikenal memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat yang luar biasa. Baik untuk mencegah maupun mengobati penyakit serta menjaga kulit wajah tetap cantik dan berseri, dan masih banyak yang lainnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat buah bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan :

Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada bengkoang terkandung 20 mg vitamin C per 100 gramnya. Dengan takaran segitu berarti sudah memenuhi 40% kebutuhan dosis vitamin C harian di dalam tubuh.

Jenis vitamin yang satu ini memiliki peran penting dalam hal menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia sehingga bakteri, virus, dan kuman penyakit tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Jangan salah, tak hanya susu saja yang berkhasiat untuk membuat tulang anda menjadi jauh lebih kuat, bengkoang pun juga memiliki khasiat yang sama.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral seperti magnesium, zat tembaga, dan zat besi. Mineral bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang sekaligus memicu pertumbuhan tulang baru yang rusak.

3. Baik untuk Kesehatan Otak

Manfaat buah bengkoang untuk kesehatan selanjutnya berhubungan dengan otak. Buah yang satu ini kaya akan vitamin B, salah satunya adalah vitamin B6 atau piridoksin yang mempunyai khasiat mengembangkan kemampuan kognitif dan fungsi otak.

Tak hanya itu saja, piridoksin juga berguna untuk membantu memperbaiki proses metabolisme dan kerja organ tubuh.

Baca : Belum Tau Khasiat Ciplukan? Hal Ini Membuktikan Betapa Manfaatnya Buah Satu Ini

4. Melancarkan Pencernaan

Bagi anda yang memiliki problem pada sistem pencernaan, Bengkoang menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Buah yang bernama latin Pachyrhizus erosus ini mengandung serat makanan yang cukup tinggi. Serat makanan memang dikenal sejak lama berkhasiat untuk membantu proses pencernaan tubuh.

Selain itu, serat dapat menjadi obat terbaik apabila anda mengalami sembelit, perut kembung, diare, hingga gangguan pencernaan lainnya.

5. Baik untuk Diet

Bagi anda penderita diabetes dan ingin melakukan diet, tak perlu tak dan ragu untuk melaksanakannya kadar glukosa pada bengkoang sangatlah rendah sehingga baik dan aman apabila anda melakukannya.

Selain itu dalam bengkoang juga terkandung oligofruktosa inulin atau sejenis karbohidrat yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga dapat mempermudah proses diet. Gula darah Anda tidak akan mungkin naik walaupun mengonsumsi bengkoang dalam jumlah banyak.

Manfaat Buah Bengkoang untuk Kecantikan

1. Mencegah Penuaan Dini

Usia masih sangat muda, namun wajah sudah terlihat sedikit lebih tua. Itulah tanda-tanda seseorang yang mengalami penuaan dini. Tentu anda tidak ingin mengalami hal tersebut bukan?.

Maka dari itu disarankan bagi anda untuk membuat masker dengan bahan dasar bengkoang dan gunakan pada setiap malam hari. Pada buah ini mengandung vitamin C yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah

2. Melembabkan Kulit Wajah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, buah yang menjadi salah satu bahan dasar pembuatan produk kecantikan ini mengandung kadar air yang tinggi dimana dimana didalamnya mengandung anti inflamasi.

Kandungan inilah yang berkhasiat untuk melembabkan kulit wajah yang kering. Caranya, cukup membuat masker bengkoang dan oleskan pada kulit wajah anda.

3. Menghilangkan Jerawat

Punya masalah pada jerawat? Ingin penampilan wajah menjadi cerah bersinar? Rahasianya ada pada bengkoang. Memang sudah sejak zaman dahulu buah ini menjadi rahasia kecantikan para ratu-ratu raja.

Jerawat yang membandel di wajah bisa hilang dengan menggunakan masker bengkoang buang dioleskan pada wajah anda secara rutin. Hasilnya akan nampak dalam jangka waktu 2 hingga 3 minggu apabila anda rutin mengoleskannya.

4. Mengurangi Bintik-bintik Hitam

Munculnya bintik-bintik hitam pada kulit wajah dapat mengurangi kecantikan para wajah anda. Selain itu bintik-bintik tersebut membuat anda merasa tidak percaya diri menjadi terganggu.

Maka dari itu, harus dihilangkan dari wajah anda. Caranya dengan menggunakan masker dari buah bengkoang sehingga wajah bisa tampil lebih bersih dan juga cantik. Oleskan secara rutin dua hingga empat kali dalam seminggu dan anda bisa merasakan hasilnya dalam jangka waktu 4 minggu.

5. Dapat Mendinginkan Kulit
Kandungan air yang tinggi pada buah bengkoang selain dapat melembabkan kulit, ternyata juga dapat mendinginkan kulit serta mengatasi rasa panas atau kulit yang terbakar di kala terkena panasnya sinar matahari secara langsung.

Untuk itu, oleskan masker wajah pada bagian wajah ataupun kulit tubuh lainnya yang terkena paparan sinar matahari. Jangan lupa, sebelum dijadikan masker, taruh terlebih dahulu bengkoang pada lemari pendingin.

Bagi anda yang ingin mencari buah yang satu ini tidak begitu sulit kok. Di pasar-pasar tradisional anda akan mudah menemukannya dan bisa langsung membelinya.

Harganya pun juga tidak terlalu mahal. Untuk ukuran 1 kg, hanya dibanderol seharga 10 ribu hingga 15 ribuan saja. Sementara itu untuk yang 500 gram biasanya dijual seharga 5000 hingga 8000. Wah cukup terjangkau bukan? Dengan harga yang murah, anda sudah bisa merasakan khasiat dari buah berwarna putih ini.

Akhir kata, demikian sedikit penjelasan mengenai manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan kecantikan, semoga bermanfaat bagi pembaca dan terima kasih atas kunjungannya di blog ini 🙂

Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *