Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Cara Mudah Mengatasi Line Tidak Bisa Dibuka di Smartphone Kita Terbaru

Cara Mengatasi Line Tidak Bisa Dibuka – Pada umumnya, LINE merupakan layanan messaging atau berbalas pesan melalui aplikasi. Seperti halnya aplikasi WhatsApp, Instagram dan Facebook, LINE juga sering mengalami error seperti ini.

Banyak pengguna yang mengeluhkan LINE tidak bisa digunakan.Bagi sebagian orang, line merupakan aplikasi chatting yang sangat penting. Pasalnya pada film AADC ada peran bahkan hampir semuanya menggunakan aplikasi LINE untuk chatting atau sekedar telepon dengan kawan, saudara bahkan pacar tercinta.

Mungkin saja yang menjadi ketenaran LINE melalui film tersebut karena film itu mengisahkan cinta remaja yang digandrungi para remaja juga. Lalu ada yang tertarik dengan layanan chat LINE karena ada fitur Timeline, stiker dan shop. Itulah yang menjadikan LINE lebih unggul dari aplikasi lainnya.

Namun sayangnya, masih ada kendala seperti line tidak bisa dibuka. Ini hanya asumsi saya, biasanya akan jikalau itu terkendala di koneksi maka akan muncul peringatan “Tidak dapat mengakses LINE, Periksa Koneksi Internet Anda” apabila bukan dari jaringan maka akan muncul seperti ini “Sayangnya aplikasi LINE Telah Berhenti” atau dalam bahasa inggris “Unfortunately the LINE application has stopped”.

Baca Juga : Cara Masuk Line PC dengan Email dan Password, Sangat Mudah!

Saya mempunyai pengalaman menarik tentang masalah error pada line. Mungkin bisa membantu sobat. Sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dulu alasan kenapa line tidak bisa dibuka, dan berikut pemaparannya untun Anda baca.

1. Aplikasi LINE yang bermasalah.
2. Cache aplikasi sudah menumpuk hingga membebabi kinerja LINE.
3. Smartphone mengalami masalah.
4. Aplikasi jarang update menjadi alasan utamanya.
5. LINE terjadi error, coba lagi nanti.
6. Jaringan internet mengalami gangguan alias trouble.
7. SIM card atau kartu sim mengalami masalah (rusak, cacat, kuningan hilang dan sebagainya).
8. Terlalu banyak Chat menumpuk.
9. Memori internal sudah penuh.
10. Kapasitas RAM (Random Access Memory) sudah melebihi batas.

Apakah sobat ingin saya ulas semua mengenai alasan satu persatunya biar semakin jelas untuk memperbaiki line tidak bisa dibuka?. Mungkin akan saya ulik dan kupas tuntas semuanya supaya sobat tak perlu lagi khawatir dalam menangani kasus seperti ini.

Cara Terbaik Mengatasi Aplikasi LINE Tidak Bisa Dibuka

Kenapa line tidak bisa dibuka di Android kita? Pastinya akan muncul pertanyaan seperti itu dikepala Anda bukan? Seperti yang kita tahu bahwa LINE merupakan aplikasi buatan tangan manusia, wajar saja kalau sering mengalami error dan berbagai macam masalah. Nantinya juga bakal ada pembaruan mengenai line error tersebut.

Untuk mengatasi persoalan diatas, sobat harus memperhatikan langkah – langkah dibawah ini dan untuk memastikan saja bahwa sobat benar – benar melakukan silakan baca semua tahapan dibawah supaya lebih jelas dan tidak bertanya-tanya kenapa bisa gitu, kenapa punya saya masih tidak dapat mengakses line dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Mudah Banget Membuka Line PC atau Laptop tanpa Kode Verifikasi

Mungkin ulasan tadi menggambarkan sikap manja ya:v. Baik langsung saja kita mulai perbaikan ini supaya masalah LINE Kelar hingga segera. Tak usah lama lagi kita langusng menuju ke intinya langsung dan berikut ulasannya.

1. Kapasitan RAM Android Sudah Penuh

Ketika RAM sudah melebihi kata penuh maka jangan dipaksakan untuk multitasking deh. Nantinya akan merusak sistem dan kinerja smartphone sudah tak lagi optimal. Anda tahu RAM tidak? RAM adalah singkatan dari Random Access Memori dimana si penyimpanan ini bersifat sementara.

Seolah – olah RAM merupakan data penyimpanan untuk sementara waktu dan bisa dihapuskan dengan cara mematikan perangkan Anda. Anda tak perlu khawatir bila sudah kelebihan Kapasitas RAM-nya, soalnya anda hanya bisa menggunakan dua cara yakni restart HP lalu hidupkan kembali dan hapus aplikasi dilatarbelakang menggunakan greenify.

2. Memori Internal Penuh

Dalam kasus sebelumnya kita membahas mengenai RAM yang mempunyai sifat penyimpanan sementara namun pada kasus nomor dua ini adalah penyimpanan internal atau memori telepon. Pada setiap smartphone mau itu berbasis Android atau IOS (Iphone) tetap saja mempunyai komponen ini untuk menyimpan data ponsel.

Ketika penyimpanan sudah penuh, anda bisa memilah di File Manager untuk menemukan file tak penitng untuk segera dihanguskan guna memperluas kapasitan storage android. Atau dengan menghapus salah satu aplikasi bahkan bisa juga beberapa aplikasi tak berguna lagi.

3. Terlalu Banyak Chat Menumpuk

Sebagai pengguna bijak dan polos, Anda tidak tahu kan bahwa setiap hari sekitar jam 12 siang akan ada akun official spam chat ke kita. Itu saya buktikan ketika saya sedang menggunakan LINE di tengah hari. Tanpa diundang, akun official bakal tetap mengirim pesan tersebut. Entah apa tujuan mereka, namanya juga akun resmi jadi bebas dong mau ngapain aja.

Tau tidak kalau Anda cuek dan acuh terhadap pesan tersebut, dia akan lama kelamaan menumpuk hingga ratusan chat perminggunya. Tak hanya akun official LINE namun masih banyak lagi akun yang Anda ikuti juga akan mengirimkan pesan yang sama kemudian hingga menjadi tumpukan pesan tak berguna.

Solusi terbaiknya cukup lakukan pembersihan secara berkala saja sob supaya tak ada lagi sampah chat yang menumpuk pada aplikasi yang mengakibatkan LINE tidak bisa di buka.

4. Bersihkan Cache dan Data Aplikasi

Tak hanya pesan saja yang menumpuk yang menyebabkan LINE tidak bisa dibuka. Sobat juga perlu mengecek secara berkala guna menghilangkan file temporary pada aplikasi LINE. Untuk membersihkan file sampah tersebut sobat hanya perlu mengikuti tutorial dibawah.

Masuk ke pengaturan -> manajemen aplikasi -> cari aplikasi LINE -> Hapus Cache/ Clear Cache.

Masuk ke pengaturan -> manajemen aplikasi -> cari aplikasi LINE -> Hapus Data/ Clear Data.

Kedua komponen itu sewaktu – waktu dapat menghasilkan tumpukan besar. Punya saya aja bisa sampai 200MB dengan pemakaian tanpa dibersihkan selama sebulan lebih bahkan hampir dua bulan. Makanya, saya sarankan untuk selalu membersihkannya dengan menggunakan langkah diatas untuk mencegah terjadinya LINE tidak dapat di akses.

5. Masalah pada Kartu SIM

Setidaknya kartu SIM membantu anda untuk berkomunikasi kan? Namun apa boleh buat jika saya menyalahkan kartu sim anda mengalami masalah pada jaringannya. Buktinya pada LINE kamu muncul peringatan bahwa tidak dapat mengakses line kemudian akan disuruh untuk perisak koneksi internet Anda.

Kalau sudah begitu, masak saya akan menyalahkan petugas konter? Itu pasti disebabkan karena sim card kamu mengalami masalah bisa itu rusak, cacat atau kuningan pada kartu SIM sudah buluk. Solusinya gimana dong?.

Anda bisa membersihkan kuningan apabila buluk atau kotor dengan pakai penghapus yang bebas kotoran pastinya. Silakan usap secara perlahan ya agar tidak memberikan goresan pada kuningan. Solusi lain anda hanya bisa mengakses internet memakai sim card lain dulu siapa tahu pakai yang lain bisa mengatasi line tidak bisa dibuka.

6. Jaringan Internet Bermasalah

Tak hanya kartu sim saja yang mengalami masalah, bisa juga karena jaringan anda kurang stabil karena aplikasi LINE membutuhkan namanya jaringan internet lebih supaya bisa mengakses layanannya. Ketika anda tidak dapat mengakses line karena terganggu dengan jaringan maka cara mengatasinya bisa menggunakan cara pindah ke jaringan wifi atau cari orang yang mau membagikan internetnya alias minta tethring.

Bila sudah, silakan cek kembali pada aplikasinya apabila masih tidak bisa diakses maka solusinya wajib gunakan cara dibawah ini supaya bisa teratasi dan tidak terkendala dengan sinyal lemah Anda. Oh iya jangan lupa tetap pastikan kondisi dan wilayah sobat kena sinyal lebih ya supaya lebih optimal.

7. Aplikasi Tidak Up-to-date

Saya sempat tidak menyarankan ini namun kalau tidak dimasukkan ke daftar cara mengatasi line tak dapat dibuka maka Anda tidak akan mendapatkan solusi secara maksimal dari pemaparan saya. Nah menganai aplikasi yang tidak pernah updata, itu sudah menjadi tanggung jawab anda menggunakan layanan LINE.

Jika sobat kepingin mendapatkan kinerja yang optimal maka setiap ada pembaruan lakukan update deh biar bug dan sistem crash tidak terjadi. Sebaiknya kalau memang males update karena terbatas dengan kuota internet, maka saya sarankan untuk menunda update hingga satu bulan lamanya, lalu sobat bisa lakukan update ke tempat wifi gratis atau semacamnya.

8. Smartphone Mengalami Masalah

Permasalah berikutnya ini bisa dikatakan smartphone telah usang. Biasanya, ini hanya biasanya saja sob jadi tidak saya sama ratakan ke tiap pengguna. Ada diluar sana yang masih memakai smartphone keluaran beberapa tahun sebelumnya dimana ponsel android itu tidak kompatibel dengan versi line manapun atau bisa juga bisa dipasang namun tidak dapat diperbarui.

Oleh karena itu, sobat harus mengetahui terlebih dulu aplikasi tersebut kompatibel dengan android sobat apa tidak dengan cara melihat deskripsi pada aplikasi tersebut. Setelah semuanya sudah dicek, jika cocok maka langsung instal namun jika tidak cocok mungkin sobat memerlukan aplikasi chatting yang serupa.

9. Hapus Aplikasi lalu Instal Kembali

Apabila sobat masih mengalami error seperti judul diatas, sobat bisa melakukan hapus aplikasi dengan cara mudah (sudah sering anda lakukan bukan?). Jika belum maka akan saya paparkan tentang cara uninstal aplikasi line di HP Android.

Masuk ke Pengaturan -> Manajemen Aplikasi -> LINE -> Copot Pemasangan.

Jika sudah dicopot, bisa langsung mengunduh aplikasi line di google play store (jangan di pencarian google). Saya tidak menyarankan untuk mengunduhnya melalui pencarian google itu sendiri karena ada beberapa aplikasi kasusnya sama seperti ini.

Aplikasi tersebut mulai memberlakukan pembelahan di setiap versi prosesor android, anda tidak tahu? Silakan simak artikel sebelumnya tentang mengetahui jenis prosesor (ARM). Jika sobat benar – benar ingin memperbaiki line error dan tidak bisa dibuka maka bisa melakukan dengan benar juga melalui unduhan yang sudah di sediakan pada playstore atau appstore (untung pengguna (phone).

10. Tutup Paksa LINE

Kembali lagi ini seperti persoalan nomor 1, sobat akan menjumpai harus memberhentikan layanan LINE tersebut dalam sementara waktu. Apa itu? Tutup paksa aplikasi tersebut guna menghibernasi si LINE supaya line berhenti beroperasi dan memiliki kinerja yang optimal apabila anda mau memulai menjalankan program tersebut.

Cara menutup aplikasi tersebut bisa masuk ke pengaturan lalu akan tampil beberapa menu, sobat tinggal pilih manajemen aplikasi dan lalu pilih aplikasi LINE kemudian tinggal klik pada menu Tutup Paksa. Dengan cara tersebut sobat bisa memulihkan line tidak bisa dibuka.

Penutup
Demikian ulasan mengenai cara mudah mengatasi line tidak bisa dibuka di android dan iphone. Mengenai merk apa saja biasanya bisa dilakukan pada hp vivo, oppo, htc, lg, motorola, samsung, xiaomi redmi, smartfren andromax, huawei, infinix dan merk hp lainnya. Dengan begitu masalah sobat sudah teratasi. Terima kasih sudah membaca pemaparan saya, apabila ada keluh kesah silakan masukan ke kolom komentar dibawah.

Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *