7 Tips Membeli Laptop Desain Grafis yang Berkualitas dan Murah

laptop murah untuk desain grafis

Laptop Desain Grafis – Pada jaman sekarang banyak orang sedang mencari perangkat dekstop portabel seperti laptop dan notebook dibawah 3 jutaan, 7 jutaan, 4 jutaan dan 6 jutaan. Mereka ingin memberikan desain visual yang epic dengan spesifikasi laptop desain grafis 3d.

Laptop untuk anak multimedia dan desain komunikasi visual (DKV) bisa menggunakan spesifikasi laptop dengan harga dibawah 5 jutaan. Itu sudah mumpuni banget untuk editing grafis seperti photoshop dan coreldraw.

Namun beda lagi jika kamu anak multimedia yang bernotaben editing video. Harus memakai laptop dengan spesifikasi RAM minimal 8 GB dan prosesor sudah intel I5 atau amd ryzen.

Tahukah Anda, di zaman milenial ini profesi sebagai designer grafis sudah kian melejit dan banyak perusahaan-perusahaan hingga start up yang membutuhkan profesi ini. Profesi designer grafis bahkan menjadi salah satu profesi yang digandrungi banyak milenial.

Untuk itu, dibutuhkan sebuah laptop yang dapat membantu untuk pekerjaan yang membutuhkan kreativitas ini. Coba nih ikuti 5 tips membeli laptop desain grafis yang berkualitas ini.

Baca Juga : Cara Setting Tanggal dan Waktu di Laptop Secara Otomatis

Sekarang ini memiliki sebuah laptop yang dengan mudahnya bisa dibawa kemana-mana tidak hanya berfungsi untuk mengetik tugas-tugas di Microsoft Office atau sekedar menonton dvd dengan mudah, tetapi bagi seorang profesi designer grafis membutuhkan beberapa software, fitur laptop yang mumpuni, hingga spesifikasi yang terdapat pada laptop untuk membantu menunjang hasil karya yang bagus.

Untuk itulah dibutuhkan beberapa tips agar tidak salah memilih dalam membeli perangkap laptop, khususnya untuk laptop desain grafis. Ini dia 5 tips-nya.

Spesifikasi Laptop Desain Grafis dengan Harga Murah

laptop murah untuk desain grafis

Harga murah yang diinginkan oleh seseorang manapun dengan spek tinggi. Nah pada artikel ini akan saya ulas mengenai hal tersebut. Jadi sobat tak perlu cari – cari lagi dimana laptop yang cocok untuk editing grafis maupun video. Berikut daftar untuk sobat jadikan referensi.

1. Memilih prosessor laptop yang efisien

Tidak sedikit laptop-laptop yang dijual kebanyakan toko menjadi panas ketika dipakai sehingga Anda sulit untuk melanjutkan berbagai pekerjaanmu di laptop tersebut. Agar pekerjaanmu sebagai designer grafis memberikan perfoma an hasil karya yang baik.Anda membutuhkan laptop dengan prosessor yang cepat dan dapat menunjang pekerjaanmu.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Prosesor AMD Timbang Lainnya

Umumnya, orang-orang akan memilih prosessor seperti intel core series dengan tingkat GHZ yang tinggi. Hal ini diharapkan agar pekerjaan di laptop desain grafis lebih mudah dan lancar untuk program desain grafis.

2. Kapasitas RAM yang memadai

RAM memiliki fungsi untuk mengecek apakah aplikasi yang dipakai untuk desain grafis berjalan dengan baik atau tidak. Jika kapasitas RAM yang Anda miliki semakin besar, maka akan memudahkan Anda dalam mengerjakan tugas desain grafis dan meminimalisir problem-problem yang bisa menghambat pekerjaanmu.

Perlu Anda ketahui, umumnya untuk sistem operasi windows 7 minimal menggunakan RAM berkapasitas 2 GB yang akan berjalan dengan 64 bit. Untuk mendapatkan RAM dengan kapasitas yang besar, tergantung harga serta mereknya. Salah satunya merek v-gen berkapasitas hingga 16 GB dengan dibandrol seharga Rp 2 jutaan.

3. Siapkan Budget

Bagi desaigner grafis yang ingin mendapatkan laptop desain grafis yang berkualitas agar memudahkan pekerjaannya tentu membutuhkan budget yang tidak sedikit. Sebabnya, laptop berkualitas tinggi dapat digunakan hingga jangka waktu yang lama. Apalagi didukung dengan tampilan dan fitur yang lebih canggih, sehingga sangat direkomendasikan bagi para profesi designer grafis.

Budget yang dibutuhkan kurang lebih 5-6 jutaan untuk membeli laptop desain grafis. Sebelum itu, Anda perlu melakukan survei di beberapa toko untuk menemukan laptop yang pas dan tepat. Tidak hanya itu, tetapi laptop dari brand terkenal juga dapat mempengaruhi kualitasnya. Jangan asal membeli laptop yang murah tetapi tidak memiliki kualitas oke. Lebih baik sekalian mahal demi pekerjaan yang lancar, bukan?

4. Baterai laptop tahan lama

Pekerjaan untuk sekelas desain grafis tidak bisa menyelesaikan hasil karyanya dalam waktu singkat. Butuh waktu dan kreativitas agar hasil karyanya jauh lebih maksimal. Apalagi kalau lagi asyik mendesain, tiba-tiba laptop mati dalam waktu singkat.

Baca Juga : Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop, Masih Awet atau Boros?

Hilang sudah hasil kerja kerasm Anda. Untuk itulah direkomendasikan kepada profesi designer grafis untuk mencari laptop design grafis dengan baterai yang tahan lama.

Biasanya, baterai laptop bertahan lama mulai dari 3-4 jam, namun tahu tidak kalau ada laptop yang bisa tahan lama hingga 6 jam lamanya! Namun, Anda bisa memilih laptop yang bisa bertahan hingga 4 jam saja, kok.

5. Ukuran & resolusi layar yang tepat

Pekerjaan desain grafis pasti membutuhkan visual yang tepat dan membuat Anda nyaman untuk mengamati layar dari ujung ke ujung. Carilah laptop yang memiliki resolusi layar yang tepat dan bagus.

Namun, dalam hal ini bukan ukuran yang besar menjadi patokannya ya. Untuk resolusi yang bisa direkomendasikan untuk pekerjaan designer grafis yang tepat ialah 1600px x 900px.

6. Kapasitas Hardisk

Anda juga perlu memperhatikan kapasitas hardisk yang ditawarkan oleh customer servisnya. Sebab, hardisk adalah penyimpanan utama yang di dalamnya sudah dipartisi menjadi beberapa bagian untuk penyimpanan. Anda bisa menyimpan apa saja di dalamnya, mulai dari dokumen, video, musik dan sebagainya.

Hardisk sendiri memiliki kapasitas yang sudah terbilang mumpuni jika sudah mengunjak angka 500 GB. Dengan ukuran segitu masih terlihat kecil di tahun sekarang. Kalau anda punya budget silakan cari laptop dengan hardisk 1 TB.

7. Memakai SSD

Ketika sobat melihat laptop tersebut menggunakan ssd, maka langsung sikat saja. Kalian tau tidak bahwa ssd itu mempunyai segi kecepatan membaca dan menulis yang sangat cepat. Bahkan lebih cepat ketimbang hdd.

Saya misalkan seperti ini, ketika sobat membuka laptop pada saat booting nah disaat itu loading akan terasa sangat cepat. Jika menggunakan hardisk maka loading akan berasa sangat lambat.

Di tahun ini masih jarang yang memakai ssd namun pikir – pikir lagi sekarang jamannya sudah semakin cepat jadi laptop juga harus cepat. Untuk itu pilihlah storage yang menggunakan ssd agar semakin kenceng.

Penutup

Anda akan mendapatkan kenikmatan tiada tara apabila menggunakan spek seperti ini. Memakai RAM 8GB, storage SSD dan prosesor i5 atau ryzen. Speksifikasi tersebut sudah sangat manjur untuk dunia editing dan grafis.

Apabila anda seorang videografer dan dunianya di adobe premiere dan after effect. Sangat rekomended banget deh, anda tidak perlu lagi yang namanya upgrade komponen.

Namun anda harus menyediakan budget minimal 7 jutaan. Jika tidak punya budget segitu saya saranin menggunakan laptop seri dibawahnya. Memakai hardisk sebagai storage juga ngga masalah.

Suatu saat anda bisa meng-upgrade komponennya agar lebih canggih dan kenceng lagi. Dengan begitu sobat sudah menyempurnakan minat dan bakat anda di dalam desain grafis.

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda dalam artikel tentang tips membeli laptop untuk desain grafis di tahun ini dengan harga murah dan berkualitas tinggi. Apabila ingin melihat lebih lengkap bisa berkunjung ke Tutorian21. Selamat beli laptop baru sob!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini