Penyebab Komputer Hang Beserta Solusi Mengatasi Macet Not Reponding

Penyebab komputer hang dan bagaimana cara mengatasi komputer not responding. Apakah kamu memiliki sebuah perangkat komputer? Atau setidaknya punya laptop? Jika iya, pernahkah kamu mengalami masalah hang? Hang, adalah istilah untuk masalah dimana software atau aplikasi di komputer kita berhenti bekerja. Atau secara fisik akan nampak tulisan Not Responding.

Mengatasi komputer lag tanpa restart harus segara dilakukan. Jika komputer mengalami masalah seperti tidak bisa bergerak (mouse), tidak bisa masuk windows, baru dinyalakan langsung hang dan lain sebagainya.

Apakah kamu tahu sebabnya? Sebelum kamu memperbaikinya, sebaiknya kamu juga mengetahui apa yang mengakibatkan peristiwa Not Responding itu terjadi. Berikut adalah penyebab dari ‘hang’-nya laptop atau komputer dengan sistem operasi windows.

Pada dasarnya PC anda mendapati masalah sering macet apabila sobat terlalu sering menggunakannya secara berat. Dalam artian begini, ketika sobat main game PUBG misalnya. Proses menjalankan program tersebut menguras banyak komponen penting merakit pc gaming.

Apa saja? Diantaranya adalah CPU, VGA dan RAM. Jika kamu tidak mempunyai komponen cooler yang baik. Maka tidak heran kalau PC anda akan terasa berat sekali. Terlebih lagi untuk ngegame online maupun offline. JIka sobat belum tahu mengenai hang itu apa, mendingan simak ulasan dibawah ini.

Hang adalah suatu keadaan dimana program pada suatu komputer berhenti bekerja. Baik itu berhenti sesaat (jeda) maupum berhenti total. Hang akrab disebut dengan Not Responding. Karena dalam keadaan seperti ini akan muncul tulisan “Not Responding” pada title bar software tersebut.

Penyebab Laptop dan Komputer Not Responding

Dalam masalah ini, terdapat banyak faktor yang menyebabkannya. Mulai dari masalah internal yakni dari software atau aplikasi itu sendiri, maupun masalah eksternal seperti hardware dan aksesoris lainnya. Berikut ini beberapa hal yang ‘sering’ menjadi penyebab laptop/komputer macet atau not responding.

Suhu CPU diluar batas (Overheat)

Hal pertama ini disebabkan karena sistem pendingin pada hardware (dalam hal ini CPU) tidak berjalan dengan normal. Untuk mengatasinya yakni dengan membersihkan bagian fan (kipas) dan heatsink (logam pendingin) serta menambah pasta pendingin pada body prossecor dan heatsink.

Soalnya dibagian ini berperan penting dalam melakukan pendinginan. Jika anda tidak rutin merawatnya maka komponen seperti CPU mudah panas. Ketika digunakan CPU dan GPU akan ekstra bekerja untuk kebutuhan anda. Hal tersebut malah menjadikan beban kedua komponen. Kemudian menjadi panas pada komponen tersebut.

HardDisk Low Space

Artinya penyimpanan pada komputer atau laptop kamu hampir penuh. Untuk mengatasinya silahkan lakukan pembersihan file sampah dan file cache yang tersimpan. Lakukan dengan klik Windows + R lalu klik cleanmgr. Jangan lupa untuk hapus file-file yang tidak dibutuhkan. Hapus dan uninstall juga data-data dan software yang tidak penting.

Sebaiknya anda menyimpan data di cloud online untuk berjaga – jaga. Jika sewaktu – waktu anda butuh tinggal download file tersebut. Namun bila anda tidak mau ribet karena memakan paket internet banyak. Sebaiknya pakai hardisk eksternal.

Itu saran yang baik, karena anda menyimpan file dan dokumen penting di dalam hardisk diluar perangkat komputer Anda. Harga hardisk juga tidak seberapa kok, cukup beli yang 500GB aja sudah cukup. Mendingan beli 1TB sekalian guna mengkover semua data penting.

Jika anda mempunyai uang lebih bisa menggunakan penyimpanan internal lain seperti upgrade SSD. Menggunakan SSD memang sangat rekomendasi banget di tahun sekarang. Pasalnya banyak para gamers memakai SSD sebagai penyimpanan game agar load saat masuk ke game menjadi lebih ringan.

RAM Low Space

Ya, RAM atau Random Access Memory digunakan sebagai penyimpanan data latar belakang. Artinya, program-program yang berjalan dilatar belakang disimoan dalam memori ini. Solusinya ialah jangan menjalankan banyak program secara bersamaan.

Silahkan close dan jangan lupa hapus cache setelah program digunakan. Jika dengan cara ini dirasa kurang mampu atau komputer masih sering hang. Maka langkah yang paling ampuh ialah menambah memori (RAM).

Apabila anda menggunakan RAM dibawah 4 GB, maka siap siap upgrade saja ke 4GB atau selebihnya. Namun jika anda mengikuti tren sekarang, minumum gunakan RAM 8GB. Sejatinya gamers menggunakan RAM sebesar itu, bahkan ada yg sampai 16GB dan 32GB.

Baca Juga : Penyebab Keyboard Laptop Rusak Sebagian

Mereka memang sangat mengidolakan yg namanya kelancaran saat bermain game atau multitasking. Kerana demikian, anda harus memaksimalkan kinerja laptop atau PC sobat dengan memakai RAM yg lebih tinggi lagi.

Saya juga kemarin baru upgrade RAM laptop saya ke 8GB awalnya 4GB. Itu hanya habis 800 ribu karena ram lama saya tukar tambah. Memang harga RAm itu agak mahal, tapi yakinlah bahwa suatu saat nanti kamu butuh kapasitas RAM besar.

Kekurangan Daya

Ini jarang terjadi, namun juga jangan diremehkan. Biasanya gejalanya ialah dengan melemahnya proses saat dijalankan. Untuk solusinya cukup dengan mengganti bagian power supply pada laptop atau komputer.

Jangan asal pilih dalam menemukan power supply pengganti. Soalnya Anda harus menyesuaikan dengan kapasitas listrik dirumah. Jika kekuatan listrik di power supplynya lebih tinggi, maka listrik dirumah kamu akan padam.

Komputer Terinfeksi Virus

Ini sering terjadi pada beberapa pengguna software bajakan. Jika sudah terinfeksi virus. Maka caranya ialah dengan melakukan scanning menyeluruh pada perangkan komputer atau laptop. Gunakan software antivirus yang benar-benar mampu menjangkau bagian dalam komputer seperti mallwarebyte ataupun lainnya. Jika masih gagal, silahkan masuk ke mode aman (Safe Mode).

Saya pun masih jarang mendeteksi bahaya virus. Saran saya kalau sedang browsing atau mau download sesuatu di web google. Terutama yg memakai iklan banyak, jika ada notif allow atau deny pilih yg Deny saja.

Selanjutnya, ada satu lagi yang berbahaya. Jika kamu sedang mengunduh, astikan file unduhan kamu sesuai dengan nama file yg tertera di server unggahan. Silakan pilih server google drive untuk lebih amannya karena terhindar dari iklan berbahaya.

Koneksi LAN Error

Sering terjadi ketika sedang membuka aplikasi atau perangkat lunak yang berbasis koneksi internet, seperti browser. Koneksi internet yang lemot juga sering mengakibatkan komputer atau program not responding. Solusinya silahkan cek koneksi dan pastikan koneksinya lancar dan baik.

File Data Software Rusak atau Hilang

Setiap kita menginstal sebuah software, maka dari software itu akan melakukan ekstrak beberapa file (yang mungkin besar dan banyak) untuk menjalankannya. Hilang atau rusaknya sebuah file saja akan berakibat program terhenti alias Not Responding. Solusinya ialah, pastikan installasi sudah mencapai 100% alias sempurna. Dan pastikan juga file program yang tersimoan masih utuh tidak ada yang rusak atau hilang.

Di atas adalah beberapa penyebab terjadinya hang atau not responding pada komputer atau laptop. Sebenarnya ada beberapa cara untuk memulihkannya kembali. Bisa dibaca pada artikel Cara Mengatasi Laptop Hang pada Windows 7/8/10.

Semoga artikel Penyebab Laptop atau Komputer Hang alis Not Responding di atas bisa bermanfaat dan bisa menyelesaikan masalahmu dengan komputermu. Jika ada masukkan jangan lupa tinggalkan komentar atau kontak saya langsung.

2 pemikiran pada “Penyebab Komputer Hang Beserta Solusi Mengatasi Macet Not Reponding”

  1. sedikit menambahkan saja terkadang penyebab komputer hank atau lemot
    itu malah dari kabel SATA -nya
    kabel penghubung antara hardisk dengan motherboard kalo di PC
    setelah ganti kabel sata yang baru dan dipindakan portnya kan ada tu pilihan port sata 1,2,3,4
    nah pindahkan ke yang lain ternyata lancar jaya.
    jadi kesemua tulisan diatas memang benar namun saya hanya ingin menambahkan saja
    semoga berkenan….

Tinggalkan komentar