Cara Mengatasi Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera

Sekarang akan membahas bagaimana sih cara memperbaiki kamera tidak terhubung, tidak bisa dibuka dan sering error? Kesalahan ini cukup menguras waktu kita ketika ingin berfoto ria dengan kawan – kawannya eh taunya aplikasi tidak dapat terhubung ke kamera pastikan untuk menutup aplikasi lain serta gagal membuka kamera belakang android.

Saya baru mendapati masalah masalah tersebut dimana tidak merespon pada semua media aplikasi misal ingin buat story di whatsapp, eh kameranya terjadi kesalahan, mau foto buat ngirim pap ke temen eh kamera android yang tidak berfungsi.

Tips agar dapat mengatasi hal ini pun cukup mudah. Namun kamu perlu mengetahui dahulu penyebab kegagalan ini sebab jika kamu mengetahui penyebab dasarnya saya yakin kalian dapat menemukan solusi terbaik untuk masalah ini.

Masalah kamera android tidak bisa dibuka disebabkan oleh beberapa faktor yaitu android tidak membaca penyimpanan baik internal maupun eksternal (kartu sd). Memori penyimpanan yang tidak terdeteksi oleh sistem akan ada beberapa fungsi aplikasi yang error bahkan ada aplikasi yang harus matikan ketika kamu mencabut kartu sd.

Baca Juga : Menghemat Baterai Dengan Cara Kalibrasi

Udah tau penyebab utamanya? lanjut ke cara mengatasinya. Cara yang akan saya sampaikan ini tidak terbelit belit dan bahkan kamu mampu mengikutinya dalam hal mencari solusi terbaik untuk memperbaiki tidak bisa digunakan serta tidak berfungsi dengan benar.

Cara Memperbaiki Kamera HP Yang Tidak Bisa Dibuka

Biasanya terjadi kesalahan ini teralami di hp xiaomi atau custom rom miui 8 dan 9. Kenapa begitu? pada dasarnya perangkat untuk menyimpan hasil foto diletakkan di kartu sd agar dapat menghasilkan foto lebih banyak ketimbang pakai penyimpanan telepon. Terus bagaimana sih agar dapat teratasi?

Pastikan Android Terpasang Kartu SD

cek kartu sd terpasang di hp

Jika melihat penyebab diatas tadi, kita bisa menyimpulkan bahwa tidak adanya micro sd pada android maka kamera tidak akan tersambung. Itu biasanya aplikasi kamera mempunyai pengaturan dimana untuk menyimpan hasil jepretan ke memori eksternal. Jadi, sekarang coba deh pasang lagi kartu sd kamu kemudian buka kamera hp.

Kartu SD Terdeteksi di HP Atau Tidak

Selepas memori eksternal kamu sudah di pasang, pastikan juga apakah benda kecil itu sudah terpasang dengan benar belum? biasanya sih suka gitu, kadang terdeteksi kadang tidak. Nah, kamu sekarang bisa mengeceknya untuk melihat apakah micro sd nya terpasang dengan benar atau belum.

Ganti Pengaturan Penyimpanan Hasil Foto Ke Memori Internal

ubah ke penyimpanan internal

Ini adalah solusi buat kamu yang tidak memiliki penyimpanan eksternal, saatnya kamu mengubah pengaturan. Umumnya hanya terletak di bagian pengaturan kamera lalu pilih media penyimpanan lalu ubah ke penyimpanan telepon atau internal.

Adapula masalah yang sama, kamera instagram tidak terhubung, bisa ditangani dengan ini juga.

Masukan Kartu SD Baru Atau Pinjam Ke Teman

Untuk saat ini apabila masih melihat permasalahannya yang mengatas dasari penggunaan memori eksternal pada hp kamu. Kamu bisa menggunakan kartu SD yang baru atau meminjam sama teman. Mungkin saja nanti kamera kamu bisa dapat digunakan kembali.

Restart HP

reboot hp

Apabila semua solusi diatas sudah kamu lakukan, tapi belum bisa mengatasi tidak dapat memulai kamera. Kamu dapat melakukan restart atau reboot hp kamu. Setelah hp hidup kembali, kamu bisa membuka aplikasi kamera.

Paksa Henti dan Hapus Data

paksa berhenti dan hapus data aplikasi kamera

Nah ini bisa menjadi salahs atu solusi paling bisa diandalkan. Kamu bisa melakukan henti paksa dan hapus data aplikasi kamera. Mungkin kamu belum tau bagaimana caranya?.

Buka pengaturan -> manajemen aplikasi -> Kamera -> Paksa berhenti kemudian pilih Hapus data.

Gunakan Aplikasi Kamera Lain

aplikasi kamera lain di google playstore

jika kamera bawaan kamu bermasalah, coba deh carilah aplikasi yang serupa. Kamu bisa menemukan aplikasi kamera di toko aplikasi seperti google playstore dan appstore. Atau bisa juga dengan memakai kamera dari aplikasi media sosial seperti facebook, twitter, line, whatsapp dan lain sejenisnya.

Scan Menggunakan Antivirus

scan virus di hp

Virus bisa menyebar kemana – mana, seperti kamera. Kamera kamu bisa menginfeksi dan menyebabkan kamera kamu tidak dapat digunakan dengan normal. Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih virus untuk menghilangkan penyakit tersebut.

Reset ke Pabrik

reset ke pengaturan pabrik

Semua tidak dapat terhubung ke kamera solusi sudah dilakukan tapi masih ada masalah. Kamu bisa mengambil keputusan terakhir ini. Namun sebelumnya lakukan backup semua data – data penting di hp kamu. Selepas itu kamu bisa melakukan reset pabrik.

Masuk ke pengaturan, cari setelah tambahan kemudian tinggal pilih Buat Cadangan dan Reset data, kemudian tinggal pilih Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar.

Unroot HP Kamu

batalkan root/ unroot hp

Setiap orang menginginkan hp nya di root atas dasar mereka ingin mendapatkan keuntungan yang baik. Namun disisi lain jika kamu tidak bisa menggunakan hp root akan menimbulkan error – error dan masalah lainnya.

Terutama pada bagian software, contohnya seperti kamera. Pada kasus ini kamu bisa melakukan unroot terlebih dahulu. Biar nanti hp kamu tidak bermasalah. Pesan error tersebut seperti, Kamera tidak bisa dibuka, muncul pesan gagal, berhenti sendiri, tiba – tiba keluar (force close) dan sebagainya.

Update Versi Android

update OS android

Soal update android sih itu tergantung dari pihak pembuatnya. Semisal kamu sebelumnya pernah mendapatkan notifikasi pembaruan sistem, dan sekarang kamu masih belum memperbarui. Mungkin sekarang saatnya kamu update OS android tersebut.

Jangan sampai tertanam versi OS lama yang sudah tidak kompatibel dengan aplikasi jaman sekarang. Secara besar – besaran, setiap kali ada update maka update tersebut pasti berguna untuk menyinkronkan software dengan hardwarenya.

Cara update

  • Buka setelah hp.
  • Usap kebawah hingga menemukan Tentang Ponsel.
  • Disini kamu bisa mencari dan melakukan update sistem jika tersedia.

Setelah update maka semua error dan masalah di hp akan terealiasasi. Tak hanya itu, peforma hp akan meningkat juga. Walaupun ukuran update terlalu besar namun memberikan efek yang baik kepada hp android kamu.

Baca Juga : Kesusahan Saat Melakukan Verif WA? Ini Dia Solusinya

Optimalkan RAM di HP

aplikasi pelega RAM

Semua pengguna hp android saat ini sudah mempunyai RAM HP lebih dari 1GB. Tau RAM? RAM itu seperti penyimpanan data sementara atau seperti cache. Kamu perlu menjaga RAM agar tidak penuh. Kalau sudah penuh maka tingkat stabilitas OS akan menurun dan akan membuat peringatan tiba – tiba berhenti, keluar sendiri dan tidak bisa dibuka.

Perihal itu dapat menjangkit juga pada kamera. Ada banyak cara untuk mengatasi ram penuh, salah satunya sebagai berikut.

  • Buka Setelan ponsel.
  • Usap kebawah hingga menemukan menu Aplikasi.
  • Kemudian masuk ke menu Aplikasi Berjalan.
  • Lalu paksa berhenti aplikasi yang tidak perlu.

Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk melakukannya. Seperti cara menggunakan greenify. Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk memberhentikan aplikasi yang berjalan.

Bawa ke Tukang Servis

bawa ke tukang service hp

Kalau kamu sudah menerapkan langkah – langkah diatas masih belum jalan. Kemungkinan besar ada masalah pada komponen atau hardware. Penyebabnya adalah hp jatuh, terkena air, hardware terlalu panas (dipaksa untuk bekerja terus – terusan) dan lain sebagainya.

Kamu bisa melihat ciri – ciri hardware punya masalah sebagai berikut:

  • Kamera Pelangi : kamu pernah tidak melihat tampilan kamera pelangi ketika dibuka? Seharusnya muncul gambar, justru malah muncul gambar berwarna seperti pelangi gitu. Hal ini bisa dikarenakan hardware atau karena sistem.
  • Kamera Terdapat Garis : Jika kamera kamu terdapat garis, entah itu garis horizontal ataupun vertikal. Kerusakan tersebut disebabkan pada layar dan atau harware kamera. Bisa juga di bagian dalam komponen terdapat bagian yang retak.
  • Kamera Tidak Ada Gambar : Kalau kamera tidak menampilkan gambar seperti ini, besar kemungkinan disebabkan oleh koneksi aplikasi dengan komponen terputus.

Dalam mengatasinya, kamu mau tidak mau harus membongkar hp tersebut untuk mengganti komponen yang rusak. Apabila kamu tidak mempunyai keahlihan dibidang itu, kamu tetap harus membawanya ke tukang servis hp, sebaiknya bawa ke servis center hp supaya mendapatkan ganti yang lebih baik.

Semua jenis hp bisa memiliki problem yang sama, seperti contoh hp samsung, vivo, xiaomi redmi, smartfren andromax, oppo, lenovo dan segala jenis smartphone dan tablet.

Saya yakin hal tersebut akan membantu kalian menemukan solusi nya. Demikian artikel yang dapat saya sampaikan mengenai solusi mengatasi tidak dapat terhubung ke kamera, tidak berfungsi, gagal, tidak bisa dibuka dan error lainnya.

Tinggalkan komentar