Cara Kalibrasi Baterai Android

Cara kalibrasi baterai android secara benar dengan root dan tanpa root hanya menggunakan sebuah aplikasi bettery calibration.

Bagi kamu pengguna android pastinya akan menjumpai dengan masalah ini yaitu masalah pada baterai yang semakin lama akan semakin berkurang kapasitasnya.

Oleh karena itu kamu memerlukan sebuah tips agar baterai kamu tetap hemat hanya dengan cara kalibrasi baterai android .

Pengertian Kalibrasi Baterai

Kalibrasi adalah suatu proses pengecekan serta pengukuran akurasi/ keakuratan dengan memakai alat ukur tertentu.

Sistem kerjanya ialah dengan cara membandingkan dengan standar tolak ukur baterai.

Kalibrasi ini dibutuhkan dengan membuktikan bahwa hasil dari pengukuran yang dikehendaki secara akurat serta konsisten dalam instrumen lainnya.

Pada kesempatan kali ini kamu akan merasakan bahwa baterai android akan lebih terasa seperti baru lagi hanya memakai bantuan aplikasi root dan tanpa root.

Cara Mengkalibrasi Baterai Android

Saya akan membagikan sedikit pengalaman saya dalam mengkalibrasi baterai secara manual dan menggunakan aplikasi.

Baca Juga : Handphone mendadak restart sendiri? Cara Ini akan mengatasinya

Secara Manual

megkalibrasi smartphone root
  • Charge hp kamu seperti biasanya dan usahakan baterai harus penuh 100%. Ingat sob, hp masih dalam keadaan menyala.
  • Setelah penuh, matikan hp kamu. Ketika dalam keadaan mati, colokan charger ke hp kamu dan diamkan hingga baterai benar – bener dalam keadaan penuh.
  • Cek hp kamu apakah sudah penuh, jika sudah hidupkan kembali hp kamu kemudian cas kembali hingga penuh 100% dan jangan dimainin terlebih dahulu.
  • Setelah terisi full, silakan kamu mainkan hp nya untuk browsing, nonton video, chatting dan lain sebagainya sampai baterai android benar-benar habis sampai mati hpnya.
  • Sudah mati? Diamkan sejenak selama 10 menit hingga 15 menit agar mesin tidak kepanasan lagi (dalam proses pendinginan).
  • And now, charger hp kamu hingga full 100%. Cas hingga penuh pokoknya harus 100 persen agar android bisa seger kembali baru boleh dinyalain lagi dan rasakan perbedaannya.

Setelah melakukan tahap diatas, android kamu sudah terkalibrasi dengan cara manual.

Selanjutnya kamu bisa saja mencoba cara kalibrasi baterai android ini jika kamu tidak mau ribet dalam menangani baterai cepat habis.

Memakai Aplikasi Kalibrasi Baterai Tanpa Root

current widget batery monitor
  • Download terlebih dulu aplikasi current widget: batery monitor. Kamu bisa mengunduhnya di toko aplikasi.
  • Pasang widget aplikasi tersebut di homescreen.
  • Cas hp kamu hingga penuh 100%, dan tunggu sampai angka pada widget app tersebut menunjukkan angka yang optimal pada kapasitas betarai kamu.
  • Kemudian cabut cas casannya, setelah itu reboot hp kamu.
  • Setelah semuanya selesai dan kamu sudah mengikuti tutorial diatas maka semuanya akan teratasi serta android kalian udah merasa terkalibrasi dan tidak terdapat masalah.

Cara Kalibrasi Baterai Android Root

kalibrasi android root
  1. Gunakan android kamu hingga daya baterai habis dan hp mati sendiri.
  2. Nyalakan hp kamu kemudian biarkan mati sendiri.
  3. Sambungkan hp ke charger tanpa menyalakan hp dan biarkan mengisi daya sampai penuh hingga indikator menunjukkan 100 persen.
  4. Apabila sudah penuh, cabut charger sekarang.
  5. Kemudian nyalakan hp, jika di indikator baterai kurang dari 100 persen lakukan charging ulang dalam keadaan hp menyala hingga terisi penuh.
  6. Sesudah penuh, restart smartphone kamu. Apabila indikator masih dibawah 100 persen lakukan charger ulang lagi hingga 100 persen.
  7. Kemudian jalankan aplikasi Battery Calibration dan kalibrasi kembali baterai hp.
  8. Setelah kalibrasi sudah selesai, biarkan baterai hp kamu kosong sampai 0 persen dan biarkan hp mati sendiri.
  9. Berikutnya isi daya hingga penuh sekali lagi dan baterai hp sudah berhasil di kalibrasi.

Menggunakan Recovery CWM dan TWRP

Bagi pengguna hp rooting tidak ada salahnya melakukan teknik ini yaitu mengembalikan fungsi dari komponen utama baterai memakai sistem recover. Kamu bisa melakukan root hp menggunakan kingoroot.

  • Kamu harus masuk ke recovery dengan menekan tombol volume down (-) + power, cara ini dilakukan secara beberangen/ bersamaan.
  • Setelah masuk, maka recovery menampilkan beberapa menu pilihan kamu bisa memilih advanced section.
  • Kemudian akan ada beberapa sub menu pilihan, kamu pilih saja opsi “clear static batery”. Hal ini akan membersihkan kalibarsi sebelumnya jika sebelumnya sudah memakai teknik ini.
  • Sudah selesai pada tahap recovery, lanjut ke pengisian daya bettery. Cas dalam keadaan mati hingga battery penuh, dan pastikan bahwa battery terisi penuh dengan benar.
  • Setelah penuh, hidupkan kembali hp kamu hingga masuk homescreen, kemudian buka aplikasi “Battery Callibration” (sebelumnya kamu perlu mendownloadnya).
  • Tap pada tombol tengah, terus app tersebut akan meminta perinta untuk mengizinkan supersu/ superuser, klik accept saja. Tunggu hingga proses selesai, tidak lama memproses akan ada pesan muncul yang memnginformasikan kepada kita bahwa proses ini telah berhasil.Tap pilihan “OK” barengan dengan cabut cas dari colokan.

Kenapa Tampilan CWM dan TWRP Berbeda?

Memang ada beberapa smartphone yang mempunyai cwm atau twrp berbeda. Namun untuk twrp mungkin hanya berbeda di bahasa dalam menu – menunya.

Untuk cwm, memang di beberapa merek smartphone berbeda. Contoh halnya di hp samsung dengan lenovo. Itu jelas berbeda karena beda negara produknya.

Kenapa Harus Kalibrasi?

Kamu harus kalibrasi batereai supaya dapat mengetahui indikator baterai android bermasalah. Tanpa adanya kalibrasi ini baterai kamu mengalami masalah dan kerusakan nantinya.

Demikian artikel ini semoga kamu bisa mengatasi android kamu supaya mendapatkan peforma maksimum dalam keadaan normal kembali hanya dengan satu tap menggunakan aplikasi. Semoga artikel cara kalibrasi baterai android tanpa root diatas bermanfaat.

Tinggalkan komentar