Instagram Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera

Pada umumnya aplikasi sosial media memberikan tempat untuk berkomunikasi dengan cara chatingan. Namun berbeda dengan aplikasi instagram yang lebih mencondongkan foto dan video. Instagram saat ini tengah menjadi sosial media yang paling ngetrend dan hits saat ini.

Hal tersebut dikarenakan berbagai manfaat dari instagram pun sangat besar dan salah satunya bisa menghasilkan duit. Hanya sekedar posting foto dan video di instagram, jika bagus dan followers maupun like di ig banyak maka bisa jadi selebgram.

Namun pada kesempatan ini tidak akan membahas mengenai hal tersebut, akan tetapi mengenai instagram tidak bisa terhubung ke kamera. Seperti kita ketahui, kamera pada instagram sangatlah penting sekali.

Hal itu bisa ditunjukan hampir semua fitur yang tersedia di instagram, selalu membutuhkan yang namanya kamera hp. Misalnya saja seperti boomerang, live ig, ig tv, dan masih banyak lainya. Apalagi untuk anak muda jaman now, yang tiap detik menitnya pun harus membuat insta story di ig.

Maka dari itu jika sampai kamera pada instagram tidak mau terhubung dan tidak bisa dibuka akan sangat bahaya sekali. Namun anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut, karena di bawah ini akan diberikan cara mengatasi instagram tidak bisa terhubung ke kamera dengan mudah.

Selain itu cara ini juga bisa anda praktikan ke semua jenis merk hp. Mulai dari oppo, xiaomi, samsung, lg, nokia, huawei, vivo, realme, dan iphone sekaligus.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera

Sebenarnya dalam cara memperbaiki kamera android yang tidak terhubung di instagram sangat mudah sekali. Serta anda tidak perlu melakukan proses rooting yang terkadang membuat kita bingung. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan gunakan cara mengatasi di bawah ini.

#1. Logout dan Login

Langkah pertama untuk memperbaiki kamera error tidak dapat terhubung ke ig yaitu coba anda logout terlebih dahulu, kemudian silahkan login kembali. Setelah itu buka kamera, apakah masih error atau tidak? jika masih error silahkan coba cara berikutnya.

#2. Coba Refresh Instagram

Cara berikutnya ini coba anda lakukan refresh pada instagram dengan cara usap layar ke bawah pada beranda instagram anda. Setelah itu cek apakah sudah bisa terhubung atau belum ke kamera. Jika masih error silahkan coba cara selanjutnya.

#3. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Selanjutnya cara yang manjur untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu coba bersihkan kartu memori card ataupun memori internal pada hp anda. Perlu anda ketahui salah satu penyebab instagram tidak dapat tersambung ke kamera yaitu karena full memori dan tidak ada ruang space untuk memuat kamera.

Seperti kita ketahui bahwa ketika kita membuat sebuah foto atau video insta story maka secara otomatis akan ada data yang tersimpan. Maka dari itu jika tidak ada ruang space, maka akan error sendiri dan tidak dapat tersambung.

#4. Hapus Cache

Jika masih error juga walaupun sudah dibersihkan ruang penyimpanannya, maka silahkan hapus file cache anda tersebut. File cache atau biasa disebut file sampah ini memang sering kali dapat membuat aplikasi menjadi error.

Dan salah satunya yaitu tidak bisa konek ke kamera instagramnya. Maka dari itu anda harus hapus cachenya, berikut di bawah ini cara hapus cache:

  • Masuk ke menu settingan ataupun setelan
  • Cari dan klik Aplikasi Terinstall
  • Jika sudah ketemu, maka tinggal scroll ke bawah dan cari Instagram
  • Lalu klik, dan cari cache, kemudian terakhir tinggal hapus cache.

#5. Update Aplikasi Instagram

Langkah berikutnya yaitu coba update aplikasi instagram anda. Seperti kita ketahui apabila instagram yang anda gunakan tersebut merupakan versi yang lawas atau belum diupdate. Maka tak heran jika instagram anda tersebut sering kali mengalami ig error dan sebagainya.

Hal tersebut dikarenakan masih terlalu banyak bug dan error pada aplikasi yang belum diupdate. Maka dari itu anda harus update aplikasi instagram di google play store. Pada umumnya jika apk ig sudah diupdate, maka banyak bug dan kerusakan yang sudah diperbaiki oleh pihak instagram.

#6. Laporkan Masalah

Langkah terakhir apabila cara-cara di atas tidak dapat mengatasinya yaitu coba laporkan masalah. Instagram sendiri menyediakan fitur laporkan masalah yang berfungsi sebagai sarana untuk para pengguna instagram jika terdapat keluhan ataupun masalah. Untuk cara melaporkan masalah yaitu simak di bawah ini.

  • Buka aplikasi instagram
  • selanjutnya pilih profil pada pojok kanan bawah
  • setelah itu klik garis tiga
  • dilanjut klik Pengaturan
  • setelah itu tinggal klik bantuan
  • lalu klik laporkan masalah
  • klik lagi laporkan masalah
  • setelah itu isikan apa yang anda sedang keluhkan tersebut
  • jika sudah silahkan kirim

Jika anda sudah mengirim laporan masalah tersebut, maka anda tinggal menunggu saja kurang lebih 1-3 minggu, maka secara otomatis instagram tidak bisa tersambung kamera akan normal kembali.

Jadi seperti itulah mengenai cara mengatasi instagram tidak dapat terhubung ke kamera. Bagaimana sangat mudah bukan? semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.