Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Cara Mengatasi Instagram Telah Berhenti Tiba – Tiba dan Tidak Menanggapi di Android

instagram terhenti tiba tiba

Cara mengatasi instagram berhenti tiba tiba (mendadak) dan tidak menanggapi memang menjadi sebuah masalah besar. Pasalnya kegiatan ig kamu akan terhambat jika anda mengalami persoalan seperti ini. Memang pihak facebook Inc telah berupaya untuk memaksimalkan

kinerja sebuah aplikasi nya namun dengan yang namanya teknologi itu pasti memiliki masalah misal ig tidak bisa dibuka.Instagram memiliki pengguna hampir di penjuru dunia dan telah mencapai puncak pada bulan juni kemarin.

Pada dasarnya sebuah media sosial yang sudah diambil alih oleh Mark Zuckerberg belum lama ini, ia sudah merancang inovasi baru dengan penambahan fitur nametags dan story instagram kekinian.

Banyak bertanya kenapa instagram terus berhenti padahal engga saya apa apain. Nah untuk itulah artikel ini dibuat agar kamu dapat menjelajahi supaya mendapati solusi terbaik.

Persoalan ini bisa terjadi di semua jenis hp, bisa bermerk samsung, xiaomi, lenovo, advan, asus, oppo, vivo, andromax dan sebagainya. Pada ponsel tersebut jika instagram lag akan muncul notifikasi muncul dengan menyertakan sebuah pesan singkat yang berbunyi seperti ini “unfortunetely instagram has stopped” atau dalam bahasa indonesia berarti instagram tidak menanggapi.

Baca : Boomerang IG Anda Selalu Patah – Patah? Inilah Langkah untuk Memperbaiki

Terhenti nya aplikasi medsos ini pasti akan membuat kesel bagi sebagian orang, bagaimana tidak aplikasi inikah sudah melekat di hati pecinta sosial media instastory khususnya.

Nah anda tidak maukan masalah ini terjadi pada anda, namun bila sudah terjadi anda akan mencari solusi untuk memperbaiki aplikasi terhenti sendiri secara tiba tiba bukan?

Solusi Mudah Memperbaiki Instagram Terhenti Tiba – Tiba Tanpa Ada Tanggapan

Mungkin artikel ini sama dengan website lain, namun akan saya kemas secara lebih mendetail bagaimana cara dan tutorialnya agar kalian semua merasa puas dengan hidangan konten ini dan pastinya bakal bisa untuk menangani kerusakan error pada instagram yang sering kali keluar terhenti sendiri mendadak dan tiba tiba.

1. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Memang dari segi penyimpanan ponsel kamu lebih unggul ketimbang lainnya, namun jika sudah mendapati persoalan begini apa boleh buat kamu akan kesusahan dalam mencari informasi bukan? dan pastinya kamu akan disuruh untuk menghapus sebuah cache dan data aplikasi di android. Nah disitu pasti sering kali anda jumpai kalau tidak menjabarkan bagaimana caranya bukan?

Caranya cukup mudah, ini khusus hp OPPO lainnya menyesuaikan saja. Silakan masuk ke Pengaturan -> Pengaturan Tambahan -> Manajemen Aplikasi -> Diinstal -> Lalu cari aplikasi nya yang ingin anda hapus cache dan data nya.

Baca : Cara Melindungi Instagram dengan Mudah Agar Terhindar dari Cyber Crime

Bagi pengguna redmi xiaomi bisa menggunakan cara ini, buka Pengaturan -> Scroll kebawah -> Temukan Menu Aplikasi Diinstal -> Cari Aplikasi nya -> Clear data dan Clear cache.

Bagi anda yang hanya mempunyai hp merk lain dan type lain maka menyesuaikan saja, sebab inti dari tutorial ini hanya membuka pengaturan dalam aplikasi instalan kemudian cari menu untuk menghapus semua data dan cache.

2. Lakukan Langkah Instant, Copot Lalu Instal Ulang

Pencopotan aplikasi bisa memperbaiki sebuah bug yang merajalela di dalam apk nya. Bagaimana tidak, bahwa semua sistem teknologi akan ada bug tertertinggal. Oleh sebab itu pihaknya akan selalu memperbarui apk itu bertujuan sebagai pembenahan sebuah bug yang menyelinap di sela sela aplikasi.

caranya pun cukup mudah jika kamu sudah bisa menghapus cache dan data. Ulangi cara diatas namun berbeda menu hapus, kalau saat ini anda akan saya arahkan ke menu pencopotan pemasangan. Copot saja kemudian instal ulang aplikasinya.

Disini anda membutuhkan sedikit kuota internet banyak karena untuk mengakses playstore. Akan lebih hemat apabila anda berada di sekitaran wifi atau anda bisa mencari wifi terlebih dahulu untuk mengunduh instagram terbaru.

Baca : Perkuat Penerimaan Wifi Anda Agar Semakin Lancar Penggunaannya

Usahakan anda memiliki akses sepenuhnya untuk memasang aplikasi yaa. Jika belum izinkan dahulu pemasangan “Sumber Tidak Dikenal” agar proses instalasi berjalan baik dan lancar.

3. Jika Masih Terhenti Terus, Gunakan Langkah Ini

Kosongkan sedikit penyimpanan internal kamu bilamana penyimpanan telepon kamu sudah mau penuh. Itulah sebabnya mengalami has stopped pada instagram.

Kenapa bisa begitu? Soalnya cache dan data tersebut bakal tersimpan di dalam RAM (Penyimpanan sementara) nantinya bakal disimpan permanen ke memori internal.

Disitu jika kamu sering tidak membersihkan file sampah tersebut alhasil banyak aplikasi suka terus terusan terhenti karena kinerjanya sudah terhambat oleh berkas sampah.

Sampah tersebut bisa anda hapus atau kosongkan saja dengan cara menscan semua berkas menggunakan keamanan perangkat anda, baik pembersih sampah atau junk file.

Apabila kamu belum mempunyai, anda bisa mendapatkan di playstore dan kamu membutuhkan internet lagi untuk mengunduhnya.

Setelah selesai mengunduh, pastikan kamu menginstalnya kemudian membuka aplikasi tersebut. Bersihkan dengan pemindaian cepat dan lanjutan agar mendapat peforma yang powerfull.

Apabila aplikasi mendeteksi adanya sampah, langsung saja bersihkan agar menghindari dari penumpukan jink file berlebihan dimana itu penyebab sekaligus faktor utama menyerang keterhambatan aplikasi media sosial satu ini.

4. Sesuaikan Versi Instagram dengan Peforma Android

Ponsel kita memiliki kapasitan dan kriteria terbatas, jadi anda perlu mengetahui dulu apakah ponsel pintar kamu bakal kuat berjalan dengan baik atau tidak. Apabila tidak memungkinkan silakan cari versi dibawahnya atau sering disebut teknik downgrade.

Baca : Bocoran Spek dan Harga dari Produk Samsung Galaxy S10 Bikin Makin Handal

Memaksimalkan peforma android bukan memaksakan ke versi terbaru ya. Gunakan version sesuai kemampuan kerja mesin dan penyimpanan telepon kamu. Jangan dipaksain, supaya kedepannya masih bisa digunakan tanpa ada hambatan sedikitpun.

5. Paksa Berhenti Aplikasi Secara Otomatis dan Manual

Adapun langkah untuk memperbaik sering terhenti mendadak. Anda bisa melakukan proses pemberhentian kinerja aplikasi tersebut, bisa disebut dengan “Paksa Berhenti”. Ada dua cara untuk melakukan langkah ini, silakan tinggal pilih mana.

Tutorial pertama adalah manual saja, jika kalian belum mahir dalam pengoperasian ponsel, saya sarankan untuk memakai cara manual saja karena hanya masuk ke Pengaturan -> Aplikasi -> Cari Apknya -> Cari menu Paksa Berhenti.

Tutorial kedua adalah otomatis memakai aplikasi pihak ketiga bisa untuk user root dan unroot (Bukan Root). Carilah app bernama Grenify, kemudian instal dan pilih app ig tap saja nanti akan dihadapkan dengan pengaktifan mode Grenify Hibernasi Otomati (Tap LANJUTKAN) lalu Aktifkan mode Aksesibilitas kemudian cari tulisan Grenify – Hibernasi Otomatis (tap saja) -> Aktifkan hingga tombol berubah warna -> muncul popup dari bawah klik OK.

Setelah itu, kembali atau back ke aplikasi grenifynya untuk proses sebenarnya. Klik aplikasi IG lalu akan otomatis menghibernasi dan lalu akan muncul notif popup bertuliskan “Paksa Berhenti” Klik OK saja. Dan selamat anda sudah melakukan langkah hibernasi otomatis.

Penyebab Instagram Terhenti Mendadak

Ada begitu banyak penyebab dari adanya masalah ini, bukan disengaja oleh pengguna maupun pembuatnya namun ini kejadian tak disangka karena sudah banyak user mengalaminya dan resah untuk mencari sesuatu informasi agar bisa membuat pulih kembali dalam penanganan instagram terhenti tiba tiba.

  1. RAM sudah penuh
  2. Memori penyimpanan telepon sudah semakin penuh
  3. Baterai sudah lowbet kurang pengisian daya
  4. HP kentang, silakan upgrade ponsel kamu
  5. Keseringan menggunakan instagram untuk menghabiskan waktu luang
  6. Operasi Sistem (OS) Android sudah tidak kompatibel
  7. Instagram belum di update, kadang tidak sesuai dengan kemampuan sistem android sih
  8. Terdapat banyak bug di aplikasi
  9. Cek touchscreen anda, apakah masih berfungsi atau tidak
  10. Dan sebagainya, jika mau menambahkan silakan berikan opini anda melalui kolom komentar

Penutup

Demikian ulasan singkat saua mengenai cara mengatasi instagram berhenti tiba – tiba. Dengan begitu masalah anda akan mendadak hilang seketika karena sudah membaca artikel ini dengan seksama.

Oleh karena ini anda harus membaca semuanya kemudian bisa mencoba nya agar mendapatkan solusi terbaik untuk persoalan instagram mendadak tidak menanggapi. Selamat mencoba!!!

Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *