Inilah 3 Cara Membuat File Zip yang Bisa Anda Terapkan

Cara Membuat File Zip. File Zip adalah file yang bisa membuat kapasitas ruang di komputer menjadi lebih luas. Selain itu file Zip ini juga akan mampu memabuat dokumen penting Anda aman dari usaha orang lain yang ingin mengintipnya. Ini karena file Zip mampu mengenkripsi materi sensitif. Dengan file Zip Anda juga akan bisa mengorganisasi atau mengorganisir berkas dengan lebih baik. Tapi bagaimana caranya untuk bisa membuat file Ziptersebut? Berikut beberapa cara membuat file Zip yang bisa Anda jalankan pada Windows dan Mac OS X.

Baca Juga : Cara Mengunci Folder ZIP dan RAR dengan Password di PC Terbaru 2019

  1. Cara Membuat File ZIP pada Windows

Untuk membuat file Zip pada Windows, Anda bisa melakukan beberapa tahapan berikut ini :

  • Pertama, Anda harus membuat folder. Jadi letakkan saja dulu beberapa file yang akan dijadikan berkas Zip pada satu folder. Selain file, Anda juga bisa memasukkan folder dalam folder yang akan dijadikan berkas Zip. Setelah semua file atau folder telah terkumpul, maka Anda tinggal memberikan nama untuk folder yang akan dijadikan Zip agar tidak lupa.
  • Berikutnya, klik kanan dan arahkan kursor ke opsi “Send To” dan pilih “Compressed (zipped) folder”. Berkas ZIP yang dihasilkan nantinya akan berisi file-file yang dipilih dari berkas yang Anda klik kanan.
  • Setelah itu Anda tinggal menunggu folder Zip akan dibuat dan setelah prosesnya selesai. Berkas ZIP sendiri nantinya bisa Anda dapati di lokasi yang sama dengan folder aslinya.
  1. Cara Membuat File ZIP Pada Mac OS X

Berikutnya, Anda bisa membuat file Zip pada Mac OS X bisa Anda lakukan dengan beberapa cara berikut ini.

  • Pertama buatlah folder untuk semua berkas yang ingin dijadikan file Zip. Tidak hanya file saja, tapi folder yang berisi file juga bisa Anda masukkan folder yang ingin dibuat berkas Zip. Jangan lupa juga untuk mengubah nama folder untuk berkas Zip yang ingin dibuat.
  • Selanjutnya, klik kanan pada folder dan klik “Compress”. Dari sini maka folder akan dimampatkan menjadi file Zip dan ditempatkan pada lokasi yang sama dari folder yang ada. Bila Anda tidak ingin mengkompres sebuah folder maka Anda bisa menjadikan file-file yang ada menjadi berkas Zip dengan mengikuti langkah-langkah tadi. Nantinya hasil kompres file Zip akan bisa didapati dengan nama “Archive.zip”.

Baca Juga : Aplikasi Kompres PDF

  1. Cara Membuat File ZIP yang Dilindungi Kata Sandi

Terakhir, Anda bisa membuat file Zip yang dilindungi dengan kata sandi atau password. File Zip yang kita buat memang bisa kita lindungi keamanannya dengan menggunakan kata sandi. Tentu sangat menarik kan? Tapi bagaimana cara membuatnya? Berikut beberapa caranya.

  • Pertama, Anda bisa membuat file Zip yang dilindungi kata sandi dari Windows dengan memasang perangkat lunak atau sofware tambahan seperti 7-Zip, IZArc dan PeaZip. Versi Windows yang baru memang tidak bisa membuat berkas ZIP yang dilindungi kata sandi tanpa adanya software. Untuk mendownload beberapa software ini Anda bisa mendapatkannya secara gratis atau berbayar.
  • Selanjutnya buat berkas Zip dari beberapa file menggunakan software tadi. Saat proses membuat berkas Zip ini maka Anda akan diberi kesempatan untuk membuat kata sandi. Nah buatlah kata sandi yang mudah diingat karena Anda akan harus menuliskannya saat akan membuka atau mengakses file Zip tersebut.