Mogloger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

10 Cara Mengatasi HP Panas Saat Main Game Offline dan Online Terbaru 2019

5 min read

cara mengatasi hp cepat banget panas terbaru work 100%

Cara mengatasi hp panas saat main game online dan offile. Tidak sedikit orang yang memperdulikan persoalan cepat panas kalau sedang bermain game. Saat main game online misalnya, kamu akan mendapati masalah hp mudah panas kan?.

Apabila android mudah panas bisa anda dinginkan kok kalau hp kamu masih dalam keadaan normal. Game yang sering menjadi momok terbesar saat ini adalah pubg, mobile legend dan free fire.

Nah dari contoh game online seperti itulah yang mengakibatkan hp cepat panas.. Game tersebut memang sangat beran untuk dimainkan pada smartphone dengan kualitas low end soalnya bakal mengakibatkan baterai cepat panas.

Tidak hanya digunakan saat bermain game online saja, melainkan ada jutaan game offline yang menyebabkan terjadi pemanasan secara berlebihan. Saya sering menganggapnya sebagai overhet, dimana overhet ini adalah kejadian ketika suhu baterai normal sekiranya 40 derajat celcius pada saat dipakai untuk ngegame akan meninggi hingga 50 derajat.

Android cepat panas apabila digunakan terlalu sering, saya pernah memakai smartphone hingga 10 jam lebih tanpa henti kecuali makan sama isoma. Nah saat itu juga ponsel saya berasa sangat panas lagipun ponselnya sedang dicas bakal tambah panas lagi.

Baca Juga : Trik Mengatasi Lag Saat bermain Game Mobile Legend, Bisa Anda Coba Nih!

Alhasil saya menyimpulkan bahwa bermain hp terlalu sering dapat merusak kesehatan baterai, ic cas dan komponen penting lainnya. Jangan sampai anda kecanduan gadget seperti saya ya, sekarang mulailah untuk mengurai candu tersebut agar hp tak cepat panas.

Hal tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa sebab diantaranya bisa anda baca melalui jabaran saya dibawah ini.

  1. Game memerlukan daya baterai besar.
  2. Game online dan offline akan menekan kinerja mesin dan RAM Smartphone.
  3.  Saat bermain, masih ada aplikasi berjalan dilatarbelakang.
  4. Grafik di setting pada kualitas high.
  5. HP tidak mampu menahan beban berat seperti main moba, ff, pubg dan sebagainya.
  6. Memiliki kapasitas RAM kecil, hanya berkisar 512 MB sampai 1 GB saja.
  7. Baterai sudah mulai tidak benar alias soak, minta ganti baterai.
  8. Bermain game saat hp sedang di charger.

Itulah penyebab diantaranya sudah saya jelaskan diatas. Mungkin diantara salah satu diatas ada yang menimbulkan persoalan dari masalah anda. Kalau sudah mengetahui penyebab nya mungkin saatnya sekarang menuju ke proses cara memperbaiki smartphone cepat panas.

Trik Mengatasi HP Android Mudah Panas Saat Bermain Game

Ponsel kita terdiri dari beberapa komponen, ada yang mendukung untuk bermain game ada juga yang tidak. Nah semua ponsel akan memiliki kelamahannya masing – masing diantara ponsel tersebut adalah lenovo, xiaomi redmi, samsung, vivo, oppo, huawei, realme, iphone, asus dan lain sebagainya.

Diantara smartphone tersebut mana yang kalian pakai dan sering terjadi pemanasan berlebihan alias overhet?. Langsung saja menuju ke cara perbaikannya agar saat main game tidak terganggu oleh panas yang ditimbulkan oleh android kalian.

1. Jaringan yang DIgunakan Harus Stabil, Cek Sambingan Jaringan Wifi, HP dan lainnya

Seperti halnya anda sedang melakukan browsing alias berselancar di google, anda memerlukan jaringan kan kalau sedang bermain game online khususnya?> Kalau anda penikmat game online maka dipastikan hp akan cepat panas apabila jaringan yang anda gunakan cukup buruk.

Baca Juga : Mudah Banget! Cara Mengatasi GTA SA Minta Directx 9 PC

Bukan hanya cukup buruk, kekuatan sinyal juga diperhitungkan karena sinyal adalah sumber kehidupan dari kehidupan sebuah game online. Kalau anda sedang memakai jaringan seluler maka cek dulu kecepatan internetnya kalau anda menggunakan wifi dari hotspot teman atau wifi umum silakan cek speed internetnya juga.

Anda bisa mengetahui kecepatan internet yang sedang digunakan saat ini menggunakan situs fast.com, disitus tersebut akan tertera Kbps, jadi anda harus membaginya dengan angka 8 agar menjadi KBps.

cek jaringan internet apakah stabil

Bingung? Misal gini, ketika saya melakukan cek pada situs tersebut, dengan menunjukkan angka 2,3Mbps maka dibagi 8 akan menjadi 287,5KBps. Itu perhitungan sederhananya sob, bisa anda coba kalau sedang kepingin cek speed internetnya.

2. Matikan Sambungan Internet Anda sekarang

kalau tadi anda disuruh cek status speednya maka sekarang kalau masih mengalami gangguan seperti mudah panas, anda bisa mematikan data seluler, wifi, dan mode pesawat sebentar untuk merehatkan hp kamu agar tidak cepat panas lagi.

Pengguna game offline tak harus melakukan hal serupa, anda hanya mematikan data seluler saja karena game yang anda mainkan tidak perlu menggunakan data internet. Kalau menggunakan pun akan memunculkan iklan yang bikin permainanmu semakin lag dan hp cepat panas.

3. Mengurangi Kecerahan Layar Hingga Tingkat Rendah

Meredupkan saturasi layar pun juga akan mendinginkan mesin hp panas. Ketika anda sudah mencapai titik panas tertinggi maka musti anda harus melihat apakah kecerahan layarnya sangat tinggi atau tidak. Bila tinggi maka turunkan lah ke level paling rendah.

Baca Juga : Pernah Mencoba Grafis PS4? Sekarang Game Android Sudah Ada Grafik Seperti Itu

Dengan begitu bermain game tidak terasa panas lagi. Gunakan mode manual kecerahan saja agar saat kamu di tempat terang tidak otomatis level brightness nya meninggi pula. Teknik ini juga bisa untuk menghemat baterai hp loh.

4. Ganti Baterai Kalau Sudah Mulai Drop

Baterai smartphone kamu akan menurun kualitasnya jika smartphone kamu sudah usang atau sudah minta ganti baru lagi. Misalnya anda beli tahun lalu, maka dipastikan android kamu pasti akan mengalami hal serupa Jika baterai kamu dalam keadaan tidak baik, maka dipastikan baterailah salah satu penyebabnya.

Min kalau baterai tanam gimana, kan itu tidak bisa diganti?. Yup menurut saya memang demikian kalau mau ganti baterai hp not removable harus bongkar pasang kesing. Patut disayangkan kalau hp kamu masih memiliki garansi, jangan mengganti baterai kalau masih garansi karena akan merusak segel smartphone.

Kalau hp yang masih garansi hanya perlu datang ke servis centernya untuk mempertanyakan masalah anda kenapa hp cepat panas, siapa tahu dapat diservis tanpa bongkar segel hp kan.

5. Spek Handphone Perlu Diperhatikan

Sangat banyak user game yang belum paham akan spesifikasi androidnya. Apabila anda menggunakan hp dengan spek low end kepingin main pubg ya jangan berharap bisa kompatibel dan dimainkan secara lancar.

Seperti halnya anda punya kemampuan biasa – biasa saja namun disuruh untuk membangun sebuah apartemen mewah, pasti akan terbebani bukan? Seperti halnya smartphone kita yang tidak kuat jika dibebani terlalu berat dengan memasukkan dan memasang game berat kedalam perangkat.

Baca Juga : Cara Mengalahkan Hero Nana di Game Mobile Legend, Apa Sih Kelemahannya?

Sebaiknya anda memperhatikan spesifikasi yang direkomendasikan vendor game tersebut. Anda bisa melihat kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang anda miliki apakah masih sisa banyak untuk ruang penyimpanan game.

6. Perhatikan Pula Suhu Udara Sekitar

Suhu ruangan kalau tidak diberi AC akan berasa panas, hal itu akan menyebabkan ponsel kita ikutan panas. Mesin ponsel akan menyesuaikan suhu di tempat sekitar anda berada, kalau sedang diluar ruangan  dengan temperatur udara panas hingga mencapai titik 35 derajat, ponsel kamu akan terjangkit penyakit panas ini.

Tidak salah hp juga mempunyai mesin untuk merasakan udara panas disekitar makanya ia akan menyesuaikan keadaan suhu tersebut. Sebaiknya saat ingin bermain game cukuplah didalam ruangan yang atasnya tidak memakai bahas besi ya. Usahakan genting tanah agar tidak terlalu panas.

7. Sambil Charger? Jangan deh!

Bermain hp saat dicas akan menyebabkan cepat panas pada hp android kamu. Aliran listrik yang mengalir itu kan membawa suhu panas, jadi kalau anda memainkan game aja udah berasa panas, ditambah hp dalam keadaan di charger maka tidak usah dijelaskan lagi deh.

Baca Juga : Tips Bermain Game Online dan Offile Menang Terus, Auto Win!

Jika anda masih kekeh dengan pendirian anda, akan menimbulkan efek samping lebih parah lagi. IC charger, charger, kabel cas, dan baterai akan mudah rusak. Masih mending kalau cas, kabel cas dan baterai rusak, masih bisa dibelikan baru dengan harga terjangkau.

Apabila hp bisa dikatakan kena IC nya dipastikan hp tak mau hidup lagi loh dan biaya servis akan sangat mahal kisaran 150 ribu tergantung tukang servis dan daerah tempat anda tinggal.

8. Hilangkan Aplikasi Berjalan di Latarbelakang

Jangan biarkan aplikasi terselubung berjalan dilatarbelakang tanpa anda ketahui. Bagaimana cara memberhentikan background app pada smartphone kita ini? ada dua cara yang dapat kamu ambil.

Cara pertama, pencet tombol recent kemudian bersihkan semua aplikasi sebelum menjalankan game.

Cara kedua, menggunakan aplikasi greenify no root. Download greenifi nya dan anda bisa menggunakan cara mengatasi hp lemot.

9. Kalibrasi Beterai Ponsel

Kalibrasi itu semacam kegiatan memberhentikan segala aktivitas kamu untuk charging ponsel dalam keadaan mati menggunakan sebuah panduan dari aplikasi. Anda bisa menemukan cara nya di cara kalibrasi baterai smartphone.

10. Istirahatkan HP Sejenak

Yang terakhir ini mungkin cukup membantu agan semuanya. Perihal hp cepat panas, bisa diatasi dengan mudah hanya melalui cara ini. Mengistirahatkan ponsel kamu hingga beberapa jam setelah dimainkan, soalnya hp perlu istirahat dalam kegiatannya memproses kemauan user.

Anda bisa merestart atau mematikannya, bisa melalui dua cara tersebut. Kalau sudah di diamkan sesaat sekarang mulailah bermain kembali menggunakan android kamu yang sudah dingin itu.

Demikian ulasan singkat saya mengenai info menarik tentang dunia game dan gadget. Dengan begitu android kamu tidak akan merasa overhet lagi karena sudah bisa mendinginkan nya sendiri. Terima kasih sudah membaca cara mengatasi android panas saat main game baik online maupun offline.

Mogloger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *