Emulator Android Ringan Ram 1GB

Pingin cobain emulator android tapi ram laptop kamu pas-pasan? Hmm gak perlu khawatir, ada banyak kok emulator android yang bisa kamu cobain untuk kamu yang punya laptop dengan ram yang tidak terlalu besar. Penasaran kan pastinya apa saja emulator android ringan tersebut? Yuk deh coba kita lihat bersama daftar emulator android ringan ram 1GB yang pastinya bakal berjalan lancar pada komputer kamu meskipun ram-nya kecil.

Sistem operasi android bisa dikatakan sangat populer ya pada saat ini. Sehingga banyak sekali orang yang ingin mencoba menjalankan android pada komputer desktop maupun laptop mereka. Cukup banyak orang yang malas terlalu lama menggunakan android pada sebuah smartphone ataupun tablet.

Ada banyak alasan sih, mungkin salah satunya karena ukuran layar yang bisa lebih nyaman untuk mata jika menggunakan komputer desktop atau laptop. Karena itulah emulator android banyak sekali peminatnya, terutama yang ringan dong pastinya biar gak berat saat dijalankan pada komputer.

Emulator sendiri bisa dikatakan sebuah program yang membuat para pengguna komputer bisa merasakan sebuah sistem operasi tertentu yang tidak bisa dijalankan secara mandiri oleh komputer. Nah jadi emulator android itu artinya merupakan sebuah program yang bisa membantu kamu agar bisa memainkan atau menjalankan sistem operasi android di komputer kamu.

Sudah banyak sekali kok emulator android yang ringan saat ini, yang gak akan memberatkan kinerja komputer meskipun ram kamu hanya 1GB. Jadi buat kamu yang masih bingung memilih emulator android yang ringan, bisa langsung saja cek ulasan di bawah ini ya tentang berbagai emulator paling ringan di laptop kamu!

Emulator Android untuk PC Spek Rendah

Semisal kamu hanya memiliki PC atau laptop dengan spek rendah maka disarankan untuk menggunakan emulator sebagai berikut.

Droid4X

Emulator android ringan untuk laptop yang akan kita bahas pertama kali yaitu Droid4x. Banyak sekali para pengguna emulator android yang sebelumnya setia memakai Bluestack jadi berpaling ke Droid4X ini.

Kenapa bisa begitu? Karena ada banyak fitur dan kualitas pada Droid4X yang berhasil memikat para pemburu emulator android, dimana salah satunya adalah kemampuan rendering yang sangat baik pada grafisnya.

emulator paling ringan

Droid4X ini sudah berhasil memecahkan masalah pada Aplikasi ARM yang berjalan pada framework x86 loh. Tentunya hal ini akan ini sangat membantu kamu dalam memainkan game android yang berat.

Jadi gak ada cerita tuh game yang kamu mainkan patah-patah. Dan untuk kamu yang suka main game, Droid4X ini juga menyediakan controller untuk gaming. Gimana, menarik ya untuk dicoba?.

Bagaimana bisa menjalankan aplikasi android di laptop tanpa emulator? simak postingan sebelumnya.

LeapDroid

Kemudian emulator ram 1GB yang berikutnya adalah LeapDroid. Udah pernah cobain belum nih kamu? Google aja sudah mengakui kehebatan LeapDroid lho, hingga pada akhirnya Google merekrut pengembang emulator android ringan ini. Ga sembarangan kan ya pastinya?

emulator android

Beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan disini jelas akan sangat memuaskan kamu para pecinta android. Dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami, jelas tidak akan menyulitkanmu untuk memainkannya.

Dan tentunya keunggulan utamanya adalah dari penggunaannya dimana tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Jadi untuk kamu yang ram-nya terbatas, emulator paling ringan ini jelas menjadi alternatif yang oke banget!

Windroye Emulator

Lanjut yang berikutnya ya. Kali ini ada Windroye yang bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untukmu. Kalau untuk masalah ringan gak usah ditanya ya. Windroye ini jelas akan jadi pilihan yang pas untuk laptop kamu yang spek-nya pas-pasan,

emulator android ram 1GB

Dan kabar baik nih untuk kamu yang suka main game sejenis Pokemon Go. Windroye ini sudah mendukung fasilitas Fake GPS. Jadi buat kamu yang mau nyari monster gak perlu susah-susah lagi buat jalan sampai keluar negri.

Baca Juga : Cara Melegakan RAM Android

Dan kabarnya ada game baru sejenis Pokemon Go yang berlatar belakang dunia sihir Harry Potter ya? Sudah cobain belum nih kamu? Rasanya pasti bakal pas ya kalo dicoba sekalian pakai emulator android yang satu ini.

Xeplayer Emulator

Nah untuk yang terakhir ini ada Xeplayer nih. Gak perlu repot pokoknya kalo kamu pake emulator android yang satu ini. Mau komputer kamu spek kentang sampai spek rendah juga gak masalah.

Karena memang emulator android yang satu ini memang ringan banget. Gak salah pokoknya kalo admin masukkan ke dalam list emulator untuk pc spek rendah yang bisa menjadi alternatif pilihan untukmu.

emulator android ringan

Untuk tampilan antarmuka juga terbilang simpel ya. Kamu gak akan kesulitan lah untuk mengoperasikannya. Emulator yang satu ini berani mengusung tagline The Most Powerfull Emulator.

Pastinya ga akan sembarangan klaim kan ya? Jadi gak salah rasanya kalau kamu juga cobain deh emulator android yang satu ini.

Belum pernah ngerasain betapa serunya main mobile legend di komputer?.

Bluestack

Aplikasi selanjutnya untuk android pc adalah bluestack. Nama sudah tidak asing lagi bagi telinga pengguna android. Semenjak banyak postingan beredar yang membahas tutorial cara memasangnya, bluestack kini sudah dapat diinstal pada spek minim.

Peforma dari aplikasi ini sangat tidak diragukan lagi saat saya gunakan pada pc. Tak hanya itu, bagi seorang pemula ketika memakai aplikasi bluestack tidak ribet dengan sistem navigasi (sudah ramah dan friendly). Kelebihan bluestack adalah bisa di install secara offline atau tanpa internet.

Xamarin Android Player

Xamarin Android Player

Tak kalah jauh dari teman – teman emulatornya, Xamarin Android Player manawarkan integrasi dengan visual studio. Tak hanya itu saja, aplikasi nya bisa di install pada semua sistem operasi baik windows maupun MAC. Dia menjalankan sistem android di pc pada virtual machine x86 serta memakai perangkat akselerasi opengl.

Xamarin Android Player lebih unggal ketimbang software emulator ringan lainnya. Ada dua kategori untuk windows, yaitu versi 32 bit dan 64 bit yang kedua nya sama – sama bekerja maksimal. Aplikasi Xamarin Android Player belum mendukung pada sistem operasi linux dan debian.

Andy Android Emulator

Andy Android Emulator

Ada lagi aplikasi emulator android yang tak mau kalah ringan untuk ram 1gb sama dengan teman sebayanya. Andy Android Emulator merupakan sebuah emulator untuk memasang android di perangkat laptop. Dia juga sudah terpasang versi android kitkat. Perlu diketahui, ternyata minimal RAM yang harus gunakan adalah 3GB.

Kekurangan Andy Android Emulator adalah tidak bisa di install pada windows 10, hanya dapat di windows 7 dan 8 saja. Sayangnya, aplikasi hanya dapat di install secara online atau menggunakan internet. Semua itu tidak menjadi masalah besar bila anda mempunyai kecepatan internet cepat dan stabil.

GenyMotion

emulator GenyMotion

Nah software ini menjadi salah satu alternatif dari emulator sebelah yaitu bluestack. Ternyata, lebih ringan dan mudah untuk digunakan. Terlebih lagi jika kamu pengguna laptop RAM dibawah 2 GB mungkin dapat mencoba aplikasinya.

Software tersebut bernama GenyMotion yang sudah lama di produksi. Jika di bandingkan, lebih suka dengan GenyMotion ketimbang blustack. Mengapa? Karena tampilannya responsif dan lancar – lancar saja waktu digunakan.

Android x86

software Android x86

Emulator Android x86 sudah tidak bisa lagi dikatakan sebuah emulator sebenarnya. Soalnya dia sudah menjadi bentuk ISO dan bisa dibuat dan disimpan pada sebuah flashdisk atau penyimpanan eksternal lainnya. Android x86 juga dapat dijalankan dalam bentuk portable software, jadi tanpa melakukan instalasi, Android x86 sudah bisa dijalankan.

Kalau di telusuri, android sendiri adalah turunan atau pecahan dari kernal Linux itu. Oleh karena itu software Android x86 sangat ringan dan mudah untuk digunakan oleh pengguna awam.

YouWave for Android

aplikasi YouWave for Android untuk pc

Rekomendasi emulator selanjutnya datang dari YouWave Inc. pengembang sekaligus pemilik emulator YouWave for Android. Bagi saya, peforma YouWave for Android sangatlah bagus dan smooth. Sayangnya, aplikasi ini dibandrol harga (tidak gratis).

Kamu harus merogoh kocek untuk dapat memasang YouWave for Android pada pc laptop. Tidak usah bersedih dulu soalnya pihak software membarikan layanan trial yang bisa kamu gunakan untuk waktu percobaan sebelum membeli YouWave for Android.

Android Emulator from Android SDK

Pengembang mana ya yang belum kenal dengan android emulator satu ini. Yup, Android Emulator from Android SDK merupakan sebuah program untuk merancang aplikasi dengan menuliskan berupa bahasa pemrograman seperti halnya bahasa Java.

Di dalam Android Emulator from Android SDK ini mempunyai fitur unik yaitu dapat mengecek sebuah aplikasi buatan kita sehingga diberitahukan kepada kamu bagian mana terdapat error lalu apa saja yang perlu di benarkan.

Nah jadi itu tadi beberapa daftar aplikasi android untuk pc yang bisa kamu cobain. Semoga bisa menjadi pilihan yang pas untukmu ya. Dan sampai jumpa pada artikel bermanfaat berikutnya!