Destinasi Wisata Pantai di Jogja

Bagi masyarakat yang tinggal di pulau Jawa, kota Yogyakarta merupakan salah satu destinasi berlibur yang menyenangkan. Bukan tanpa alasan kota berjuluk Kota Budaya ini banyak disambangi wisatawan. Suguhan alam, budaya, kuliner, hingga pantai nan indah menjadi alasan kenapa Yogyakarta tak pernah absen sebagai rujukan wisata penduduk dalam negeri.

Kalau saat ini kamu sedang menginjakkan kaki di kota yang kaya akan budaya lokal ini, kamu wajib banget untuk mendatangi pantai-pantai yang membentang di beberapa titik wilayah kota Jogja. Deretan wisata pantai Jogja berikut dapat kamu jadikan referensi. Yuk, habiskan waktu liburan di pantai untuk menyegarkan kembali rasa penat yang hadir akibat rutinitas harian di sekolah, kampus, ataupun kantor.

1. Pantai Parangtritis

parangtritis

Siapa yang tidak kenal dengan pantai Parangtritis? Pantai yang selalu dimasukkan ke dalam daftar tujuan wisata saat berlibur ke Jogja ini memang begitu cantik dan menggoda. Bila kamu tidak punya waktu banyak di Jogja namun tetap ingin menyambangi ikon wisata populer di Jogja, terutama wisata pantai, kamu jangan sampai melewatkan pantai satu ini.

Pantai Parangtritis berlokasi sekitar 25 kilometer di selatan pusat kota Jogja. Di pantai ini, kamu bisa bermain air, membentuk istana pasir, atau sebatas jalan-jalan menyusuri bibir pantai dengan telapak kaki telanjang. Menurut penelitian, berjalan di atas pasir pantai tanpa alas kaki dapat membantu menyalurkan energi positif dari bumi ke dirimu. Dengan begitu, kamu pun lebih rileks karena mood yang baik.

Saat menyambangi pantai ini, kamu juga bisa menguji adrenalin dengan menaiki paralayang di bukit Parang Endog. Saat menumpaki paralayang, kamu bisa menikmati panorama alam yang ditawarkan oleh kota Jogja. Jika kamu takut ketinggian, kamu tetap bisa memicu adrenalin lain dengan bermain sand boarding. Saat menjelang sore, kamu bisa menyusuri pantai dengan bendi. Siap-siap matamu dimanjakan oleh warna langit senja yang mempesona.

2. Pantai Depok

depok

Tak jauh dari pantai Parangtritis, terdapat spot wisata pantai lain yang tak kalah menarik. Namanya Pantai Depok. Pantai ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai hidangan hasil laut alias seafood. Jika diukur dari pantai Parangtritis, pantai Depok ini berada di sebelah baratnya dengan jarang kurang lebih 1,5 kilometer.

Baca Juga : Desa Wisata Jogja Menarik untuk DIkunjungi

Di pantai Depok, kamu bisa foto bersama teman-teman atau pasangan dengan latar belakang pantai ataupun bangku cinta yang telah dirancang oleh pihak pengurus. Jika kamu tertarik untuk mendatanginya, kami sarankan untuk mampir saat sore hari agar kulitmu tidak terbakar oleh sinar matahari. Deburan ombak besar terkadang membuat wisatawan tidak bisa bermain air.

Karena itu, sebaiknya saat bertandang ke pantai Depok, kamu cukup siapkan bujet untuk menikmati hidangan laut yang lezat. Ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan di pantai ini akan diolah menjadi sajian yang bakal menari-nari di dalam perutmu. Selain menyantap aneka olahan laut, kamu juga bisa menyusuri garis pantai dengan menumpaki ATV yang disewakan.

3. Pantai Goa Cemara

goa cemara

Pantai Goa Cemara, mungkinkah kamu bingung dengan maksudnya? Apakah in pantai atau goa? Nah, untuk mengetahuinya, kamu bisa langsung datang ke tempat ini. Jadi, penamaan pantai Goa Cemara karena sebelum mengakses pantai, kamu akan melewati hutan cemara yang sangat lebat. Saking lebatnya pepohonan cemara di hutan ini bisa sampai membentuk menyerupai terowongan. Karena hal tersebut, pantai ini dinamakan pantai Goa Cemara.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah rerimbunan pohon cemara yang menghampar luas sampai-sampai menutupi panorama pantai. Namun, saat kamu melewati goa cemara, kamu akan disambut dengan deburan ombak dan desiran pasir pantai yang menentramkan pikiran. Jika datang di waktu-waktu tertentu, kamu bisa menyaksikan langsung pelepasan tukik atau penyu ke samudra.

Ingin melancong ke pantai ini untuk bermain pasir di bibir pantai dengan anak atau teman-teman? Jangan lupa untuk menyiapkan uang karena kamu pasti akan lapar seusia bermain. Di pesisir pantai Goa Cemara berderet warung penjaja makanan. Tidak cuma itu, di pantai ini juga tersedia fasilitas umum yang memadai seperti kamar mandi, musala, hingga camping area.

4. Pantai Indrayanti

indrayanti

Meski Indonesia mempunyai pantai-pantai yang indah, tak jarang keindahan tersebut dirusak oleh perbuatan wisatawan lokal ataupun mancanegara yang datang dan menyisakan berbagai polutan bagi pantai. Nah, jika kamu termasuk orang yang menyukai kebersihan dan ingin menikmati pantai dengan pesona indah, kamu bisa datang ke pantai indrayanti.

Baca Juga : Tempat Wisata di Palangkaraya Sangat Eksotis

Pantai Indrayanti tergolong sebagai salah satu ikon wisata pantai populer di Jogja. Pantai ini dikelola secara khusus sehingga kondisinya sangat terjaga. Tidak heran kalau air di pantai ini sangat jernih. Pasir putih yang menghampar luas juga menjadi alasan kenapa pantai ini termasuk salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat kamu berlibur ke Jogja.

5. Pantai Siung

siung

Bermain ke Pantai Siung, kamu bukan hanya duduk santai di warung-warung menikmati makanan atau membuat tulisan dan simbol tertentu di atas pasir. Lebih dari itu, kamu bisa memanjat tebing yang terdiri lebih dari 250 jalur panjang di pantai ini. Keren, bukan? Bahkan, di pantai ini juga terdapat camping area yang mana cocok untuk dijadikan tempat bermalam oleh setiap wisatawan.

Pantai ini terletak cukup jauh, yakni sekitar 70 kilometer jaraknya dari pusat kota Jogja. Meskipun jauh, perjalanan panjangmu dan teman-teman akan tergantikan berkat aktivitas seru yang dilakukan selama berada di pantai ini. Jika kamu hanya ingin menikmati keindahan alam yang ditawarkan, pantai Siung bakal memperlihatkan pesonanya lewat batu-batu karang berukuran besar yang mirip dengan gigi kera atau biasa disapa dengan Siung Wanara.

6. Pantai Timang

timang

Ingin menguji nyalimu sebesar apa? Kamu bisa mendatangi pantai Timang. Di pantai ini, kamu akan ditantang untuk melewati gondola berupa jembatan khusus yang dirancang untuk menyeberangi dua tebing dengan jarak yang cukup jauh. Gondola tradisional ini biasa digunakan sebagai jembatan penyeberangan oleh nelayan setempat untuk melintasi tebing karang.

Jika kamu punya kekhawatiran lebih, tentu tidak disarankan untuk melewati gondola ini. Sebab, tepat di bawah gondola, kamu akan menyaksikan deburan air laut Samudra Hindia yang bakal membuat bulu kudukmu bergidik ngeri.

Hanya di pantai Timang kamu bisa merasakan sensasi mendebarkan semacam ini. Jadi, bagaimana, apa kamu berani menantang nyali melewati jembatan tradisional ini?. Ingin berwisata ke bali? Lihat dulu paket wisata bali.