Cara Memperbaiki Corel Draw Tidak Bisa Save, Print DLL Work 100%

Cara mengatasi corel draw tidak bisa save, export, print dll. Ketika kamu memiliki masalah seperti ini, tidak akan terasa bahwa corel kamu bermasalah karena tidak dapat memilih opsi tersebut.

Banyak yang mengira bahwa aplikasinya tidak apa – apa, namun hal tersebut saya bantah sebab aplikasinya itu sudah memiliki masalah dimana kamu harus mencari solusinya agar bisa memperbaiki corel tidak bisa save.

Waktu saya menjalankan program coreldraw ini saya tidak mendapati hal apapun. Pada saat itu saya mendesain saja di corel hingga proses selesai. Pada saat saya mau export, saya tekan CTRL + E kok tidak mau muncul.

Kemudian saya cek pada menu File -> Export, alhasil menu export ada label warna abu – abu gelap itu, ternyata tanda tersebut memiliki arti bahwa coreldraw saya tidak bisa digunakan untuk hal tersebut.

Baca Juga : Penyebab Lightroom Gagal Import, Khusus Android

Yahh hasilnya saya tidak bisa merampungkan desain saya karena terkendala coreldraw tidak bisa dipakai dan cukup menguras waktu untuk mencari solusinya. Kenapa? Soalnya corel draw saya ngga bisa save, print, export dan lain lain.

Cara Mengatasi Corel Draw Tidak Bisa Save, Print dan Export

Pada saat ini saya menggunakan coreldraw x7, banyak masalah yang terdapat di corel versi ini. Namun ternyata eh ternyata ada juga yang pakai x4, x5, x6, dan x8 pun juga terkendala sama seperti saya.

Kemudian saya mencoba untuk mencarinya di internet, google, youtube dan forum – forum segala macam, akhirnya masalah saya terungkap dengan hanya memasang file corel draw saya kembali pulih. Berikut file nya bisa kamu dapatkan.

Download PSI_Key_2.dll
Ukuran 536 KB

Langkah untuk memasukkannya pun cukup mudah, setelah kamu mendownload pada link diatas, kalian hanya disuruh ekstrak file tersebut menggunakan winrar atau winzip.

Setelah di estrak, silakan copy file tersebut atau bisa kamu potong saja dan masukkan ke direktori penyimpanan drive C -> Program Files -> Common Files -> Protexis -> License Service -> Pastekan disini

coreldraw tidak dapat print dlll

Kalau ditampilan layar muncul replace, klik replace aja. Hal ini bertujuan untuk mengganti lisensi lama ke yang sudah kamu download tadi.

Setelah kamu memasukkan pada folder licensi coreldraw nya saatnya sekarang kamu cek apakah layanan service tersebut berjalan atau tidak.

Bisa cek melalui tekan tombol Logo Windows pada Keyboard + R -> Ketikkan Services.msc -> Enter.

Cari program bernama protexis licensing, pastikan program tersebut dalam keadaan running atau started supaya corel draw kamu bisa digunakan.

Alternatif Corel Illegal Software & Trial Expired

Jika corel kamu belum bisa digunakan untuk menyimpan karena sudah expired.

Salah satu solusinya adalah mengulang instalasi software tersebut namun dengan cara yang berbeda dari sebelumnya.

Kalau sebelumnya kamu install coreldraw hanya install saja, untuk sekarang kamu harus menambah cara lainnya, seperti dibawah :

Saya anggap kamu sudah mencopot aplikasi corel nya ya, karena ini tutorial basic banget. Dan kamu juga harus punya master dari aplikasi coreldraw.
uninstall aplikasi coreldraw
  • Kemudian buka control panel dengan cara Windows X -> Control Panel -> Programs -> Program and Fearure -> Lalu akan tampil banyak aplikasi terpasang, pilih coreldraw -> Klik Kanan -> Uninstal -> Selesai.
  • Kemudian install coreldraw kamu seperti biasa, namun kalau sudah selesai proses pemasangan, jangan dibuka dulu.
  • Sekarang buka Control Panel bisa tekan Icon Windows + X atau cari di menu pencarian windows ketikkan control panel.
membuka windows firewall
  • Pilih menu System and Security hingga muncul menu baru pilih Windows Firewall -> Cari menu Advanced Setting -> Pilih Outbound Rules -> cari menu New Rules yang ada di pojok kanan atas.
  • Setelah klik new rules akan muncul menu baru dimana kamu hanya memerlukan klik Next saja lalu Muncul menu baru disini kamu harus memasukkan sebuah program yang menghubungkan internet ke corel dan kamu harus mencarinya
blokir firewall
  • Kamu bisa menemukan programnya di Local Disk (C:) -> Program Files (x86) -> Corel -> CorelDRAW Graphics Suite X6/ X7/ X8 (sesuai versi corel kalian)  -> Connect -> Klik pada Connect.exe -> Open -> Klik Next terus (jika menemukan ada menu allow the connection dan block pilih block saja karena kita perlu memblokir internet masuk ke aplikasi corel -> Klik Next -> Next -> Isikan nama terserah keinginan kamu-> Finish.

Kalau sudah, kamu bisa mengulangi langkah pertama yang memasukan file ke dalam direktori coreldraw.

Demikian ulasan saya dalam mengatasi coreldraw bermasalah, mungkin kamu adalah salah satu diantara orang lain yang mengalami masalah corel ini.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara mengatasi coreldraw x7 tidak bisa save, export, print dll.

3 pemikiran pada “Cara Memperbaiki Corel Draw Tidak Bisa Save, Print DLL Work 100%”

Tinggalkan komentar