Cara Compress PDF Offline

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwasanya mengirim dokumen menggunakan format pdf telah menjadi favorit semua orang. Pasalnya, file pdf ini bisa berisi file dokumen maupun gambar yang digabung menjadi satu sehingga lebih mudah proses transfernya. Agar menjadi ukuran lebih kecil, anda perlu cara kompres pdf offline.

Tak hanya memperkecil ukuran saja, melainkan sifat file pdf yang permanen membuat file di dalamnya tidak mengalami perubahan susunan meskipun dibuka pada perangkat atau aplikasi pdf reader yang berbeda.

Sayangnya, pengiriman dokumen melalui email atau publishing online diberi batasan ukuran seperti saat melamar kerja. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah ukuran file pdf terlebih dahulu sebelum dikirim.

Namun, bila anda tidak mempunyai aplikasi kompres pdf terbaik dibawah, anda bisa melakukan compress pdf online. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghasilkan file pdf berukuran kecil.

Cara Compress Offline Sesuai Ukuran Yang Diinginkan

Menggunakan Adobe Photoshop

Apakah laptop atau komputer Anda sudah terinstall Adobe Photoshop? Jika sudah, maka bisa dimanfaatkan untuk mengubah ukuran file pdf menjadi lebih kecil.

Tak hanya mengurangi ukuran pdf, adobe photoshop juga bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto.

Sebagai salah satu aplikasi yang didesain khusus untuk menunjang kebutuhan desain grafis, ternyata Adobe Photoshop ini bisa digunakan untuk aplikasi kompres pdf offline dan berbagai bentuk file seperti file gambar (JPEG/JPG/PNG) ataupun pdf.

Adapun langkah-langkah kompres file pdf offline menggunakan Adobe Photoshop yaitu:

  • Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa komputer atau laptop Anda sudah memiliki software Adobe Photoshop. Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop Cs3 ataupun versi lainnya.
  • Jika sudah memilikinya, bukalah software tersebut.
  • Kemudian, klik menu File dan pilih Open. Anda juga bisa menggunakan cara langsung dengan menekan tombol Ctrl + O.
  • Setelah itu, akan muncul kotak dialog Open File. Pilihlah file pdf yang ingin diperkecil ukurannya dan klik Open.
  • Setelah file terbuka di Adobe Photoshop, simpan file tersebut dengan klik File dan pilih Save As atau menekan tombol Ctrl + Shift + S. Karena Anda hanya akan memperkecil ukuran file pdf, maka pada kolom Type file tetaplah menggunakan format pdf.
  • Langkah berikutnya yaitu klik Save (Simpan), maka akan muncul kotak dialog baru yang berisi pilihan kualitas file. Pilih kualitas yang rendah agar ukuran file pdf menjadi lebih kecil.
  • Akhiri cara kompres file pdf melalui Adobe Photoshop dengan klik Save.

Cara Kompress PDF Offline Melalui Microsoft Word

Kompres PDF menjadi kecil melalui Ms Word merupakan cara yang paling mudah. Kenapa? Karena Anda tidak perlu repot melakukan instalasi software terlebih dahulu.

Selain itu, tentunya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hanya saja, dengan menggunakan cara ini ukuran file pdf tidak bisa dibuat sesuai dengan keinginan karena hanya tersedia satu pilihan saja.

Hal lainnya yang perlu dilakukan jika menggunakan cara ini yaitu file yang dikompres ini berasal dari file dokumen yang akan disimpan dalam bentuk pdf. Jadi, Anda tidak bisa secara langsung memperkecil ukuran dari file berformat pdf melalui Ms Word.

  • Cara memperkecil file pdf offline melalui Ms Word yaitu:
  • Bukalah Miscrosoft Word pada PC. Anda bisa menggunakan Ms Word tahun 2007 atau versi terbarunya.
  • Selanjutnya buka file dokumen yang akan disimpan dalam bentuk pdf berukuran kecil dengan klik File dan pilih Open. Pilih file dokumen pada melalui kotak jendela Open File dan klik Open.
  • Setelah terbuka, pastikan bahwa tidak ada yang perlu direvisi (edit) lagi kemudian simpan dalam format pdf dengan klik File dan pilih Save As.
  • Berilah nama file sesuai dengan kebutuhan Anda dan ganti format pada kolom Save as type menjadi pdf.
  • Langkah berikutnya, pada opsi Optimize for berilah centang untuk pilihan Minimum size (publishing online).
  • Langkah terakhir klik Simpan (Save).
Baca Juga : Cara Agar PDF Bisa Di Copy

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menjadi 300 Kb

Jika pada cara mengkompres pdf sebelumnya, ukuran file pdf sudah ditentukan oleh platform yang digunakan, maka kali ini Anda bisa melakukan pengaturan tersendiri terkait ukuran file pdf.

Bahkan, Anda juga bisa memperkecil ukuran file pdf menjadi 300 kb secara offline. Salah satu aplikasi recommended yang bisa digunakan yaitu Nitro PDF.

Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap mulai dari pembacaan pdf, edit pdf, combine pdf hingga compress pdf.

Dalam melakukan kompres pdf, Nitro PDF menyediakan dua pilihan metode kompresi yaitu secara otomatis (reduce size) atau melalui request pengguna (custom).

Pada menu reduce size berarti Anda hanya bisa mengurangi ukuran file tanpa bisa mengatur seberapa banyak tingkat pengurangannya.

Sedangkan pada opsi custom size Anda bisa memilih sendiri ukuran file pdf yang diinginkan agar dapat memperkecil ukuran file tersebut.

Berikut cara memperkecil ukuran file pdf menggunakan Nitro PDF.

  • Pertama download file Nitro PDF Pro versi terbaru yaitu Nitro PDF Pro 11 dan isntall pada PC. Pengunduhan ini bisa dilakukan melalui website resmi Nitro PDF di link : www.gonitro.com/download.
  • Setelah berhasil melakukan instalasi, masuklah ke aplikasi Nitro PDF Pro 11.
  • Kemudian buka file yang akan dikompres dengan klik menu File dan klik Open.
  • Setelah file pdf terbuka, klik menu File dan klik Optimize PDF maka akan muncul 3 pilihan optimisasi PDF yaitu Reduce size; Reduce size and print ready; dan Custom. Jika Anda ingin memperkecil secara langsung maka bisa memilih Reduce size. Tetapi jika ingin mengubah ukuran sesuai keinginan maka pilih Custom.
  • Setelah mengklik Custom, maka Anda akan langsung dibawa ke halaman Optimizing Detail. Pada halaman tersebut centang opsi Resample Image dan pilihlah ukuran file yang dikehendaki. Untuk memberi keleluasaan dalam memilih ukuran maka klik Custom dan klik Setting.
  • Setelah mengatur semua nilai DPI maka klik OK.
  • Selanjutnya klik Optimize dan tunggulah hingga proses kompres file pdf selesai.
  • Langkah terakhir lakukan penyimpanan pada hasil kompres dengan klik menu File, klik Save As dan simpan dengan nama berbeda. Kemudian klik Simpan (Save).

Aplikasi Kompres File PDF Andorid

Buat Anda yang tidak sempat membuka laptop, maka bisa melakukan kompres pdf online melalui Android dengan menggunakan bantuan aplikasi Kompres PDF.

Aplikasi untuk kompres file pdf yang tersedia secara gratis ini memiliki ukuran yang ringan sehingga tidak memberatkan perangkat. Anda bisa menggunakan aplikasi kompresi pdf ini untuk mengkompres ukuran pdf hasil scan.

Adapun cara kompres file pdf di Android menggunakan Aplikasi Kompres PDF yaitu:

  • Download aplikasi Kompres PDF melalui Google Play Store dan pasanglah pada Android.
  • Setelah itu, buka aplikasi Kompres PDF dan bukalah file yang ingin diperkecil ukurannya dengan mengklik tanda Plus (+).
  • Selanjutnya carilah folder tempat penyimpanan file pdf tersebut.
  • Jika sudah ketemu maka klik file pdf tersebut dan secara otomatis aplikasi Kompres PDF akan melakukan kompresi file.
  • Tunggu hingga ada notifikasi kompres file telah selesai.

Salah satu kelemahan dari aplikasi untuk mengkompres file pdf ini yaitu membutuhkan waktu kompresi yang cukup lama sehingga kurang recommended jika digunakan untuk memperkecil banyak file.

Nah, itulah tadi beragam cara kompres pdf offline yang bisa dilakukan untuk mempermudah dalam transfer file atau publishing online.

Mengecilkan ukuran file jenis ini lebih hemat kuota serta dapat digunakan untuk beberapa file sekaligus.

Menariknya lagi, cara mengurangi size dari file pdf secara offline ini tidak ada batasan penggunaan seperti saat menggunakan tool secara online.

Tinggalkan komentar