Mogloger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Baterai Laptop Mudah Habis? Cara Mudah Cek Kesehatan Baterai

1 min read

cek baterai laptop masik baik atau dah buruk

Cara mengetahui baterai laptop masih bagus atau tidak di semua windows baik itu 7, 8 dan 10. Cek baterai ini bertujuan untuk melihat bahwa kondisi batre laptop anda masih sehat atau tidak. Terkadang anda sebagai penggunanya ingin merasakan dalam penggunaan laptop bisa bertahan lama hingga berjam – jam. Nah kemudian selang beberapa tahun batrenya akan mengalami penurunan kualitas dengan adanya tanda tanda ngedrop.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai baterai. Siapa disini yang belum pernah megang barang elektronik? semuanya pasti sudah. Diantara kalian ada yang pernah melihat kesehatan baterai kamu?

Baterai itu sendiri memiliki typenya masing masing ada yang baterai tanam (Not removeble) atau baterai copotan bisa diganti sesuka hati kalian. Bagaimana jika saya mempunyai perangkat dengan baterai tanam? Anda bisa menemukan solusinya untuk periksa kondisi batre kamu loh.

Siapa sih yang engga kesal ketika lagi asik main laptop, terus tiba-tiba baterainya habis ? Bayangin, lagi enak denger lagu sambil ngayal yang seru-seru, tau-tau masalah yang keliatan sepele ini muncul, ngeselin kan ? Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi 2 Teknik paling mudah untuk cek kesehatan baterai laptop kalian tanpa menggunakan aplikasi pihak ketika.  Yes, teknik yang akan saya bagikan ini tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga, alias sangat mudah.

Baiklah, engga usah panjang lebar lagi, sekarang saya akan jelaskan apa saja yang kalian butuhkan untuk cek kesehatan baterai kalian yang sudah mulai mudah habis itu :

  • Laptop Kalian ( Udah jelas lah ya, hehehehe )
  • Command Prompt, alias CMD bawaan Windows/OS kalian
  • Command

cd%userprofile%/Desktop
powercfg/batteryreport

Baca Juga : Perbedaan Kelebihan dan Kelemahan Prosesor CMD

Tutorial Cek Baterai Laptop Dengan Mudah

Step 1 
Buka Start Menu dan Jalankan CMD As Administrator
run as administrator
cmd
Step 2
Ketik Command cd%userprofile%/Desktop dan powercfg/batteryreport di CMD, lalu tunggu sampai muncul tulisan “Battery life report saved to file path C:UsersELCODesktopbattery-report.html”
repot battery
tulisannya muncul di cmd
Baca Juga : Keybord Rusak? Inilah Cara Mengatasinya

Step 3
Masuk Ke Desktop dan Cari File battery-report.html dan Klik Dua Kali
tampilan dekstop
tampil dialog baterai
Nah, setelah file diatas udah muncul sekarang kalian masih bingung kan gimana cara liat kesehatan baterai kalian ? Okay, disini akan saya jelaskan sedikit demi sedikit, supaya kalian semua paham dan ngga ngerasa sia-sia setelah sejauh ini
diaog di cmd
Screenshot diatas adalah laporan baterai kurang lebih selama 3 hari. Disitu kalian bisa liat beberapa notifikasi seperti :
Start Time, yang berarti saat kalian pertama kali menyalakan laptop/device kalian
State, yang berisi informasi apakah kalian sedang mengisi daya atau tidak
Capacity Remaining, yang berisi informasi berapa % baterai kalian saat sedang digunakan dan juga jumlah mWh (megawatt hour) baterai kalian
Selain informasi diatas, kalian bisa tau lebih detail lagi tentang kondisi baterai laptop kalian
baterai report 3
Nah, di screenshot ini, kalian bisa tau banyak hal juga, termasuk kondisi baterai kalian. Kalau kalian perhatikan, disitu ada tulisan Full Charge Capacity dan juga Design Capacity, yang berarti Jumlah maksimal baterai di isi daya dan juga kapasitas pengisian daya aslinya. Disitu dijelaskan kalau Full Charge Capacity adalah 34 mWh, sedangkan Design Capacitynya adalah 41 mWh. Itu berarti daya yang bisa di isi ke laptop kamu hanya 34mWh dari yang asalnya 41mWh. Jadi, dalam kasus ini, laptop saya mudah mulai cepat habis baterai karena memang kondisi baterainya sudah tidak sebagus awal, alias mulai nge drop.

Kurang lebih segitu dulu tutorial kali ini. Jika kalian rasa tutorial ini bermanfaat, silahkan kunjungi website saya di https://www.warungilmukomputer.com karena masih banyak tutorial dan informasi penting di yang akan saya bagikan

Mogloger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *