Cek Aktivasi Windows 10

Ketika menggunakan windows, apa yang anda rasakan? apakah langsung cek aktivasi windows 10 nya atau dibiarin begitu saja?. Ingat ya, anda juga memerlukan cara mengetahui windows sudah diaktivasi atau belum.

Walaupun anda sebagai seorang pemula dalam mengoperasikan windows. Tak usah dihiraukan hal seperti itu, soalnya saya yakin cara melihat masa aktif windows 10 ini bisa dilakukan oleh siapa saja orang tersebut.

Saya dulu juga memiliki pemikiran seperti itu, apakah dengan saya memulai menggunakan laptop atau komputer ini dapat mengendalikannya secara penuh?. Alhasil saya berani mencoba – coba dalam dunia cek lisensi windows..

Terdapat beberapa cara mengetahui windows 10 sudah aktif apa belum bisa dilakukan disini. Bilamana anda kesusahan ketika ingin melihat masa aktif windows anda, bisa lihat ulasan ini.

Windows 10 dibagi menjadi beberapa versi, ada 3 versi yang sering digunakan dalam keseharian. Varian tersebut adalah windows 10 pro, home dan enterprise. Ketiga varian tersebut dapat di cek lisensi windows nya.

Agar anda tidak kebingungan dalam cek lisensi windows tersebut. Ikuti langkah demi langkah dibawah ini supaya anda tau cara mengecek windows 10 asli apa bajakan.

Cara Cek Aktivasi Windows 10

Mengapa perlu cek lisensi windows? Sebenarnya saya kurang yakin dengan mengecek lisensi windows masih aktif atau sudah mati. Namun, saya merasa hal itu perlu dikemudian hari. Entah kenapa saya merasa di hari ini memerlukan cara mengetahui masa aktif windows 10 supaya tidak kelewat batas expired nya.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Activate Windows di PC.

Kemungkinan besar hal setelah windows expired adalah windows anda sudah tidak bisa digunakan lagi karena lisensi windows original sudah tidak berlaku lagi pada PC anda. Untuk itu anda bisa melakukan cara mengecek lisensi windows 10 berikut ini.

Cara Mengetahui Windows 10 Sudah Aktif

cara mengetahui windows 10 asli

Cara mengetahui windows 10 asli atau palsu biasanya sering dilakukan pada windows setting. Anda bisa menggunakan menu pengaturan yang sudah disediakan oleh tim microsoft. Cara cek lisensi windows bisa anda lihat dibawah ini supaya lebih jelas.

Cara Cek Windows 10 Asli

  • Buka pengaturan agar , caranya tekan Start Menu kemudian klik ikon Gerigi .
start menu
  • Buka menu Update & Security lalu anda bisa memilih menu Activation.
  • Di menu activation ini anda dapat melihat product key yang sudah terpasang bila windows anda sudah aktif.

Untuk mengidentifikasi windows original apa tidak, anda bisa lihat di sana ada urutan angka tidak? Urutan angka tersebut adalah product key yang sudah ditanamkan pada pc anda. Bila sudah di cek lisensi windows tidak ada berarti windows anda tidak asli.

Cara Cek Windows 10 Ori

control panel windows 10

Cara kedua untuk mengetahui windows 10 asli atau bajakan adalah dengan melihatnya pada control panel system anda. Namun, biasanya anda dapat melihatnya dalam selang beberapa detik atau tidak bisa langsung. Bila hanya terdapat tulisan product key not available berarti windows anda tidak asli.

Cek Keaslian Windows 10

  • Pertama, anda bisa masuk ke windows explorer atau File Manager di laptop atau komputer masing – masing.
  • Kemudian klik kanan pada tampilan This PC lalu tekan menu Properties.
this pc
  • Lalu akan terlihat tampilan baru dimana anda bisa melihat product key anda dibagian paling bawah. Nampak seperti gambar dibawah yang sudah saya tandai warna merah itu adalah product key yang saya gunakan.
windows activation

Cek Aktivasi Windows 10 Lewat CMD

Adapun cara menggunakan command prompt atau CMD yang biasa saya lakukan untuk mengecek windows 10 asli. CMD merupakan salah satu command yang sering digunakan untuk segalanya. Bisa untuk reboot juga dan juga bisa cek masa aktif windows anda sampai kapan.

Cek Activation Windows via CMD

  • Buka CMD menggunakan cara menekan tombol kombinasi shorcut pada keyboard yaitu CTRL + R lalu ketikkan cmd terus Enter atau tekan OK.
  • Setelah dapat menjalankan program CMD, silakan ketikan slmgr /xpr lalu tekan enter.
  • Kemudian akan muncul jendela pop up kecil yang menunjukan windows anda sudah aktif.

Keterangan :

Apabila windows anda ada masa berlakunya seperti gambar diatas berarti windows anda akan kadaluwarsa atau tidak aktif pada sesuai tanggal yang ditampilkan. Saya beri contoh sesuai gambar yang saya miliki diatas. Bahwa tanggal disana menunjukan volume aactivation will expire 9/16/2019.

Berarti menandakan bahwa windows saya akan tidak aktif pada bulan ke sembilan atau bulan September di tanggal 16 tahun 2019 ini. Setelah masa berlaku habis, saya bisa mengaktivasi nya kembali menggunakan product key yang saya miliki.

Baca Juga Sob :

Bila anda cek lisensi windows menunjukkan tulisan “the machine is permanently activated“ berarti menandakan windows anda sudah aktif secara permanen tanpa harus aktivasi ulang.

Cara Cek Product Key

Seperti yang sudah saya katakan pada ulasan diatas, anda bisa melihat product key yang sedang digunakan pada laptop dan komputer anda melalui command prompt. Apabila anda penasaran dengan cara cek product key lewat cmd, bisa lihat tutorial dibawah ini.

  • Masuk ke CMD anda bisa menggunakan cara seperti diatas tadi. Tekan CTRL + R ketikkan cmd lalu enter.
  • Masukan perintah dasar di cmd sebagai berikut : “wmic path softwarelicensingservice get OA3xOriginalProductKey”
  • Maka product key anda akan terlihat di bagian bawah perintah yang anda masukkan sebelumnya.

Mengetahui Aktivasi Windows Beserta Key

cara cek windows 10 aktif permanen
  • Buka CMD.
  • Masukan perintah sebagai berikut ini : slmgr /ato.
  • Kemudian tekan Enter pada keyboard anda.
  • Akan muncul pop up pemberitahuan bahwa cek activation windowsnya sudah tersedia.

Mengetahui Aktivasi Windows Beserta Partial Product Key

mengetahui aktivasi windows beserta partial product key
  • Buka program CMD pada pc anda.
  • Masukan perintah sebagai berikut : slmgr /dli.
  • Kemudian tekan enter, lalu akan muncul partial bersama product key anda.
  • Setelah selesai mengecek bisa tekan tombol OK.

Cara Cek Lisensi Secara Lengkap Detail Aktivasi Windows

cara mengecek aktivasi windows 10
  • Buka program Command Prompt di windows anda.
  • Setelah terbuka, silakan masukan perintah dasar sebagai berikut ini : slmgr /dlv.
  • Habis itu anda bisa tekan enter pada keyboard anda.
  • Akan muncul notifikasi pada tampilan layar anda.
  • Disana sudah tertera semua bagian secara detail dan menyeluruh.

Jika cara mengetahui windows asli diatas apakah sudah membantu permasalahan anda?. Bila anda merasa sudah cukup dalam kasus kali ini, beri tanggapan mengenai postingan ini di dalam kolom komentar dibawah.

Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai melihat ciri windows 10 asli atau palsu. Dengan begitu anda sudah dapat cek windows 10 permanent. Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk membaca ulasan ini, semoga bermanfaat.