Cara Stop RBT XL

Tak hanya kartu indosat saja yang menghabiskan pulsa, kartu XL pun juga sama. Ternyata setelah di telusuri, ada dua buah layanan. Layanan pertama adalah RBT sedangkan kedua adalah SMS Pelanggan. Secara otomatis layanan ini akan berlangganan sendiri.

RBT singkatan dari Ring Back Tone atau sering disebut dengan pengganti nada sambung tut ketika kamu menelepon seseorang. Nada sambung ini terdengar ketika kamu telepon orang lain sebelum tersambung akan terdengar bunyi seperti musik. Isinya musik – musik jaman sekarang yang lagi naik daun di tanah air.

Sedangkan SMS Pelanggan adalah sebuah pesan berantai atau pesan broadcast dari pihak provider mengirimkan pesan berisi promosi iklan dari partner yang dikirimkan secara berkala kepada setiap pelanggannya.

Jadi, itu lah kedua layanan yang menguras kuota. Agar tidak semakin larut masalahnya, kamu bisa berhenti layanan RBT dan sms pelanggan dari operator XL ini. Cara berhenti langganan NSP ini bisa kamu dapatkan pada ulasan berikut.

Cara Menonaktifkan NSP XL

Dalam kata lain NSP itu sama seperti RBT, hanya saja penyebutannya saja yang berbeda. Layanan RBT ini akan otomatis aktif sendiri, bahkan tanpa pengguna sadari sudah aktif karena pihak operator lah yang mengaktifkannya.

Supaya kamu bisa berhenti langganan nada sambung ini, cukup gunakan beberapa langkah berikut :

1. Unreg RBT XL Melalui USSD

cara berhenti rbt xl lewat telepon

Kamu bisa memakai dial phone untuk berhenti RBT dari XL. Sementara itu, kode USSD sudah saya siapkan untuk kamu agar dapat menghilangkan masalah tersebut.

Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya :

  • Buka aplikasi telepon milik kamu, umumnya bergambar telepon.
  • Masukkan dial USSD berikut : *123*1819# kemudian pilih panggil/ OK.
  • Akan muncul kotak dialog, kamu tinggal pilih Info Layanan.
  • Langkah terakhir, pilih Berhenti Berlangganan, tunggu sebentar akan ada permintaan proses lalu muncul pesan SMS yang memberitahukan bahwa layanan ini sudah dimatikan.

Sampai sekarang, cara nonaktifkan nsp diatas masih bekerja. Jika kamu belum menemukan solusinya memakai dial phone dapat menggunakan menghapus RBT XL selanjutnya.

Baca Juga: Cara Melihat Kuota Sisa XL

2. Menghilangkan RBT XL Melalui Call Center

call center operator xl

Semua operator pasti memiliki customer service yang menyediakan layanan pengaduan, pemberitahuan kepada pelanggan yang mempunyai masalah, informasi pelayanan operator dan sebagainya.

Call center bisa kamu gunakan untuk menghentikan semua layanan yang aktif pada kartu sim XL kamu. Dapat diterapkan pada jaringan XL ataupun lainnya, namun nomor Call Center berikut milik XL jadi tidak bisa digunakan pada sembarang kartu.

Ini berlaku tidak hanya digunakan untuk menonaktifkan RBT saja melainkan bisa dipakai dalam unreg SMS pelanggan XL.

Belum tahu langkah – langkahnya? Berikut penjelasannya :

  • Buka aplikasi telepon kamu.
  • Masukkan nomor tujuan : 817 lalu tekan panggil.
  • Nanti kamu bilang saja ingin menonaktifkan semua layanan yang bersifat perpanjang otomatis. Misal menyebutkan layanan RBT sama SMS pelanggan.

Setelah itu permintaan kamu akan segera di proses oleh customer servicenya. Lalu nomor XL kamu akan di hapus dari list nomor yang ingin dikirimkan SMS pelanggan oleh pihak operator.

Baca Juga: Cara Unreg NSP Indosat

3. Mematikan NSP Melalui SMS

cara unreg rbt xl lewat sms

Melalui SMS paling mudah dilakukan karena hanya mengetikkan sebuah pesan. Pesan tersebut berguna untuk menghentikan langganan kamu. Dalam pesan ini, kamu bisa berhenti berlangganan semua layanan seperti SMS pelanggan dan nada sambung XL.

Belum tau bagaimana caranya? Simak saja pemaparan dibawah ini :

Ini adalah format yang pertama, jadi ada 3 format yang bisa kamu gunakan untuk berhenti langganan.

#Format Pertama

  1. Masuk ke aplikasi perpesanan.
  2. Masukkan nomor tujuan : 1818.
  3. Masukkan juga format SMS : UNSUB.

Tunggu hingga ada balasan dibawahnya, balasan itu berisi informasi bahwa kamu telah berhasil stop langganan RBT dan pulsa kamu telah aman tanpa kepotong sama layanan tersebut.

#Format Kedua

  1. Buka aplikasi perpesanan di hp android.
  2. Kemudian masukkan nomor tujuan : 1819.
  3. Langkah terakhir, tinggal memasukkan format SMS berupa : STOP.

Setelah ini kamu tinggal menunggu balasan dari provider yang menandakan kamu layanan NSP kamu telah dihentikan. Jadi, tak usah khawatir lagi jika suatu saat layanan ini diaktifkan kembali oleh pihak operator.

#Format Ketiga

Selain menggunakan kedua cara berhenti rbt xl diatas, kamu bisa memakai format yang terakhir. Namun mengenai nomor tujuan masih sama seperti format kedua.

  1. Jalankan aplikasi SMS pada smartphone.
  2. Masukkan nomor tujuan : 1819.
  3. Tahapan terakhir, masukkan format SMS : UNREG.

Ketiga format sudah saya berikan untuk kamu, tinggal kamu pilih saja mau memakai format yang mana. Pilih terserah kamu karena telah teruji semua bahwa ketiga format itu sudah berhasil membuktikan layanan RBT XL pengguna telah dimatikan.

Bagaimana cara nonaktifkan layanan NSP sangat mudah bukan? Kamu bisa memakai banyak cara diatas untuk tidak mengaktifkan RBT dan SMS pelanggan. Demikian ulasan ini semoga bermanfaat, terima kasih.