Cara Screenshot di Vivo

cara mengambil foto screenshot

Kebanyakan orang beranggapan bahwa hp vivo mempunyai fitur yang menarik. Salah satunya adalah screenshot layar, tak hanya menggunakan tombol saja melainkan masih ada beberapa langkah lainnya.

Vivo merupakan salahs satu vendor yang mengusung tema hp camera phone. Sama seperti OPPO, vivo ini juga memiliki kualitas kamera yang tak kalah dengan oppo.

Oleh karena itu, oppo dan vivo menjadi dua hp yang bisa dibilang mirip karena kaya akan fitur kamera. Mungkin beberapa orang mempunyai smartphone vivo walaupun kalah jumlah dengan xiaomi redmi.

Pasalnya harga pasaran vivo sekarang relatif agak mahal dibanding xiaomi redmi. Bagi pengguna vivo ini, anda sudah tau belum bagaimana cara screenshot hp vivo?.

Beberapa pengguna umumnya sudah terbiasa dalam melakukan penangkapan gambar di layar hp sendiri. Tak lebih ketika menggunakan fitur tersembunyi untuk menangkap layar ponsel kita. Panduannya akan dijabarkan mogloger dibawah.

Cara Ambil Screenshot HP Vivo

Tak jarang pengguna mengeluhkan tentang panduan screenshot. Umumnya mereka adalah pengguna baru yang belum mengenal akan fitur yang ada pada smartphonenya.

Sebagian pengguna sudah bisa melakukan screenshot, namun panduan ini bisa anda tiru apabila anda kurang mengeksplore fitur di hp vivo. Panduan tersebut akan mogloger paparkan dibawah.

Baca Juga : Cara Screenshot HP OPPO

1. Screenshot Vivo Menggunakan Tombol

menggunakan tombol volume di hp vivo

Panduan pertama ini bisa dikatakan yang paling mainstrem. Kenapa? Karena sudah banyak orang yang mengetahuinya. Apabila anda tidak tahu cara pengoperasiannya, anda dapat melihat tutorial berikut ini.

  • Pertama – tama siapkan ponsel vivo anda (segala jenis merek).
  • Kedua, cari tombol Power + Volumen bawah.
  • Tekan dan tahan secara bersamaan.
  • Tunggu 3 detik maka akan muncul suara seperti jepretan khas kamera gitu.

JIka anda sudah sampai pada muncul suara, sampai disini anda sudah dapat melakukan screenshot hp. Umumnya tiap hp menggunakan tombol power seperti itu.

Baca Juga : Cara Ambil Gambar Layar di Xiaomi

2. Menggunakan Bar Navigasi

Cara kedua adalah menggunakan bar navigasi. Bar navigasi itu sendiri sering anda gunakan untuk menghapus recent apps, menghidupkan data seluler, menghidupkan wifi, mode pesawat, mode dering, hening dan lain sebagainya.

Terdapat fitur menarik yaitu anda dapat menangkap layar hp sendiri menggunakan bar navigasi ini. Caranya akan saya berikan melalui pemaparan dibawah.

bar navigasi screenshot
  • Langkah pertama, silakan cari tampilan mana yang ingin anda screenshot.
  • Kemudian usap dari bawah layar, layaknya ingin menghidupkan data seluler.
  • Lalu jangan pilih data seluler ya, anda bisa memilih opsi Tangkapan Layar Super.
  • Disini anda dapat melakukan perekaman layar, screenshot, dan lain sebagainya. Anda tinggal pilih screenshot untuk menangkap gambar layar ponsel.

Keterangan :

  1. Segi empat : pada opsi ini anda bisa atur bagian mana yang ingin anda screenshot. Anda dapat mengkustom area sendiri seberapa besar ukuran penangkapan layar.
  2. Tangkapan layar panjang : Jadi disini anda bisa capture layar secara panjang (panduannya akan mogloger ulas dibawah).

3. Menggunakan Usap 3 Jari

usap tiga jari

Untuk anda yang ingin screenshot hanya dengan melakukan cara mengusap layar. Ternyata vivo juga sudah menyediakan fitur tersebut. Anda bisa menggunakan panduan dibawah ini untuk menerapkan fitur tersebut.

  • Sebelumnya anda harus mengaktifkan fitur usap tiga jari. Caranya masuk ke pengaturan lalu mennu tangkapan layar super (ada di bagian bawah).
aktifkan fitur usap tiga jari untuk screenshot
  • Kemudian aktifkan opsi Penangkapan layar dengan geser tiga jari beserta Jendela melayang tangkapan layar.
  • Lalu anda bisa mencobanya dimana saja untuk menangkap gambar layar ponsel anda sendiri.
  • Caranya cukup mudah, siapkan ketiga jari anda, letakkan jari di atas layar smartphone.
  • Usap atau gesep kebawah hingga muncul bunyi cekrek khas seperti kamera gitu.

Jika sudah, anda bisa melihat hasil tangkapan layar tersebut di galeri smartphone. Disana anda memilih folder bernama Screenshot atau tangkapan layar.

Cara Menggunakan Screen Capture Panjang di VIVO

Karena sekarang jamannya screenshot panjang, maka anda bisa melihat panduan mengenai tutorial screenshot panjand di smartphone vivo khususnya. Melalui pemaparan dibawah, anda sudah bisa mendapatkan cara penerapannya.

  • Pertama – tama kalian buka dulu bar navigasi (panduan sama seperti langkah sebelumnya).
  • Kedua, pilih opsi Tangkapan Layar Super.
  • Ketiga, silakan pilih Screenshot Panjang.
tangkapan layar panjang
  • Kemudian, pilih opsi Berikutnya.
  • Otomatis layar anda akan bergulir sendiri, jika ingin semakin panjang tekan terus Berikutnya hingga sesuai keinginan anda.

Kenapa Tampilan Screenshot Berbeda?

Hal itu dikarenakan ponsel yang anda miliki masih dalam keadaan ponsel lama. Untuk melakukan hal yang sama agar tampilannya sama juga, anda harus memilik ponsel keluaran terbaru paling tidak keluaran tahun 2018.

Kenapa Tidak Ada Menu Tangkapan Layar Super?

Umumnya tangkapan layar super itu dimiliki ponsel dengan bahasa indonesia. Mungkin saja ponsel vivo anda masih menggunakan bahasa default alias inggris.

Jika anda pandai berbahasa inggris pasti tau artinya. Sebagai gambaran, jika tangakapn layar super itu di translate ke bahasa inggris akan nampak seperti ini “Super Screenshot”.

jadi tidak ada masalah apa – apa ketika anda ingin memakai opsi tangkapan layar super dalam bahasa inggris.

Demikian ulasan dari mogloger mengenai cara screenshot di vivo dengan mudah untuk semua tipe. Terima kasih dan semoga ulasan diatas bermanfaat bagi anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini