Inilah 2 Cara Merubah Format Video yang Bisa Anda Terapkan

Cara Merubah Format Video

Cara Merubah Format Video. Dengan semakin banyaknya format video yang ada saat ini membuat file video yang kita miliki tak jarang ada yang tidak bisa diputar atau dimainkan di perangkat-perangkat tertentu. Munculnya beragam format video yang ada saat ini sendiri dikarenakan adanya beberapa hal yang mempengaruhinya seperti alat perekam video yang semakin banyak jenisnya dan juga cara mendapatkan file video yang juga banyak ragamnya. Dari sini ketika kita tidak bisa memutar sebuah video pada sebuah perangkat tertentu karena tidak terdukungnya format video, maka kita mau tak mau harus mengubah format video tersebut. Tapi bagaimana cara merubah format video? Berikut ulasannya.

Baca Juga : SD Card Tidak Bisa Diformat

  1. Cara Merubah Format Video dengan Aplikasi atau Software Format Factory

Pertama, cara merubah format video yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan software atau aplikasi format factory. Aplikasi format factory sendiri bisa Anda unduh dibeberapa situs yang ada di Google. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar maka Anda pun akan dengan mudah untuk mengubah format video yang diinginkan. Selain format video, file lain yang bisa diubah oleh aplikasi format factory ini adalah suara dan gambar. Berikut langkah-langkah untuk mengubah format video mp4 ke 3gp lagi.

  • Pertama, Anda harus membuak aplikasi format factory yang sudah diunduh dan diinstal. Bila Anda belum punya aplikasinya tentu Anda harus mengunduh dan mengistallnya.
  • Setelah membuka aplikasi maka Anda akan bisa memilih beberapa format yang dihadirkan.
  • Berikutnya, Anda bisa menentukan folder file hasil convert, misalnya Anda taruh ke D:\FFOutput.
  • Selanjutnya, untuk menambahkan video yang akan diganti formatnya klik “tambahkan file” dan kemudian klik OK.
  • Terakhir, untuk memulai proses pengubahan format video klik “Mulai” dan tunggu hingga proses selesai.

Baca Juga : Cara Menggabungkan Video Secara Online Tanpa Aplikasi

  1. Cara Merubah Format Video Tanpa Software Secara Online

Berikutnya, cara merubah format video bisa Anda lakukan tanpa aplikasi atau software. Jadi dengan memanfaatkan beberapa situs online yang ada, maka Anda pun juga bisa melakukan pengubahan format video dengan baik. Selain mengubah format video, biasanya situs-situs yang ada juga menghadirkan beberapa fitur lain seperti image conventer, archive conventer, audio converter, document conventer, ebook conventer dan juga hash generator. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk cara kedua ini.

  • Pertama, Anda perlu mengunjungi situs yang bisa mengubah format video. Situs yang bisa Anda gunakan adalah online-convert.com.
  • Berikutnya setelah masuk halaman website, pilih video converter
  • Selanjutnya, rubah video dengan format yang diinginkan dengan meng-klik “select target format” dan klik “Go”.
  • Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman lain untuk memilih file video yang akan di convert. File yang akan diubah sendiri bisa Anda pilih dari PC, Dropbox, Google Drive atau URL website lain.
  • Di halaman ini Anda juga bisa memilih “size of video” serta juga dapat melakukan pengaturan beberapa optional lainnya seperti select audio codec, disable audio track, change video bitrate, change frame rate, cut video atau juga mirror/flip video. Sesuaikan saja dengan keperluan dan kebutuhan Anda.
  • Kemudian, setelah file telah dipilih, Anda tinggal klik “Start Conversion” dan tunggu proses convert hingga selesai. Lama tidaknya proses convert sendiri tergantung koneksi internet dan juga size dan format video.
  • Terakhir, setelah proses convert selesai maka Anda tinggal klik download video untuk bisa Anda nikmati di perangkat tertentu.