Cara Menonaktifkan Whatsapp

Hampir seluruh masyarakat di Indonesia pasti menggunakan sosial media whatsapp, dikarenakan whatsapp sendiri sangatlah mudah sekali untuk dipahami serta dioperasikan. Mulai dari pekerjaan kantor, tugas sekolah, dan masih banyak lainnya ada di sosial media whatsapp.

Karena di whatsapp sendiri menyediakan fitur grup yang dimana sangat membantu sekali dalam menyebarkan informasi secara cepat dan akurat, tak hanya itu juga di whatsapp juga bisa dilengkapi dengan gambar dan video agar lebih detail nantinya.

Bahkan untuk mengundang teman untuk masuk ke grup pun sangatlah mudah dan hanya tinggal klik sebuah tautan grup lalu pada akhirnya masuk, maka anda sudah tergabung dalam grup. Jika dilihat-lihat mungkin diantara anda juga memiliki banyak grup whatsapp. Entah itu grup whatsapp sekolah, kepemudaan, grup kompleks, grup mabar, dan masih banyak lainnya.

Tentu saja diantara grup-grup tersebut, pasti ada saja informasi baru ataupun chat teman yang masuk ke grup. Sehingga sering kali beberapa orang merasakan kurang nyaman apabila banyak sekali chat yang masuk ke whatsapp dan sangat menjengkelkan sekali jika notifikasi whatsapp masuk secara terus menerus.

Maka dari itu disini anda harus menonaktifkan whatsapp terlebih dahulu agar anda nantinya tidak terganggu dengan banyaknya notifikasi yang masuk ke whatsapp anda tersebut. Akan tetapi mungkin anda belum tahu mengenai bagaimana cara menonaktifkan whatsapp?

Jangan khawatir, karena di bawah ini akan diberikan mengenai cara mematikan whatsapp dengan cepat dan mudah. Serta cara ini berhasil di semua merk jenis hp, mulai dari xiaomi, oppo, vivo, nokia, samsung, lg, apple, advan, lenovo, dan masih banyak lagi.

Cara Offline Whatsapp Sementara

#1. Matikan Data Seluler

cara non aktifkan whatsapp

Cara pertama untuk non aktifkan whatsapp anda tersebut yaitu silahkan matikan data seluler anda. Caranya tinggal swipe down pada layar anda, maka akan ada fitur dimana anda bisa mematikan data seluler anda. Jika anda sudah berhasil mematikan data seluler, maka secara otomatis whatsapp sudah tidak aktif.

Seperti kita ketahui bahwa whatsapp sendiri merupakan aplikasi sosial media, dimana harus membutuhkan internet untuk online. Maka dari itu jika anda matikan data seluler, maka sudah tidak aktif lagi.

Status wa teman tidak muncul? Gunakan cara mengatasi story whatsapp tidak muncul

#2. Nyalakan Mode Pesawat

cara menonaktifkan whatsapp tanpa mematikan data

Cara berikutnya untuk menonaktifkan ataupun mematikan whatsapp agar tidak online yaitu silahkan nyalakan mode pesawat. Dimana mode pesawat sendiri bisa anda aktifkan dengan cara mirip seperti di atas. Apabila mode pesawat tersebut sudah aktif, maka secara otomatis jaringan koneksi akan off, dan whatsapp pun tidak akan aktif lagi. Serta tidak ada notifikasi yang masuk dan mungkin bisa mengganggu anda tersebut.

#3. Paksa Henti

paksa berhenti

Mengenai cara menonaktifkan whatsapp di ponsel android anda dengan mudah yaitu silahkan anda paksa henti aplikasi whatsapp tersebut. Untuk caranya simak di bawah ini:

  • Langkah pertama silahkan anda masuk saja ke settingan ataupun pengaturan.
  • Jika sudah silahkan masuk ke aplikasi, dan selanjutnya cari saja aplikasi instagram. Nah jika sudah ketemu aplikasi instagram, silahkan scroll ke bawah.
  • Biasanya nantinya ada cache, silahkan itu hapus juga cachenya, lalu di bawahnya akan ada paksa henti. Berikutnya silahkan anda paksa hentikan aplikasi tersebut. Maka secara otomatis aplikasi tidak akan berjalan lagi.

Jadinya apabila sudah mematikan aplikasi whatsapp tersebut, anda tidak dapat menerima notifikasi pesan masuk ataupun panggilan masuk dari whatsapp anda tersebut. Maka dari itu apabila sudah memaksa kan henti aplikasi tersebut, maka apk wa sudah berhasil dimatikan.

#4. Mengaktifkan Kontrol Jaringan WhatsApp

Apabila anda sebagai pengguna baru, misal hp keluaran tahun 2018 hingga sekarang, mungkin sudah memiliki fitor kontrol jaringan. Fitur ini berfungsi untuk memberikan akses jaringan ke aplikasi.

Jika anda mengaktifkan mode hanya wifi maka aplikasi tersebut dapat digunakan setelah menerima wifi. Jika ingin mematikan wa tanpa mematikan data seluler, dapat dilakukan sebagai berikut.

kontrol jaringan
  • Pertama kalinya buka Pengaturan.
  • Pilih opsi Menggunakan Jaringan Wifi & Seluler.
  • Pilih aplikasi WhatsApp.
pengaturan jaringan whatsapp
  • Cara mematikan whatsapp memakai pengaturan izin jaringan berikutnya adalah menekan opsi Tutup.

Sementara itu, whatsapp anda tidak akan menerima pesan dan telepon masuk. Alhasil semua kontak yang ingin menghubungi anda, tidak dapat anda terima.

Atau jika anda benar benar sebal ataupun greget, tetap ramai juga, maka terakhir anda bisa mencoba uninstall whatsapp terlebih dahulu agar anda tidak keributan. Serta jangan lupa juga untuk di backup agar nantinya chat chat tidak hilang. Serta data penting anda juga tidak hilang.

Artikel Terkait WhatsApp :

Jadi itulah mengenai cara mematikan wa sementara dengan cepat dan mudah di android. Bagaimana sangatlah mudah sekali bukan? semoga bermanfaat untuk anda khususnya yang hendak membuat wa silent agar tidak terganggu maka harus dinonaktifkan. Nah silahkan anda coba ketiga cara di atas, dan jangan sampai uninstall ya gaes, karena lumayan repot. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar