Mogloger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Cara Menjadi Reseller Online Tanpa Modal (GRATIS) dengan Untung Besar Jualan Apa Saja

6 min read

menjadi reseller online

Cara menjadi reseller (dropship) online tanpa modal. Saat ini banyak orang merintis kerja online berupa menjual ulang beberapa produk miliknya. Misalnya anda ingin menjadi reseller baju, dengan mudah anda bisa mempromosikan nya secara online.

Menjadi reseller online shop tidak semudah menggoreng mendoan, anda harus pandai berbicara di depan orang lain dan harus mempunyai skil rayuan untuk menawarkan produk jualan anda. Pengalaman yang saya bagikan ini tidak gratis soalnya harus mengeluarkan modal, namun hanya sedikit saja kok.

Syarat menjadi reseller hanya membutuhkan skil rayuan untuk mempromosikan dan anda harus punya akun media sosial sekaligus aplikasi pendukungnya misal aplikasi instagram, facebook dan whatsapp.

Baca Juga : Dapatkan Ide Peluang Usaha Baru agar Bisnis kamu Semakin Meningkat

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bisnis tanpa mengeluarkan modal sedikitpun? Tentu saja sebagian besar orang menginginkannya. Namun bagaimana bisa itu terjadi? Mari kita bahas secara lengkap tentang cara menjadi reseller tanpa modal berikut ini.

Keinginan untuk berbisnis menjadi salah satu hal yang didambakan oleh mereka khususnya yang memiliki pandangan masa depan. Namun yang menjadi kendala disini adalah keterbatasan dana atau modal yang belum kita miliki.

Jika Anda adalah salah satunya, maka disini kami sampaikan bahwa Reselle Gratis Tanpa Modal adalah solusinya. Bagaimana caranya? Mari kita lanjut lebih dalam lagi.

Panduan Cara Menjadi Reseller Nyaris Modal Dikit

Jika menemukan artikel ini, kami rasa sedikit banyak Anda sudah mengetahui apa itu reseller dan bagaimana cara kerjanya. Jadi tak perlu dijelaskan lagi tentang pengertian reseller maupun cara kerjanya secara detail lagi.

Seperti yang kita ketahui, Reseller intinya adalah orang yang menjual kembali suatu produk dari supplier dengan harga yang lebih tinggi. Selisih perbedaan harga antar keduanya merupakan keuntungan yang akan didapatkan oleh reseller.

Lalu apakah untuk menjadi seorang reseller kita harus mengeluarkan modal? Jawabannya tidak!. Walau saat ini banyak supplier yang menerapkan sistem dimana reseller harus membayar biaya keanggotaan, namun disamping itu masih banyak juga toko maupun supplier yang dengan tangan terbuka mau menerima reseller tanpa biaya pendaftaran sedikitpun.

Nah, supplier yang kedua inilah yang dapat membatu Anda untuk menjadi reseller tanpa modal. Berikut beberapa hal atau mekanisme untuk menjalankan bisnis reseller dari nol tanpa modal sedikitpun

1. Tentukan Produk yang Ingin Anda Jual

Tahapan pertama untuk menjadi reseller tanpa modal disni adalah dengan menentukan produk yang ingin Anda jual. Bagaimana cara yang baik untuk poin pertama ini?

Hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan produk adalah dengan menganalisa Pasar, Prospek dan Kompetitor. Tahapan analisa disini bukan merujuk pada hal yang kompleks.

Sebenarnya sederhana sekali. Maksudnya untuk menentukan produk, kita harus mengetahui dulu prospepek produk tersebut di pasaran, bagaimana peminatnya, harganya, kompetor dll. Anda bisa bisa eksplor di beberapa marketplace. Carilah produk yang banyak peminatnya.

2. Temukan Toko atau Supplier yang Menyediakan Progam Reseller Tanpa Biaya Pendaftaran

Tahapan kedua yang harus Anda lakukan untuk menjadi reseller adalah mencari dan mendapatkan toko yang menerima reseller tanpa biaya pendaftaran.

Misalnya Anda ingin berjualan celana jeans, maka carilah toko online celana jeans dengan sistem reseller dimana untuk keanggotaannya tanpa dikenakan biaya apapun.

3. Pelajari Cara Kerjanya, Harga, Pengiriman, Produk dan Lainnya

Setiap toko yang menerima reseller memiliki cara main tersendiri untuk resellernya. Misalnya mulai dari mekanisme transaksi, stock produk, harga, ketentuan dan yang lainnya.

Jika Anda tidak ingin terjebak dengan pertanyaan-pertaan mengenai persyaratan maupun produk, sebaiknya pahami dulu pada syarat dan ketentuannya. Jika sudah cocok dengan persyaratan yang tentukan, harga, maupun sistemnya, Anda bisa jadikan toko ini sebagai supplier.

4. Minta Katalog dan Price List

Tahapan untuk menjadi reseller selanjutnya adalah dengan meminta foto produk / katalog ke supplier Anda. Tak lupa pula price list dari masing-masing produk. Jika sudah mendapatkannya, sampai pada tahapan ini sebenarnya Anda sudah bisa mulai jualan.

Namun yang sering kali terjadi adalah reseller terjebak dalam kegalauan karena belum mengetahui bagaimana cara jualan yang efektif. Terlebih bagi mereka yang masih sangat pemula dan baru pertama kali jualan.

5. Pelajari Cara Promosi atau Marketing Produk Anda

Seperti yang sempat kami singgung di atas, banyak reseller yang terjebak dalam kebingungan saat sudah mendapatkan supplier. Bagaimana cara menjualnya? Apa media efektif yang dapat digunakan untuk promosi? dan banyak lagi yang lainnya.

Pada poin ini memang sangat kompleks dan tidak ada patokan khusus yang menentukan. Setiap produk memiliki cara dan strategi tersendiri agar bisa banjir orderan.

Namun di era saat ini sebanrnya poin paling mudah untuk mempelajarinya adalan dengan cara melihat kompetitor kita. Cobalah analisa cara mereka, Anda bisa mengkolaborasikan cara yang dilakukan kompetitor dengan strategi Anda sendiri.

Media promosi dapat dipelajari dari berbagai sumber. Misalnya menggunakan facebook dan instagram, maka cobalah dalami bagaimana mekanisme dalam mempromosikan suatu produk dengan menggunakan sosial media. Walau tidak mudah, Anda bisa terus mencoba hingga mendapatkan cara paling efektif untuk jualan produk.

6. Miliki Mental Bisnis yang Tidak Mudah Menyerah

Panduan dan Cara menjadi reseller yang terakhir dari kami adalah dengan memiliki mental yang kuat. Sebenarnya ini tidak berhubungan secara langsung dengan mekanisme menjadi seorang reseller.

Namun, mental adalah hal yang sangat penting karena hanya orang-orang yang tangguh dan  pantang menyerah yang dapat terus bertahan hingga menjadi seorang reseller sukses walau dimulai dengan tanpa modal sedikitpun.

Jangan hanya karena jualan nampak lesu dan sudah lakunya. Anda langsung saja menyerah. Teruslah berusaha dan mengevaluasi strategi-strategi yang kurang efektif, sehingga Anda dapat memperbaikinya dan kemampuan serta pengetahuan pun akan terus bertambah.

Media Promosi Bisnis Reseller Paling Efektif

Sedikit menjawab kegalauan reseller pemula seperti pada untuk menemukan solusi pada poin ke lima di atas. Disini kami akan membagikan beberapa media promosi untuk reseller yang sangat efektif untuk digunakan. Apa itu? Berikut beberapa diantaranya :

1. Facebook Fanspage

Apa itu fanspage? Facebook Fanspage merupakan sebuah halaman yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah promosi maupun media informasi. Fanspage dapat dijadikan media utama khususnya bagi mereka yang mengenal lebih dalam tentang social media management.

Anda dapat membuat facebook fanspage sebagai media promosi produk yang Anda jual. Rawatlah fanspage ini dengan cara mengupdate konten berkualitas dan menarik serta sesekali sisipkan produk yang Anda jual.

Jika memungkinkan, Anda dapat menggunakann Facebook Ads untuk beriklan di Facebook. Fanspage merupakan pintu gerbang untuk Anda yang ingin menjangkau audience atau target pasar produk yang Anda jual. Detail bagaimana cara mempromosikan barang dengan memanfaatkan facebook fanspage Anda dapat mencari referensi melalui website maupun youtube.

2. Instagram

Pada dasarnya Instagram akan membatu bisnis Anda menjangkau calon dari berbagi usia. Instagram memiliki keunggulan dalam menarik perhatian audience melalui konten visual yang berbentuk gambar maupun video.

Hal yang perlu Anda perhatika dalam mempromosikan produk di instagram adalah konten foto maupun video yang Anda unggah. Semakin menarik dan semakin berkualitas kualitas konten yang Anda miliki maka kemungkinan besar semakin besar pula interaksi yang didapatkan.

Seperti halnya dengan facebook, jika memungkinkan Anda dapat menggunakan Instagram Ads sebagai solusi dalam memasarkan produk yang Anda jual. Namun jika masih terkendala di modal, sementara Anda dapat menggunakan akun instagram biasa yang dikelola secara profesional, rajin update dan tentunya dengan konten yang bagus.

Cara promosi dengan menggunakan instagram yang lebih mendalam lagi, silahkan browsing tutorial maupun tips dalam memanfaatkan instagram untuk marketing.

Disana Anda akan diarahkan untuk menjadi seorang internet marketer yang handal. Jika sudah mendapatkan ilmunya, kami rasa untuk menjadi reseller dengan penghasilan jutaan rupiah bukanlah hal yang terlalu sulit.

3. Marketplace

Kalau yang satu ini kami rasa hanya akan bisa dilakukan dengan langsung mempraktekkannya. Walau mungkin sudah banyak teori maupun tips dalam memanfaatkan marketplace bagi reseller, namun semuanya akan percuma tanpa praktek.

Banyak fitur yang begitu kompleks mengharuskan Anda untuk lansung mencobanya hingga dapat menjadikan media sebagi solusi marketing terbaik untuk produk Anda.

Baca Juga : Anda Mahasiswa? Ini Ada Peluang Bisnis Buat Kehidupan Kamu Waktu jadi Murid Kampus

Saat ini ada banyak marketplace yang dengan Cuma-Cuma membeikan kemudahan bagi siapapun  untuk menjual maupun membeli suatu barang. Beberapa yang paling popular diantaranya tokopedia, bukalapak, shopee dll. Anda dapat membuat membangun toko online di marketplace tersebut dan menjadikannya sebagai media untuk jualan online.

Dari sekian marketplace yang ada, point yang perlu diperhatikan adalah service maupun layanan dari toko Anda sendiri, Misalnya saja ketanggapan dalam membalas pertanyaan dan diskusi produk.

Jika Anda bagus dan cepat dalam membalas sebuah chat, maka besar kemungkinan produk yang sudah laku akan mendapatkan review positif dari pelangga, sehingga ini menjadi nilai plus untuk calon pelanggan lainnya untuk membeli barang yang Anda jual.

Demikian sebaliknya, jika lama dalam merespon pertanyaan, bisa saja toko Anda akan mendapatkan review negatif sehingga walaupun kualitas barang yang dijual tidak mengecewakan, namun pelanggan Anda akan memberikan review negatif. Perlu diingat bahwa dalam penggunaan marketplace, review pelanggan merupakan nyawa dari toko Anda.

4. Website Iklan Gratis

Salah satu cara menjual produk bagi reseller yang cukup ampuh adalah dengan memanfaatkan website iklan gratis. Seperti apa sih website iklan gratis yang dimaksud? Nah website iklan gratis untuk mempromosikan produk Anda disini adalah website yang dapat menampung iklan produk tanpa mengeluarkan sejumlah biaya tertentu. Beberapa yang populer diantaranya ada OLX, Jualo, kaskus dll.

Apa yang perlu kita perhatikan dalam beriklan di media seperti website ini? Hal yang harus Anda perhatikan adalah kejelasan dari iklan Anda. Sederhananya begini, jika sebuah iklan tidak memberikan pesan / konten dengan spesifikasi yang jelas, maka calon konsumen yang melihat iklan tersebut tidak akan tertarik atau kurang percaya dengan produk yang Anda jual.

Point penting lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah informasi kontak Anda. Akan sangat lucu dan percuma jika calon pelanggan yang sudah terlajur tertarik dengan apa yang Anda iklankan namun nyatanya Anda tidak dapat dihubungi.

Misalnya menggunakan OLX, cobalah lengkapi profile Anda. Berikan nomor telepon disana dan verifikasi dengan kode yang Anda peroleh melalui SMS.

Namun jangan sesekali memasukkan nomor telepon maupun email Anda dalam postingan/konten iklan jika syarat dan ketentuan website tersebut melarangnya. Dari itu, cobalah baca terlebih dulu term & condition dari website yang menyediakan iklan gratis seperti yang sudah disebutkan diatas.

Selain panduan dan cara menjadi Reseller Gratis di atas, sebenarnya basih ada point point atau tahapan lainnya yang dapat Anda lakukan. Ada pula kendala apa saja yang sering dihadapi oleh reseller, namun tidak memungkinkan pula jika semua dibahas dalam satu artikel ini. Namun setidaknya, apa yang telah kami sampaikan dapat menjadi gambaran bagaimana sih cara untuk menjadi seorang reseller.

Demikianlah Panduan dan Cara Menjadi Reseller Tanpa Modal omzet cepat naik yang dapat kami bagikan. Kami berharap dengan membaca artikel ini, Anda dapat menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk berani mencoba dan terus berusaha.

Menjadi bagian dari sebuah inovasi baru dapat mempengaruhi reseller anda, sebab anda akan dibawa untuk membuat produk baru yang berpotensi laku terjuan dipasaran. Selamat berdagang!!!

Mogloger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *