Cara Menghilangkan Write Protect Pada Micro SD Di Android

Kartu SD atau biasa kita sebut dengan Memory Card merupakan sebuah penyimpanan eksternal tambahan yang saat ini banyak sekali digunakan oleh banyak para pengguna smartphone yang memiliki penyimpanan internal yang terbatas. Kebanyakan dari mereka menggunakan MMC ini agar penyimpanan tidak terbatas ataupun limit.

Memory Sd card sendiri di era seperti saat ini berbagai macam ragamnya mulai dari yang paling kecil yaitu 8 GB, 16GB, 64 GB, bahkan saat ini ada juga MMC 1 TB. Namun entah mengapa di zaman modern seperti saat ini memory card sering kali rusak dan terjadi error.

Seperti diantaranya yang sering kali terjadi pada kartu SD yaitu sd card tidak mau terbaca dan muncul pesan error yakni SD CARD WRTIE PROTECTEDMungkin diantara kalian sudah banyak yang menemui permasalahan ini akan tetapi tidak tahu mengenai maksud dari Write Protected ini. Oke langsung saja dijelaskan di bawah ini.

Jadinya seara gamblangnya yaitu kerja perangkat penyimpanan ada dua, pertama read dan kedua write. Read sendiri merupakan membaca, sedangkan write yaitu menulis seperti diantaranya yaitu copy paste, dan format.

Biaasanya pesan write protected ini akan muncul ketika hendak format kartu sd card di hp ataupun di pc. Sering kali hal ini terjadi di pc ketika  hendak format di pc. Biasanya ada usb khusus memory card yang bisa di tancapkan ke laptop, dan itu pun biasanya usbnya ke lock maka secara otomatis terjadilah kartu sd teproteksi. Usb khusus tersebut sering kali juga disebut adapter.

Namun hal tersebut masih bisa diatasi dan diperbaiki kok. Mungkin diantara kalian ada yang ingin tahu mengenai bagaimana cara mengatasi sd card write protected ini?

Cara Mengatasi Sd Card Write Protected

Soal kartu memory card write protected itu dibilang mudah kok cara memperbaikinya. Kemarin saya pernah mengalami hal serupa, alhasil jalan satu – satunya ya format sd card saya.

Berhasil? Jelas berhasilnya. Hal ini memicu pendapat saya bahwa jika kartu sd tidak bisa membaca file alias di dilindungi atau dikunci maka gunakan langkah berikut ini.

1. Unlock Dulu Pada Bagian MicroSD Adapter

sd card tidak bisa diformat write protected

Cara pertama untuk mengatasi memory tidak bisa diformat karena write protected yaitu silahkan kalian perhatikan pada bagian adapternya, carilah tulisan lock, apabila tangkai mengarah ke lock maka itu artinya terkunci. Maka dari itu silahkan buka saja ataupun turunkan kebawah agar nantinya adapter tersebut tidak terkunci.

Banyak para pengguna mmc yang suka kelupaan tidak unlock pada bagian adapternya, dan asal tancap aja hehe. Untuk sebagian orang memang fungsi lock tersebut sangatlah penting seperti diantaranya yaitu agar terhindar dari virus ataupun salah setting.

Baca Juga : Cara Memulihkan File Foto di Micro SD

2. Garansikan Kartu Memory

garansikan memori

Cara berikutnya untuk mengatasi kartu memori yang error karena terproteksi yaitu silahkan garansikan saja kartu mmc kalian tersebut. Untuk sebagian produk mmc memang sering kali terjadi hal seperti ini dan biasanya ataupun kemungkinan disebabkan oleh defect dari pabriknya.

Maka dari itu apabila lokasi tempat tinggal kalian gak jauh dari lokasi pembelian kartu mmc anda tersebut, maka kalian bisa datangi lagi dan anda silahkan jelaskan mengenai masalah mmc yang kalian alami tersebut.

3. Bersihkan dengan Penghapus

versihkan menggunakan penghapus karet bersih

Beberapa konter hp ataupun toko smartphone dan aksesoris sering kali enggan menerima barang yang sudah rusak walaupun sudah dibeli, ya dikarenakan itu tidak ada garansi dan sebagainya. Maka langkah satu satunya yaitu anda harus perbaiki sendiri. Salah satu langkah yang paling ampuh dalam mengatasi mmc error yaitu bersihkan dengan penghapus.

Memang sering kali apabila mmc tidak mau terbaca, maka cara mengatasinya yaitu dengan cara membersihkan memory nya pada bagian kuning ataupun lempengan kuning dengan penghapus.

Cara memperbaiki microsd card write protect tinggal cari penghapus karet lalu bersihkan secara perlahan pada bagian kuningan, setelah itu dicoba lagi. Untuk sebagian kartu memory card dengan cara ini mungkin berfungsi , namun untuk sebagian juga banyak yang tidak bisa.

Baca Juga : Cara Mengatasi HDD Eksternal Tidak Terbaca

4. Coba Format Memory Lewat HP

format memory dengan hp

Cara yang terakhir untuk mengatasi kartu memory card write protected yaitu silahkan coba format mmc kalian lewat hp. Pasti diantara sudah tahu bukan mengenai cara formatnya? anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia di google play store. Dimana itu berfungsi untuk memformat mmc.

5. Mengatasi Memory Memakai CMD

diskpart menggunakan cmd

Pada windows kamu, pasti terdapat program bernama CMD atau command prompt. Program ini berguna sekali untuk memperbaiki hanya dengan mengetikkan perintah saja.

Untuk disini kamu hanya memakai perindah dasar Diskpart, caranya akan kami ulasan sebagai berikut.

  1. Pertama – tama, kamu harus menyambungkan SD Card ke komputer atau laptop menggunakan Card Reader.
  2. Kedua, kamu bisa menekan tombol pintasan icon Windows + R pada keyboard ketikkan CMD lalu pilih OK.
  3. Selanjutnya masukkan perintah ini Diskpart kemudian klik Enter.
  4. Setelah masuk ke menu diaskpark kamu bisa mengetikkan Listdisk, tekan lagi Enter.
  5. Kemudian ketikkan Select Disk 1, Enter lagi (Disini kamu sesuaikan saja ya dengan memori kamu di diskpart).
  6. Langkah berikutnya ketikkan attribute disk clear readonly, tekan enter lagi.
  7. Tunggu hingga muncul pesan Successfully muncul berarti menandakan sudah selesai.
  8. Lepaskan memori kamu pada komputer dan card reader, kemudian pasang kembali pada perangkat hp atau komputer, apakah sudah bisa?.

Baca Juga : Local Disk C Penuh? Gunakan Cara Ini

6. Memakai Fitur Regedit

Storage Device Policies

Pernahkah kamu mendengar regedit? kalau belum, kami akan memberikan sedikit penjelasannya. Regedit adalah sebuah program yang mempunyai fungi untuk mengatur konfigurasi pada OS Windows kamu, mengatur aplikasi dan pada saat booting.

Di dalamnya, terdapat juga perintah Write Protect berguna untuk mengunci kegunaan dari write pada memory atau membaca sebuah memori pada perangkat kamu, coba deh nonaktifkan terlebih dahulu fitur ini menggunakan cara berikut.

  1. Pertama kali kamu tekan Windows + R lalu ketikkan Regedit dan terakhir tekan OK.
  2. Kedua, buka HKEY_LOCAL_MACHINE -> SYSTEM -> CurrentControlSet -> Control -> StorageDevicePolicies.
  3. Pada menu disana, terdapat pengaturan untuk Write protectnya silakan dibuka dengan double klik atau klik dua kali.
  4. Setelah terbuka, ubah nilai value menjadi 0 selanjutnya pilih OK.
  5. Setelah itu tes deh sd card kamu, pasti sudah betul lagi.

7. Gunakan Fitur Low Level Format

Jika kamu menggunakan format biasa maka hasil dari pemformatannya kurang bersih. Tetapi, menggunakan low lever format bisa menjadi metode format penyimpanan yang hasilnya benar – benar bersih. Umumya cara tersebut diterapkan pada hardisk atau flashdisk yang mulai rusak.

Menggunakan langkah Low Level Format bisa memperbaiki kartu Memory Card Write Protected di android, caranya seperti berikut ini.

  1. Pertama, kamu harus mencari aplikasi HDD Low Level Format di google ya.
  2. Kedua, install dan buka aplikasinya.
  3. Kemudian sambungkan kartu sd kamu ke komputer atau laptop menggunakan card reader.
  4. Lalu kamu akan dipandu ketika pertama kali memakai aplikasinya.

Proses ini tidak memakai waktu lama, tetapi apabila isi dari memori kamu itu besar mungkin membutuhkan waktu lama bisa lebih dari 5 menit.

Apakah kartu memori yang tidak terbaca bisa diatasi?

Bisa saja sob, asalkan memori kamu itu masih dalam kondisi baru ya jika sudah kondisi lama bisa diindikasikan bahwa micro sd kamu sudah usang dan perlu ganti baru/ beli baru.

Tidak Bisa Menghapus data di kartu sd?

Jika kamu merasakan hal yang sama, kamu bisa memakai cara diatas untuk mengatasi data pada kartu sd yang tidak bisa di hapus dengan metode diatas, dapat menghilangkan write protect,

Jadi itulah mengenai cara mengatasi memory card write protected, semoga bermanfaat untuk anda semua, sekian dan terima kasih.